Produk Khas Indonesia

Produk Khas Indonesia

Ekspor Impor merupakan kegiatan suatu negara dibidang perekonomian. Banyak produk khas Indonesia sudah di ekspor ke luar negeri, mulai dari makanan atau minuman, pakaian serta barang kerajinan lainnya.

Ekspor merupakan suatu aktivitas mengeluarkan produk dalam negeri untuk kemudian dikirim ke negara lain dengan ketentuan dan peraturan yang sudah ada.

Kegiatan mengirim barang ke luar negeri ini dapat meningkatkan brand dan kualitas produk khas Indonesia.

Sejauh ini sebagian masyarakat tidak mengetahui bahwa Indonesia juga banyak mengirim barang keluar negeri. Tingkat kecintaan terhadap barang impor begitu tinggi membuat produk lokal tidak dapat bersaing didalam negeri.

Di luar negeri produk lokal bahkan dapat terjual dan bersaing dengan barang dari negara lain. Hal ini membuktikan bahwa produk khas Indonesia juga bisa sukses di pasar internasional.

Beberapa produk saat ini sudah sukses mendunia adalah Mie Instan, Batik, Kerajinan Kayu, berbagai aneka minuman, serta barang sandang seperti pakaian, celana dan juga handuk.

Ekspor Produk Makanan yang Mendunia

Ekspor Produk Makanan yang Mendunia
gambar: pixabay

Makanan asli produksi Indonesia dapat terjual dan bersaing di pasar internasional. Produk makanan ini sudah meramba diberbagai negara seperti Asia, Amerika, hingga Eropa.

1. Indomie

Anda tentunya tahu makanan instan apa yang sudah digemari oleh banyak orang di seluruh belahan dunia. Itu adalah mie instan Indomie.

Di Indonesia, Indomie menjadi makanan instan yang wajib ada di dapur. Mie instan ini sudah lama ada dan semakin memiliki varian rasa banyak digemari orang.

Tidak hanya masyarakat dalam negeri saja, masyarakat mancanegara juga menyukai makanan ini, bahkan menjadi menu favoritnya.

Jika Anda pergi ke luar negeri, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari mie instan ini, karena hampir diseluruh gerai supermarket tersedia mie Instan Indomie produk khas Indonesia.

Indomie merupakan produk dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Perusahaan ini tidak hanya menghasilkan mie instan namun juga aneka jenis makanan lainnya.

Mie Instan Indomie sudah banyak di ekspor ke negara-negara di benua Asia, Afrika, Amerika, hingga Eropa. Hampir diseluruh negara Indomie menjadi makanan instan banyak dibeli dan dikonsumsi.

2. Aneka Produk Kopi Lokal

Produk khas Indonesia dibidang pangan selanjutnya adalah kopi. Semua orang pastinya pernah meminum kopi, rasanya pahit namun unik membuat minuman ini menjadi teman sehari-hari dirumah.

Indonesia patut bangga karena banyak merk kopi asli dalam negeri yang sudah mendunia, seperti Kopi Toraja, Kintamani, Kopi Aceh, daerah Sumatera, dan Luwak.

Tidak hanya sekedar pahit, beragam aneka kopi lokal ini memiliki aroma dan rasa khasnya sendiri. Beberapa daerah di Indonesia menghasilkan kopi dengan cita rasa yang dapat memuaskan pecinta kopi.

Sebagian besar minuman kopi di Indonesia memiliki aroma rempah-rempah serta dapat menghangatkan tubuh. Hal ini yang membedakan antara kopi luar negeri dengan kopi produk lokal dalam negeri.

Negara-negara pengimpor kopi lokal Indonesia adalah Mesir, Jerman, hingga negara-negara di benua Eropa lainnya. Kopi menjadi barang komoditi ekspor tertinggi kedua di Indonesia.

Produk Kerajinan Lokal Go Internasional

Produk Kerajinan Lokal Go Internasional
gambar: pixabay

Kreatifitas dan kearifan lokal masyarakat Indonesia patut dibanggakan. Tidak hanya batik, kerajinan lokal Indonesia lainnya juga memiliki nilai ekpsor yang tinggi.

1. Batik

Batik menjadi identitas bangsa Indonesia. Batik dalam negeri sudah diakui oleh dunia dan menjadi warisan bangsa yang harus dilestarikan.

Tidak hanya berupa lembaran kain, batik juga dapat dijadikan menjadi pakaian formal namun cocok untuk digunakan sehari-hari.

Di negara kita ada beragam daerah yang memproduksi batik dengan ciri khasnya sendiri daerahnya masing-masing. Setiap motifnya memiliki makna dan keunikan dari daerah tersebut.

Saat ini batik negara penerima ekspor batik Indonesia adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Jerman, Jepang, Kanada, Prancis, dan negara-negara lain.

Produk khas Indonesia ini memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi kebanggaan Indonesia di kancah internasional.

2. Kerajinan Tembikar

Tembikar terbuat dari tanah liat, proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Barang kerajinan ini banyak diminati karena dapat dijadikan sebagai hiasan rumah atau vas bunga yang unik. Barang pecah belah ini banyak diminati karena unik dan memiliki beragam motif hiasannya.

Tembikar menjadi komoditi ekspor yang cukup diminati oleh konsumen, baik didalam negeri maupun diluar negeri. Kerajinan tanah liat khas dalam negeri ini memiliki motif yang dipadukan dengan kebudayaan di Indonesia, sehingga menghasilkan karya yang unik.

Tembikar banyak diekspor negara-negara Amerika, Eropa, hingag Jepang.

3. Kerajinan Kayu

Indonesia memiliki beragam jenis kayu yang dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan atau biasa disebut dengan mebel. Jenis komoditi ekspor ini cukup beragam, mulai dari sebagai hiasan, kursi atau meja, hingga perabot rumah tangga lainnya.

Untuk pembuatan kerajinan ini juga cukup beragam, ada yang menggunakan teknik ukir hingga menggunakan mesin modern. Kualitas yang dihasilkan sangat tinggi tergantung dari kayu yang dipakai.

Sejauh ini Indonesia banyak mengekspor kerajinan kayu ke negara-negera seperti Amerika, Cina dan Jepang.

Selain 3 kerajinan tersebut, produk khas Indonesia lainnya yang sering di ekspor adalah wayang kulit, keris, ukiran batu, hingga kerajinan perak.

Fashion khas Indonesia di Pasar Intenasional

Fashion khas Indonesia di Pasar Intenasional
gambar: pixabay

Tidak hanya makanan dan kerajinan saja, produk khas Indonesia yang dapat bersaing di pasar internasional adalah bidang fashion.

Pakaian menjadi kebutuhan sehari-hari untuk beraktivitas. Tidak hanya sebagai media mempercantik diri, namun penggunaan pakaian juga harus nyaman dan dapat mendukung kegiatan sehari-hari.

Salah satu brand pakaian yang di ekspor ke luar negeri adalah produk jeans Lea dan handuk Terry Palmer. Kedua brand ini awalnya dikira dari luar negeri, namun keduanya berasal dari Indonesia.

Jeans dan handuk ini banyak di ekspor ke negara-negara di Asia, serta Australia, Amerika, hingga Eropa.

Produk Elektronik Indonesia Bersaing di Luar Negeri

Kecanggihan teknologi semakin membuat perusahaan elektronik bersaing di pasar. Tidak hanya pasar nasional namun produk elektronik buatan dalam negeri juga mampu untuk go international.

Salah satu perusahaan elektronik kini telah meramba pasar luar negeri adalah Polytron. Perusahaan ini sudah ada sejak 1975, namun tidak banyak yang tahu bahwa Polytron adalah produk dalam negeri.

Berbagai produk elektronik diproduksi oleh Polytron, seperti Televisi, Kulkas, Mesin Cuci, AC, Speaker dan Samartphone. Produk lokal ini banyak diminati oleh konsumen luar negeri.

Beberapa negara yang mendatangkan Polytron adalah Myanmar, Thailand, Bangladesh, hingga Arab Saudi.

Selain polytron, produk lainnya adalah polygon. Polygon adalah produk sepeda yang banyak diminati oleh bikers dalam negeri.

Perusahaan sepeda ini sudah ada sejak 1989 di Siodarjo. Banyak jenis sepeda yang sudah dihasilkan, mulai dari sepeda gunung hingga balap.

Polygon sudah di ekspor negara-negara seperti Spanyol, Amerika, Australia, Jepang, Rusia, India, serta masih banyak lagi negara lainnya.

Produk khas Indonesia memiliki kemampuan bersaing di pasar internasional, serta dapat disandingkan dengan produk-produk luar negeri lainnya yang berkualitas.

Tidak banyak orang mengetahui bahwa produk yang selama ini dipakai adalah barang produksi lokal di dalam negeri sendiri, sehingga orang-orang masih banyak yang mengidolakan produk luar negeri.

Berbagai macam barang, mulai dari makanan hingga perabotan rumah tangga dapat dihasilkan oleh Indonesia, dan menjadi produk khas Indonesia yang dapat dibanggakan.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh