Top 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar didunia

Top 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar didunia

TOP 10 NEGARA PENGHASIL KOPI TERBESAR DIDUNIA

 

Sahabat Mister Exportir yang kami rindukan,

Negara Penghasil Kopi – Perdagangan komoditi agrikultura atau holtikultura kini kian membaik dipasar internasional dari tahun ke tahun. Ditandai dengan besarnya permintaan agriproduk seperti kopi.

Kopi kini sangat diburu diberbagai negara dengan berbagai macam tujuan baik itu untuk coffee shop, kafe, maupun industri pengolahan minuman dan makanan yang berbahan dasar kopi. Menarik bukan?

Siapa yang tidak kenal dan tahu tentang kopi? Salah satu minuman paling populer di dunia sejak zaman beberapa abad yang lalu hingga sekarang. Minuman yang diekstrak dari biji kopi roasted ini pertama kali dipopulerkan oleh bangsa Arab. Kemudian disebarkan ke seluruh dunia oleh bangsa Eropa. Saat ini terdapat lebih dari 60 negara penghasil kopi di dunia.

Sebenarnya Terdapat empat jenis kopi yang aktif diperdagangkan, yakni arabika, robusta, liberika dan excelsa. Akan tetapi kini Sekitar 95% diantaranya didominasi kopi arabika dan robusta. Namun, kini khususnya negara kita di Indonesia, telah berhasil mengeluarkan jenis kopi baru dan termahal didunia yaitu Kopi Luwak.

(Baca juga : Jual Kopi Wild Luwak Organik Asli Gayo Aceh Promo Gratis Ongkir)

Berikut 10 negara penghasil kopi terbesar. Menurut data World’s Coffee Asociation yang dinobatkan sebagai negara penghasil kopi terbesar pada tahun 2017.

 

1. Brazil ( 4,52 juta Ton)

Negara ini ber-ibukota Sao Paolo, memiliki iklim yang sama dengan Indonesia yaitu tropis. Sebagai salah satu negara yang dinobatkan sebagai paru-paru dunia setelah Indonesia, ternyata negeri ini juga sangat kaya akan sumber daya alamnya.

Kopi Brazil - Mister Exportir
Kopi Brazil – Mister Exportir

 

Seperti kopi, Brazil memang sudah terkenal sebagai pemasok kopi dunia terbesar didunia dan selalu mendominasi pasar ekspor kopi internasional sejak abad ke-19. Saat ini Brazil berhasil menguasai 30% lebih pangsa kopi dunia dan jauh meninggalkan negara lain.

Selain itu, dari total persentasi kopi, Brazil ternyata menghasilkan jenis kopi arabika terbanyak yaitu sekitar 85% dan selebihnya adalah robusta.

 

2. Vietnam (1,75 Juta Ton)

Kopi Vetnaml - Mister Exportir
Kopi Vetnaml – Mister Exportir

Salah satu negara tetangga kita ini dikenal sebagai produsen kopi robusta terbesar didunia. Sebenarnya,Vietnam dianggap sebagai pemain baru untuk komoditi kopi, akan tetapi negara yang beribukota Hanoi ini bisa menempati urutan kedua sebagai produsen kopi terbesar dunia.

Pada priode ini, Vietnam berhasil panen raya sehingga dapat mengumpulkan hingga 1,7 juta ton lebih. Selain itu, walaupun kopi Vietnam didominasi 90% kopi robusta dan selebihnya arabika, ternyata kopi nya juga disukai beberapa negara tujuan ekspornya.

(Baca selengkapnya : Jual Kopi Robusta organik Greenbean dan Roasted bean asli Gayo highland -Aceh)

3. Indonesia ( 1,12 Juta Ton)

Sejarah kopi di Indonesia dimulai Pada zaman penjajahan kolonial belanda, yaitu ketika tentara VOC membawa kopi dan menanamnya di Indonesia sebagai salah satu rempah-rempah yang bernilai jual tinggi dinegara van orange belanda. Kini, Indonesia masih bertahan sebagai negara penghasil kopi terbesar didunia walaupun tergeser sebagai nomor tiga. Kopi Indonesia dikenal sangat unik dan banyak varian rasanya dibandingkan negara tetangga.

Sebagai contohnya, sekarang kopi Indonesia dinominasi robusta dan arabika. Untuk kopi arabika, sangat banyak turanan produknya seperti arabika premium, speciality, peaberry, longberry, Wine arabika, dan lainnya. Selain itu, ada satu kopi lagi yang terkenal sangat mahal dan hanya ada di Indonesia, yaitu kopi luwak.

Wild Luwak Gayo roasted bubuk - Mister Exportir
Wild Luwak Gayo roasted bubuk – Mister Exportir

Kopi luwak dikenal memiliki banyak khasiat dan rasanya lebih nikmat dibandingkan jenis kopi yang ada sejagat raya. Harga pasaran internasional untuk kopi luwak berkisar antara $100 – 250$ per kilonya. Luarbiasa bukan? Kamu harus bangga terhadap kopi Indonesia.

 

4. Kolombia (858 ribu Ton)

Kolombia adalah salah satu negara yang telah lama membudidayakan komoditi kopi yaitu sejak abad ke 18 tepatnya pada tahun 1790 dan diperkenalkan oleh missionaris dari Eropa. Pada tahun 1840, pemerintah kolombia memfokuskan pembudiadayaan komoditi kopi dan mulai mengekspornya.

Kopi Asal Kolombia - Mister Exportir
Kopi Asal Kolombia – Mister Exportir

Selain itu, Kolombia berhasil mempertahankan kedudukannya sebagai salah satu penyuplai kopi terbesar didunia. Pada priode ini, negara ini mampu menghasilkan lebih dari 850 ribu metrik ton dan menjadi salah satu komoditi yang penting bagi perekonomian rakyat di kolombia.

 

5. Etiopia (426 ribu Ton)

Tanah dinegara Etiopia ini merupakan tanah yang ditanami sebagian besar kopi arabika. Kopi adalah salah satu komoditi terpenting dinegeri ini dan telah dibudidayakan selama berabad-abad. Walaupun asal mula kopi arabika berasal dari negeri Etiopia, akan tetapi minuman kopi ini dipopulerkan oleh bangsa Arab dan disebarkan ke seluruh dunia.

Kopi Asal Etiopia - Mister Exportir
Kopi Asal Etiopia – Mister Exportir

Kini pemerintah Etiopia masih memfokuskan tanaman kopi ini sebagai komoditi primadona dalam negeri sehingga pada priode 2017 ini, Etiopia mampu meningkatkan produksi kopinya yaitu 426 ribu metrik ton dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sekitar 400ribu metrik ton.

( Baca : Jual Kopi Arabika Gayo Highland Aceh – Green bean & Roasting Bubuk)

 

6. India (390 ribu ton)

Negara taj mahal ini menempati sebagai negara penyuplai kopi terbesar nomor enam didunia. Komoditi kopi pertama kali diperkenalkan oleh para jamaah haji dari india yang berpulang dari makkah dan madinah serta memulai menanamnya.

Ada 3 titik pusat daerah penanaman kopi di india yaitu kerala, tamilnadu, Karnataka. Dari persentasi total produksi kopi di india, kopi robusta yang mendominasi hingga 70% dan 30% adalah arabika. Akan tetapi India pernah mengalami gagal panennya sehingga menggangu produksinya. Walaupun demikian, india tetap masuk pada 10 list negara penghasil kopi terbesar didunia dengan menempati urutan nomor enam.

 

7. Uganda ( 349 ribu ton)

Walaupun negeri ini masih belum banyak yang diketahui sebagai penyuplai kopi terbesar didunia, terbyata Uganda adalah habitatnya para kopi robusta. Disini kopi robusta tumbuh dengan sangat subur dan dengan kualitas yang prima tentunya.

Kopi telah menjadi salah satu komoditi yang penting dinegeri ini sejak tahun 1985 dan sekarang ini Uganda sedang gencar-gencarnya meningkatkan produksi kopi robusta yang merupakan tanaman asli negara itu. Pada priode ini, Uganda berhasil mengumpulkan hasil panennya hampir mendekati 350ribu metrik ton.

 

8. Honduras ( 325 ribu ton)

Pada abad ke 18, Kopi dikenalkan dinegara yang bernama Honduras. Pada saat bersamaan, Honduras dikenal sebagai penghasil pisang terbesar didunia. Akan tetapi, bergerak ke abad 21, kopi diangkat sebagai komoditi yang paling penting di Honduras bahkan menggantikan pisang sebagai andalannya.

Kini Honduras mampu meningkatkan suplainya hingga mencapai 325 ribu ton dan menempati sebagai negara produsen kopi nomor delapan didunia.

 

9. Guantemala ( 210 ribu ton)

Banyak yang belum mengetahui negara satu ini yang disebut Guantemala. Kopi mulai dikembangkan dan difokuskan sejak abad ke 19. Komoditas ini menjadi komoditi ekspor primadona yang dimiliki negeri guantemala ini.

Walaupun beberapa tahun silam, perkebunan milik petani setempat mengalami kerusakan dan gangguan serangan penyakit sehingga sekitar 70% hasil panennya harus dimusnahkan dan direboisasi. Meskipun demikian, Guantemala tetap mempertahankan kualitas kopi mereka dan menduduki peringkat kesembilan sebagai penyuplai kopi terbesar didunia

 

10. Peru ( 189 ribu ton)

Kopi Asal Peru - Mister Exportir
Kopi Asal Peru – Mister Exportir

Tidak pernah ada yang menyangka bahwa negara yang ber-ibukota Lima ini masuk dalam kategori 10 negara penghasil kopi terbesar didunia. Meskipun masih tergolong baru sebagai pemain kopi, Peru berhasil memperbaiki tata cara penanaman dan perawatan pada tanaman primadona ini.

Selain itu, pada priode ini, Peru mampu mengumpulkan hasil panenya hingga 190 ribu metrik ton dan menjadikan negara ini pantas untuk menduduki sebagai negeri produsen kopi terbesar kesepuluh didunia.

 

Nah, sudah tahukan 10 negara produsen kopi terbesar didunia? semoga bermanfaat ya.. salam sukses untuk sobat exportir. tetap semangat!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com

error: Dont Copy The Content is protected by Copy Right!!