Pengertian Domestik Supply dan Export

Pengertian Domestik Supply dan Export

Sahabat Mister Exportir yang mengunjungi laman situs ini,

Pengertian Domestik Supply & Export – Pada zaman globalisasi saat ini, memang sangat banyak tantangan yang akan dihadapi oleh seluruh negara didunia baik itu dari segi sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), perdagangan dunia atau ekspor impor , dan hal-hal lainnya. Khususnya pada sektor perdagangan dunia saat ini, dimana hampir semua negara dibelahan asia maupun eropa mengalami surplus maupun defisit dalam perdagangannya.

Kini ada beberapa negara yang sedang memfokuskan ekspor saja untuk memperkuat nilai devisa negaranya dan ada juga beberapa negara memfokuskan domestik supply untuk mencegah kebocoran arus barang impor, dan adapun yang memfokuskan keduanya sehingga menjaga kestabilan perekonomian negara tersebut.

Namun, memang pada faktanya dalam menjaga kestabilan ekonomi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan atau tidak semudah bergantinya siang dan malam, oleh karena itu, harus adanya penjagaan yang super ketat dan harus difokuskan secara detail sehingga terjaganya kestabilan ekonomi yang memadai. Walaupun, setiap negara tidak mungkin terlepas dari perdagangan global.

Nah, pada kesempatan ini Mister Exportir akan membahas tentang domestik supply dan export dalam menjaga kestabilan ekonomi dan partisipasi Mister Exportir dalam perdagangan dunia.
Mari kita mulai…..

Pengertian DOMESTIK SUPPLY

APA ITU DOMESTIK SUPPLY?

Domestik supply ialah strategi yang sangat penting bagi suatu negara seperti Indonesia yaitu pemenuhan suatu produk didalam negeri terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan ekspor. Biasanya, domestik supply merupakan salah satu cara untuk meng-antisipasi kebocoran keran arus impor barang atau produk yang sama.

Domestic Supply - Mister Exportir
Pengertian Domestic Supply – Mister Exportir

Oleh karena itu, pemenuhan supply dalam negeri adalah hal yang harus diprioritaskan nomor satu. Strategi ini biasanya digunakan untuk produk yang termasuk pada kebutuhan primer seperti beras, gula, telur, kertas, pellet kayu ( biomassa pengganti bahan bakar batu bara) dan masih banyak lagi.

Pemikiran sederhana yang ingin kami bagikan adalah jika kita mengekspor produk-produk tersebut tanpa memikirkan supply dalam negeri, maka kebutuhan dalam negeri akan terganggu sehingga mengharuskan mereka untuk mengimpor dalam kuantiti yang sangat besar dan tidak terduga.

( Baca Juga : Top 10 Negara Penghasil Kopi Terbesar didunia Versi Mister Exportir )

 

Pengetian Ekspor

APA ITU EKSPOR ?

Anda pasti sudah tahu tentang ekspor, bukan? Ya, Export Adalah salah satu kegiatan mengeluarkan barang dari area kepabeanan Indonesia dengan beberapa catatan bahwa jika produk tersebut telah memenuhi kebutuhan didalam negeri dan layak untuk diekspor. Dengan demikian, eksportasi barang merupakan salah satu cara menambah dan memperkuat devisa negara sehingga terciptanya kondisi dan stabilitas ekonomi dalam negeri.

Pengertian Export- Mister Exportir
Pengertian Export- Mister Exportir

Menggenjot arus ekspor barang merupakan strategi yang digunakan bagi setiap negara untuk menyelesaikan permasalahan kekurangan pendapatan negara dan lemahnya pasar domestik sehingga ekspor lah satu-satunya jalan ataupun solusi yang wajib dicoba bagi setiap sahabat Mister Exportir.

Sebagai contohnya, Indonesia merupakan produsen CPO kelapa sawit terbesar nomor 1 didunia. Sehingga Indonesia hanya sanggup mengolah 62%minyak CPO yang akan digunakan atau dikonsumsi didalam negeri. Dengan demikian, melimpahnya CPO di Indonesia, sehingga Indonesia harus menjualnya ke luar atau harus diekspor keluar negeri supaya Indonesia memperoleh pendapatan devisa yang ekonomis dan mencegah dari jatuhnya harga CPo didalam negeri. Sekian.

( Baca : Top 10 Negara Eksportir Terbesar didunia Tahun 2017 Versi Mister Exportir.com )
——————————————————————————————————————-
Dengan demikian, Formula yang ditawarkan oleh Mister Exportir adalah kami akan memfasilitasi para UKM untuk menjual produk mereka baik itu untuk pangsa pasar domestik dan ekspor. Sehingga kami sangat fokus untuk ikut turun dan berpartisipasi serta menjaga perekonomian Indonesia selalu stabil.

Setiap apapun itu, pasti ada tantangan yang harus dipecahkan dan diselesaikan. Walaupun, menjaga keseimbangan dalam perdagangan Indonesia terhadap dunia itu bukanlah hal yang mudah. Butuh kretifitas, kepedulian, pemikiran dan kemampuan decision making yang luar biasa sehingga mengatur strategi yang baik dan benar.

Oleh karena itu, Mister Exportir bertekad dan memformulasikan “Domestik supply & Export” sebagai salah satu tujuan terbangunnya ekonomi yang baik bagi semua sektor seperti pengusaha kecil (small business) atau UKM, pengusaha besar, perusahaan-perusahaan swasta maupun milik negara hingga ke jenjang pemerintahan.

Karena kami percaya bahwa jika kita saling bekerjasama, maka kami yakin untuk menjadikan Indonesia sebagai negara eksportir dan perekonomian terbesar nomor satu didunia akan terwujud. Salam Sukses untuk sahabat Mister Exportir semuanya….

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com