Belanja di Aliexpress

Belanja di Aliexpress

Berbelanja merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk menyambung hidup manusia. Baik itu untuk keperluan konsumtif atau untuk produksi. Nah salah satu tren belanja yang cukup banyak diminati adalah belanja di aliexpress.

Sobat exportir semua pasti sudah tahu dong apa itu Aliexpress? Atau masih ada yang belum tahu? Dan mengapa belanja di aliexpress menjadi suatu pilihan? Nah untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut, yuk langsung saja simak artikel ini.

Aliexpress

Pada artikel yang lain, kita sudah membahas tentang cara berbelanja di eBay. Nah, sekarang kita akan membahas mengenai belanja di Aliexpress.

Bagi kamu yang belum tahu, aliexpress sendiri adalah sebuah situs yang mirip eBay. Yup, Aliexpress adalah sebuah situs marketplace yang berasal dari China. Aliexpress sendiri merupakan versi retail dari situs penyedia supplier barang dalam skala B2B, Alibaba.

Perbedaannya adalah, jika Alibaba menjual barang dengan minimum pesanan karena ditujukan untuk skala bisnis. Sedangkan Aliexpress adalah versi retailnya, artinya kamu bisa membeli barang di Aliexpress dengan jumlah satuan.

Sehingga, bisa dikatakan Aliexpress adalah sebuah situs e-commerce yang mirip seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan lainnya. Hanya saya, pengiriman barang yang dilakukan sudah pasti dari luar negeri.

Lalu, apa saja keunggulan dari Aliexpress ini? Mengapa banyak orang yang menggunakan Aliexpress sebagai tempat belanja online?

Keunggulan Belanja di Aliexpress

Keunggulan Belanja di Aliexpress
gambar: pixabay

Terdapat beberapa alasan mengapa banyak orang yang memilih Aliexpress sebagai salah satu tempat untuk berbelanja online.

Barang yang Dijual Unik

Pertama adalah karena alasan keunikan. Barang yang umumnya dijual di Aliexpress merupakan barang yang unik dan belum tersedia di Indonesia.

Misalnya adalah sebuah gadget keluaran terbaru dari luar negeri. Gadget tersebut belum ada di Indonesia, sehingga ketika kamu membawanya ke Indonesia, hal tersebut bisa menjadi tren baru.

Contoh lainnya adalah, kamu membutuhkan suatu barang semisal sparepart atau lainnya yang sangat sulit bahkan tidak ada di Indonesia. Nah, kamu bisa mencarinya di Aliexpress untuk mendapatkannya.

Harganya Murah

Selain keunikannya, barang barang di Aliexpress juga terkenal murah. Karena murah, kamu pun bisa membuat usaha kecil kecilan dengan mengambil barang dari Aliexpress.

Karena di Aliexpress tidak mewajibkan kamu untuk membeli barang dengan partai besar. Jadi, barang dengan partai kecil pun bisa kamu dapatkan untuk dijual lagi di Indonesia.

Keamanan Berbelanja di Aliexpress

Keamanan Berbelanja di Aliexpress
gambar: pixabay

Apakah belanja di aliexpress aman? Jawabannya adalah belum tentu. Sama seperti yang terjadi di situs e-commerce Indonesia, di Aliexpress juga ada penjual atau seller yang bisa dikatakan penipu.

Namun, meski begitu bukan berarti semua seller adalah penipu, seller yang jujur juga masih ada. Seller penipu itu hanya ada sekian persen dari semua seller yang ada di Aliexpress.

Aliexpress pun juga memiliki sistem sendiri yang bisa menjamin keamanan selama berbelanja disana. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk berbelanja di Aliexpress.

Tips belanja di aliexpress

1. Melihat reputasi seller

Ketika mencari barang di Aliexpress, pastikan kamu mencari barang yang berasal dari seller terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Reputasi baik seller bisa dilihat dari sejak kapan seller tersebut sudah menjual barang di Aliexpress. Lalu, bagaimana feedback yang telah diterima seller tersebut, apakah banyak feedback baik atau sebaliknya.

Selanjutnya, rating dari seller itu sendiri. Dengan pengalaman seller yang baik, maka secara otomatis rating yang dimiliki seller tersebut akan baik juga.

2. Memastikan lagi produk yang ingin dibeli

Tips selanjutnya adalah memastikan produk tersebut. Caranya adalah dengan melihat deskripsi produk tersebut secara mendetail.

Jika kamu menemukan ada yang ganjil dari deskripsi produk, misalnya tidak lengkap, ada baiknya mempertimbangkan untuk mencarinya lagi di seller yang lain.

Hal ini pun juga membantu untuk meminimalisir kesalahan dalam transaksi yang akan kamu lakukan.

Jika perlu, kontak juga sellernya untuk menanyakan lebih lanjut tentang barang yang ingin kamu beli.

Kamu bisa menanyakan stok yang tersedia, varian warnanya, ukuran, dan hal hal lainnya secara mendetail.

3. Dapatkan penawaran khusus

Kamu juga bisa mendapatkan harga khusus untuk barang yang akan kamu beli. Namun, penawaran ini kemungkinan besar terjadi jika kamu membeli barang dengan jumlah banyak.

Jika membeli barang berjumlah besar, cobalah mengontak seller tersebut untuk mendapatkan potongan harga atau ongkos kirim.

Cara belanja di Aliexpress

Cara belanja di Aliexpress

Setelah mengetahui alasan mengapa banyak orang yang menggunakan Aliexpress untuk berbelanja, kini adalah saatnya untuk mengetahui bagaimana cara berbelanja di Aliexpress.

Caranya adalah:

1. Membuat akun Aliexpress

Cara pertama yang tentunya harus kamu lakukan sebelum berbelanja di Aliexpress adalah membuat akun Aliexpress. Daftarkan diri dengan memasukkan nama, email, dan beberapa informasi lainnya sampai akun Aliexpress kamu terverifikasi dan bisa login.

2. Cari Barang

Setelah login, kamu bisa langsung mencari barang yang ingin kamu beli di beberapa seller yang tersedia untuk menjual produk yang kamu cari.

Jangan lupa ketika mencari barang, gunakan tips yang sebelumnya sudah disebutkan agar belanja yang kamu lakukan di Aliexpress aman dan memuaskan.

Jika kamu sudah menemukan barang yang tepat dengan harga yang pas, selanjutnya adalah langsung klik buy now untuk melakukan pembayaran. Atau add to cart jika ingin membeli lebih dari satu jenis barang.

3. Mengisi Alamat dan Metode Pengiriman

Kemudian, pastikan kembali alamat pengiriman sudah tepat agar barang bisa benar benar diantarkan sampai ke tangan kamu.

4. Pilih Metode Pembayaran

Lalu, setelah itu kamu akan diarahkan ke pembayaran. Pembayaran di Aliexpress memiliki banyak cara. Namun, cara pembayaran yang paling mudah adalah dengan menggunakan Doku payment.

Untuk memilih cara pembayaran Doku payment, kamu hanya tinggal memilih opsi tersebut, lalu confirm and pay.

Namun, pastikan kamu untuk terlebih dahulu memiliki ID Doku terlebih dahulu ya dengan mendaftarkannya. Sebab, nantinya kamu akan diminta ID dan password Doku untuk menyelesaikan pembayaran.

5. Menunggu Pengiriman

Setelah membayar, barulah kamu tinggal menunggu barang kamu dikirim dari luar negeri. Namun, kekurangannya adalah pengiriman akan memakan waktu yang sangat lama, yakni sekitar 20 hingga 30 hari jika kamu menggunakan Aliexpress standard shipping.

Tapi, kamu tidak akan dikenakan biaya lainnya jika kamu memilih metode pengiriman tersebut.

Pajak Impor

Karena membeli di Aliexpress adalah sebuah kegiatan yang memasukkan barang dari luar negeri ke Indonesia. Maka kamu pun bisa saja harus membayar pajak ketika membeli barang di Aliexpress.

Jika berdasarkan peraturan Kemenkeu 199/PMK.010/2019, jika barang yang diimpor nilai FOB nya adalah kurang dari $3 USD, maka barang tersebut dibebaskan dari bea masuk.

Beberapa barang pun memiliki pajak khusus tersendiri yakni untuk komoditi tas, produk tekstil, sepatu, dan buku. Selengkapnya, kamu bisa membaca artikel bea masuk impor.

Demikianlah informasi kali ini mengenai cara belanja di Aliexpress. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk melakukan belanja di situs e-commerce tersebut. Selamat mencoba!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download