Inilah Pusat Promosi Perdangangan Indonesia di Shanghai, Yuk Dicek!

Inilah Pusat Promosi Perdangangan Indonesia di Shanghai, Yuk Dicek!

Pusat Promosi Perdangangan Indonesia di Shanghai- Indonesia tercatat sebagai salah satu eksportir terbesar di dunia. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki produk dan komoditas andalannya yang dipasarkan dan bersaing ketat di pasar global.

Pusat Perdagangan Indonesia
Pusat Perdagngan Indonesia-Mister Exportir

Setelah banyaknya produk-produk yang dipasarkan di pasar gobal, kini Indonesia mulai mencoba hal baru. Salah satu hal baru tersebut adalah mendirikan pusat perdagangan di beberapa negara. Saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya mendirikan pusat perdagangan Indonesia di Sanghai. Hal ini tak lain bertujuan untuk menjadikan komoditas-komoditas Indonesia dapat bersaing dengan produk dari negara lainnya.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa Menteri Perdagangan, Enggartisto Lukita, telah meresmikan pusat promosi tersebut pada Juli 2019 lalu. Pusat perdagangan ini dinamakan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) dan merupakan pusat promosi pertama kali yang dimiliki Indonesia di China. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai produk apa saja yang dijual di Pusat Promosi Perdagangan Indonesia di Shanghai.

Komoditas Ekspor Indonesia yang Diekspor ke Shanghai

Di dalam pusat promosi perdagangan tersebut sudah tentu dihadirkan beberapa produk asal Indonesia yang bertujuan untuk menarik para pembeli. Sudah dapat dipastikan bahwa akan banyak sekali produk Indonesia yang dipromosikan di negara China, khususnya di Shanghai.  Di bawah ini merupakan produk-produk yang dijual di pusat perdagangan Indonesia di Shanghai:

Minyak Kelapa Sawit

Pusat Perdagngan Indonesia
Pusat Perdagngan Indonesia-Mister Exportir

Produk yang memiliki berbagai manfaat ini paling banyak dipasarkan di China, khususnya di Shanghai. Selain digunakan sebagai minyak goreng, minyak ini juga digunakan untuk memproduksi bahan bakar bio untuk kendaraan bermotor dan pesawat. Hebatnya, produk yang banyak sekali dijumpai di hampir seluruh Indonesia ini dinilai dengan USD 2.259.103 pada kegiatan ekspor tahun 2018.

Gas Alam

Pusat Perdagngan Indonesia
Pusat Perdagngan Indonesia-Mister Exportir

Gas alam merupakan suatu produk yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar dan sumber energi yang memiliki sifat bersih dan aman. Produk ini diekspor ke negara China dengan nilai sebesar USD 2.396.721 pada tahun 2018 lalu. Bisa diperkirakan produk ini laku di pasaran karena fungsinya yang begitu bermanfaat bagi kehidupan.

Batu Bara

Pusat Perdagngan Indonesia
Pusat Perdagngan Indonesia-Mister Exportir

Produk yang berfungsi sebagai sumber tenaga pembangkit listrik ini telah terjual dengan nilai sebesar USD 4.584.921 pada tahun 2018 lalu. Batu bara ini banyak dijumpai di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, hingga ke Sorong, Papua. Diperkirana produk ini akan terus diekspor secara rutin ke China mengingat tingginya permintaan pasar di sana.

Manfaat Dibagunnya ITPC di Shanghai bagi Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan dibukanya pusat promosi perdagangan Indonesia di Shanghai ini membuat beberapa produk di Indoensia jadi lebih sering diekspor. Semua hal tersebut tentunya memiliny beberapa manfaat yang dapat dirasakan bersama. Di antaranya adalah peran ITPC akan sangat penting mengingkat ITPC bukan hanya lembaga pemerintah tetapi juga sebagai pusat promosi bisnis dan produk-produk asal Indonesia.

Adanya ITPC ini diharapkan agar Indonesia dapat meningkatkan ekspor ke Cina. Cina merupakan pasar dagang penting bagi Indonesia. Sebagian besar produk ekspor Indonesia dikirim ke Cina yang merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia. Cina juga menerima sebagain besar produk Indonesia dengan baik. Adanya ITPC Shanghai yang dapat menyalurkan atau mempromosikan produk-produk lokal, diharapkan agar produk Indonesia dapat lebih dikenal lebih luas di masyarakat Cina.

Nah, demikianlah artikel kali ini yang membahas pusat promosi perdagangan Indonesia di Shanghai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com