Jasa Ekspor Tanaman Hias

Jasa Ekspor Tanaman Hias

Komoditi ekspor hasil tanah Indonesia memang memiliki potensi yang besar. Salah satunya adalah komoditi tanaman hias. Melihat tingginya permintaan ekspor tersebut, jasa ekspor tanaman hias pun dibutuhkan.

Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini tren tanaman hias sedang naik daun di berbagai belahan dunia. Terlebih ketika wabah pandemi covid-19 melanda. Seluruh penduduk dunia mulai mengalihkan kegiatannya ke berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Termasuk hobi tanaman hias.

Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan akan tanaman hias tersebut, pemerintah dan para pengusaha tanaman hias di Indonesia mulai melirik pasar komoditi tanaman hias tersebut.

Baik pemerintah dan pengusaha saling berkolaborasi untuk meningkatkan ekspor tanaman hias Indonesia dengan meningkatkan produksi dan memudahkan regulasi ekspor komoditi tersebut.

Nah, tetapi sebelum mengekspor tanaman hias ke luar negeri, ada baiknya sobat ekspor pahami dulu bagaimana cara ekspor tanaman hias.

Cara Ekspor Tanaman Hias

Cara Ekspor Tanaman Hias
gambar: pixabay

Untuk bisa mengeluarkan barang dari dalam negeri ke luar negeri atau mengekspor barang, biasanya dibutuhkan beberapa persyaratan agar barang diizinkan untuk keluar dan dikirimkan ke negara lain.

Termasuk salah satunya adalah tanaman hias. Untuk itu, supaya tanaman hias bisa diekspor, terdapat beberapa cara dan step yang harus dilakukan. Yakni mempersiapkan dokumen untuk ekspor tanaman hias. Dokumen tersebut antara lain adalah:

  1. Packing List
  2. Invoice
  3. PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) / NPE (Nota Pelayanan Ekspor)
  4. Phytosanitary Certificate
  5. Surat Izin Pengeluaran dari Menteri Pertanian (SIP Mentan)

Dari seluruh dokumen tersebut, seperti Packing List, Invoice, PEB / NPE adalah dokumen yang umum diperlukan untuk melakukan ekspor barang ke luar negeri.

Selanjutnya terdapat beberapa tambahan dokumen lain yang dikhususkan dan diperlukan untuk melakukan ekspor tanaman hias. Yaitu Phytosanitary Certificate dan SIP Mentan.

Phytosanitary Certificate

Dokumen sertifikat phytosanitary adalah dokumen yang umumnya wajib diperlukan ketika mengekspor komoditi berupa tumbuh-tumbuhan. Di dalam dokumen phytosanitary tercantum jumlah, jenis dan jumlah kemasan, nama pengirim, nama penerima, dan lainnya.

Tujuan dalam memiliki sertifikat phytosanitary adalah untuk menjelaskan bahwa komoditi tumbuhan yang memiliki sertifikat tersebut bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Artinya, tumbuhan tersebut sudah aman dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina dan menjamin kualitas produk tanaman Indonesia ketika diekspor ke luar negeri.

SIP Mentan (Surat Izin Pengeluaran dari Menteri Pertanian)

Dokumen khusus lainnya yang dibutuhkan sebelum melakukan ekspor tanaman hias adalah dokumen SIP Mentan atau Surat Izin Pengeluaran dari Menteri Pertanian.

SIP Mentan ini menjadi izin ekspor bagi para eksportir yang ingin mengekspor tanaman hias ke luar negeri.

Untuk mendapatkan SIP Mentan ini pun bisa dilakukan secara daring, dan ketika memiliki SIP Mentan berarti eksportir sudah menjadi perusahaan terdaftar untuk mengekspor tanaman hias. Sebab terdaftarnya perusahaan menjadi salah satu syarat untuk memiliki SIP Mentan.

Jasa Ekspor Tanaman Hias Terpercaya

Jasa Ekspor Tanaman Hias Terpercaya
gambar: freepik

Sebagai komoditi yang saat ini sedang naik daun, jasa ekspor tanaman hias pun dibutuhkan untuk membantu para eksportir mengekspor tanaman hias ke luar negeri.

Memilih jasa ekspor tanaman hias pun harus dilakukan secara tepat agar pengiriman tanaman hias sukses tanpa hambatan.

Mister Exportir hadir untuk menjadi jasa ekspor terpercaya termasuk untuk mengekspor tanaman hias ke berbagai negara.

Sebagai forwarder berpengalaman, pengiriman tanaman hias ke luar negeri akan di handle dengan profesional oleh tim kami yang sudah memiliki jam terbang tinggi.

Kami juga akan membantu untuk melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan untuk mengekspor tanaman hias seperti phytosanitary certificate dan SIP Mentan.

Pengiriman tanaman hias ke luar negeri bisa kami lakukan dengan All in complete logistic. Artinya, semua akan kami handle hingga barang sampai ke negara tujuan.

Segera hubungi tim Mister Exportir untuk konsultasikan ekspor tanaman hias kamu, Gratis!

Customer Service :

Hotline 021-2138-7185

Konsultasi Pembuatan Sertifikat FDA :

Kontak Kami

Potensi Ekspor Tanaman Hias

Potensi Ekspor Tanaman Hias
gambar: pixabay

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa saat ini tanaman hias menjadi hobi yang cukup populer di berbagai dunia semenjak wabah pandemi Covid-19 merebak.

Berkebun tanaman hias di rumah pun kini menjadi hobi yang banyak digemari berbagai kalangan baik perempuan atau laki-laki, tua atau muda, di seluruh dunia.

Dari sekian banyak tanaman hias, inilah beberapa tanaman hias Indonesia yang ternyata cukup populer juga di luar negeri

1. Aglaonema

Tanaman hias yang berasal dari suku talas-talasan ini ternyata banyak diminati juga di luar negeri.

Aglaonema atau juga sering disebut sri rezeki ini banyak diekspor ke negara Jepang.

2. Lidah Mertua

Lidah Mertua atau sering juga disebut Sansevieria juga merupakan tanaman hias yang banyak dirawat di luar negeri.

Sansevieria dari Indonesia sudah banyak diekspor ke negara Singapura dan Amerika Serikat.

3. Bunga Krisan

Tanaman berupa bunga-bungaan juga memiliki peluang ekspor yang cukup tinggi.

Salah satunya adalah bunga krisan yang cukup banyak diekspor ke negara Jepang.

4. Anggrek

Anggrek pun memiliki penggemar yang cukup banyak di luar negeri.

Buktinya, tanaman ini banyak diekspor ke AS, Jepang, Korea, Australia, Vietnam, Brazil, serta beberapa negara di Eropa.

Tanaman hias dari Indonesia ternyata memiliki banyak potensi untuk diekspor ke luar negeri. Ditambah lagi dengan banyaknya varietas tanaman hias di Indonesia menjadikan banyaknya jenis tanaman hias yang bisa diekspor ke negara lain.

Nah, untuk mengekspor tanaman hias, gunakan jasa ekspor tanaman hias terpercaya dan terjangkau seperti Mister Exportir. Supaya ekspor tanaman hias kamu sukses dikirim ke luar negeri tanpa hambatan. Karena ekspor itu mudah bersama Mister Eksportir.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

CONTACT US

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh