Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Negara Tujuan Ekspor Lobster

Negara Tujuan Ekspor Lobster

Giat ekspor lobster yang sempat dilarang pada era Menteri Susi Pudjiastuti, kini sudah dibuka lagi. Meski menjadi polemik, ekspor lobster Indonesia diakui menjadi saingan terkuat negara Vietnam. Bahkan, di bulan Agustus 2020 lalu, terjadi lonjakan angka ekspor yang signifikan.

Hal ini disebabkan karena adanya permintaan akan lobster yang semakin tinggi. Selain itu, juga karena tersedia benih lobster yang melimpah, proses budidaya yang baik, dan ekspor yang sesuai. Lalu, ke negara mana saja tujuan ekspor lobster dari Indonesia? 

Negara-Negara Tujuan Ekspor Lobster

Negara-Negara Tujuan Ekspor Lobster
gambar: pixabay

Bicara tentang ekspor lobster adalah menyangkut lobster konsumsi, lobster muda, serta benih bening lobster. Di mana, Indonesia memiliki ketiganya dan dibudidayakan dengan baik. Nah, ke mana saja lobster-lobster tersebut diekspor? Berikut daftar negara tujuan ekspor lobster dari Indonesia:

Vietnam

Sampai pada periode Agustus 2020, ekspor benih lobster mayoritas masih menuju Vietnam. Pasca dicabutnya peraturan tentang pelarangan ekspor lobster, penjualan benih lobster menuju Vietnam melonjak sampai dua kali lipat.

Taiwan

Negara ini menjadi tujuan ekspor lobster baru bagi Indonesia. Adanya permintaan yang tinggi pada periode Agustus 2020, membuktikan bahwa Taiwan bisa menjadi target pasar yang menjanjikan.

Tiongkok

Pada dasarnya, Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki pasar yang besar di Tiongkok. Di Indonesia saja, pada awal tahun 2020 tercatat nilai ekspor lobster hampir mencapai 10.000 dolar Amerika Serikat.

Singapura

Faktanya, Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang mengekspor lobster paling banyak ke Singapura. Hal ini disebabkan karena jarak Singapura yang sangat dekat dengan Indonesia.

Hong Kong

Di awal tahun 2020, ekspor lobster ke Hong Kong menempati urutan ketiga. Dengan nilai sebesar lebih dari 5.000 dolar Amerika Serikat.

Malaysia dan Thailand

Menyusul kemudian dua negara selanjutnya, yaitu Malaysia dan Thailand, yang masih menjadi tujuan utama ekspor lobster dari Indonesia.

Langkah-Langkah yang Harus Ditempuh oleh Pemerintah untuk Mendukung Ekspor Lobster

Langkah-Langkah yang Harus Ditempuh oleh Pemerintah untuk Mendukung Ekspor Lobster
gambar: pixabay

Ekspor lobster pertama setelah dicabutnya larangan ekspor dilakukan pada bulan Juni 2020. Hingga bulan Agustus 2020 terjadi peningkatan permintaan akan lobster dari Indonesia. Hal ini mengakibatkan pasar lobster semakin ramai, mengingat Indonesia bersama Vietnam adalah negara yang bersaing cukup sengit.

Untuk itu, diperlukan dukungan dari pemerintah agar ekspor lobster dari Indonesia tidak kalah dari negara lain. Apa saja langkah-langkah yang perlu ditempuh?

  • Pemerintah diharapkan ikut mengatur harga penjualan lobster, di tingkat nelayan dan ekspor. Sehingga tidak terjadi pengikisan harga, di tingkat nelayan budidaya
  • Menyusun peta jalan ekspor yang komprehensif
  • Adanya tenggat waktu yang jelas, berapa lama giat ekspor akan dibuka
  • Meningkatkan kegiatan budidaya benih lobster dalam negeri
  • Menegakkan kerjasama dan komitmen eksportir, dalam upaya menggandeng para nelayan pembudidaya
  • Adanya persaingan ekspor lobster dengan Vietnam, diharapkan pemerintah terus mendukung giat ekspor di Indonesia. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan lokasi. Di mana Vietnam dengan jarak yang sangat dekat menuju Tiongkok, dibandingkan dengan Indonesia

Ekspor lobster seharusnya menjadi momentum, untuk memaksimalkan kemampuan budidaya yang ada di dalam negeri. Namun, tentu saja tidak akan semudah yang dibayangkan. Diperlukan keseriusan pemerintah dan nelayan sendiri, untuk tetap menjaga keanekaragaman laut Indonesia.

Demikian informasi tentang ekspor lobster dan negara-negara tujuan ekspor lobster dari Indonesia. Semoga bermanfaat dan salam bahari!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com