10+ Komoditas Ekspor Impor Chile yang Mampu Bersaing di Dunia

10+ Komoditas Ekspor Impor Chile yang Mampu Bersaing di Dunia

Komoditas Ekspor Impor Chile – Republik Chile adalah negara berdaulat di Benua Amerika. Negara ini terletak di bagian tenggara Amerika Selatan dengan ibu kota dan pusat pemerintahan di kota Santiago.

Komoditas Ekspor Impor Chile
Komoditas Ekspor Impor Chile – Mister Exportir

Pada saat ini, Chile menjadi salah satu negara paling makmur dan paling stabil di Amerika Selatan. Serta diakui sebagai kekuatan menengah di kawasan itu. Chile memimpin bangsa-bangsa Amerika Latin dalam hal kedamaian, daya siang, kebebasan ekonomi dan persepsi korupsi yang rendah.

Pada bahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas perekonomian Chile dalam hal perdagangan Internasional (ekspor dan impor). Chile memiliki sejumlah komoditas ekspor dan impor yang mampu bersaing di dunia. Apa sajakah komoditas-komoditas itu? Berikut ini pembahasannya.

 

Baca Juga: Potensi Komoditas Ekspor Impor Peru di Dunia, Anda Sudah Tahu?

 

Total Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Chile ke Seluruh Dunia

Komoditas Ekspor Impor Chile
Komoditas Ekspor Impor Chile – Mister Exportir

Pada tahun 2018, Chile mengirimkan barang senilai US $75,5 miliar ke seluruh dunia. Jumlah dolar itu mencerminkan peningkatan 0,4% dari tahun 2014 hingga tahun 2014 dan ekspansi 8,9% dari tahun 2017 hingga tahun 2018.

Dari perspektif benua, lebih dari setengah (53,8%) ekspor Chile berdasarkan nilai dikirim ke negara-negara Asia. Sedangkan 17,9% dijual kepada importir Amerika Utara. Chile mengirim 14,5% lagi ke negara-negara Eropa dan 12% bernilai pergi ke negara-negara Amerika Latin lainnya (tidak termasuk Meksiko) ditambah Karibia.

Nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) tahun 2014 sebesar $410.277 miliar dengan hitungan per kapita $23.165. Sementara nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) tahun 2014 sebesar $264.095 miliar dengan hitungan per kapita $14.911.

Indikator kunci lain dari kinerja ekonomi suatu negara adalah tingkat penganggurannya. Tingkat pengangguran Chile adalah 7,1% pada Mei 2019 naik dari 7% satu tahun sebelumnya, menurut Trading Economics.

 

Baca Juga: Cara Mengekspor Barang Keluar Negeri dengan Mudah – Mister Exportir

 

10+ Komoditas Ekspor Chile yang Mampu Bersaing di Dunia

Komoditas Ekspor Impor Chile
Komoditas Ekspor Impor Chile – Mister Exportir

Chile memiliki sejumlah komoditas yang memiliki nilai dolar tertinggi. Tentu saja hal menjadi indikasi bahwa komoditas-komoditas yang dimiliki Chile mampu bersaing di pasar dunia. Berikut ini komoditas Chile yang memiliki nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global selama tahun 2018.

  1. Ores, slag, ash: US$20.7 billion (27.4% of total exports)
  2. Copper: $18.6 billion (24.6%)
  3. Fish: $5.9 billion (7.8%)
  4. Fruits, nuts: $5.7 billion (7.6%)
  5. Woodpulp: $3.6 billion (4.7%)
  6. Wood: $2.6 billion (3.5%)
  7. Inorganic chemicals: $2.2 billion (3%)
  8. Beverages, spirits, vinegar: $2 billion (2.7%)
  9. Gems, precious metals: $1.6 billion (2.2%)
  10. Meat: $980.1 million (1.3%)

Komoditas-komoditas Chile di atas menyumbang 84,7% dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya. Permata dan logam mulia adalah komoditas yang tumbuh paling cepat di antara 10 kategori ekspor teratas melalui peningkatan 70,5% dari 2017 hingga 2018, sebagian besar karena penjualan emas internasional yang lebih kuat.

Di tempat kedua untuk meningkatkan penjualan ekspor adalah kategori woodpulp yang naik 36,9%. Bahan kimia anorganik yang diekspor Chile mengalami kenaikan tercepat ketiga, naik 24,7%.

 

10+ Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Chile

Indonesia bekerjasama dengan Chile dalam perdagangan Internasional (ekspor dan impor). Sejumlah komoditas dalam negerti di ekspor ke negara Chile. Apa sajakah komoditas-komoditas tersebut? Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

Komoditas Ekspor Impor Chile
Komoditas Ekspor Impor Chile – Mister Exportir

10+ Komoditas Chile yang Melebihi Batas Permintaan, Anda Harus Tahu!

Selain sejumlah komoditas yang dimiliki oleh Chile dapat membuatnya bersaing di pasar dunia, negara ini juga ternyata memiliki sejumlah komoditas yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand. Berikut ini data selengkapnya.

  1. Mineral fuels including oil: US$11.9 billion (17.3% of total imports)
  2. Vehicles: $9 billion (13.1%)
  3. Machinery including computers: $8.4 billion (12.2%)
  4. Electrical machinery, equipment: $6.4 billion (9.3%)
  5. Plastics, plastic articles: $2.5 billion (3.7%)
  6. Iron, steel: $1.6 billion (2.3%)
  7. Pharmaceuticals: $1.5 billion (2.2%)
  8. Meat: $1.5 billion (2.2%)
  9. Optical, technical, medical apparatus: $1.4 billion (2%)
  10. Articles of iron or steel: $1.4 billion (2%)

 

Inilah Pelabuhan Chile yang Paling Terkenal , Anda Sudah Tahu?

Komoditas Ekspor Impor Chile
Komoditas Ekspor Impor Chile – Mister Exportir

Dalam pengiriman komoditas ekspor impor Chile, negara ini menjadikan pelabuhan atau bandar udara sebagai akses untuk mengirimkan produk-produknya. Berikut ini pelabuhan-pelabuhan paling terkenal yang ada di  Chile:

1. Pelabuhan Arica

Pelabuhan Arica terletak di pantai Pasifik Chile utara, dengan perbatasan Peru hanya 18 km di utara dan Gurun Atacama di pinggiran selatannya. Arica adalah pelabuhan pertanian terkemuka, mengekspor buah-buahan dan zaitun jeruk yang diproduksi oleh pertanian beririgasi terdekat di lembah Azapa dan Rio Lluta.

 

2. Pelabuhan Iquique

Pelabuhan Iquique adalah satu dari hanya dua Pelabuhan Gratis di Chile. Meskipun jauh lebih kecil dari pelabuhan tetangganya di Arica, pelabuhan ini memiliki signifikansi historis dan ekonomis yang lebih besar. Sebuah pusat perdagangan lama untuk saltpetre dan keuntungan geografis untuk Chile setelah kemenangan mereka atas Peru selama Perang Pasifik 1883, pelabuhan Iquique adalah benteng warisan Chile.

 

3. Pelabuhan Punta Arenas

Pelabuhan Bebas ke-2 Chile terletak di Punta Arenas, kota terbesar di selatan Paralel Selatan ke-46, yang, dalam istilah Chile berarti, tepat di jantung Patagonia. Ini telah lama menjadi titik perhentian bagi banyak penjelajah dan pelancong Eropa, seperti Charles Darwin, dan baru-baru ini mengalami lonjakan lalu lintas karena peningkatan perdagangan petrokimia.

 

4. Pelabuhan San Antonio

Pelabuhan San Antonio adalah yang terbesar di Chile dan tersibuk ke-13 di Amerika Selatan. Terletak di tepi Chile pusat, pelabuhan San Antonio paling dekat dengan ibu kota Chile, Santiago, dan merupakan pusat perdagangan makanan laut negara.

 

Selain pelabuhan, Chile juga memiliki beberapa bandar udara internasional yang menjadi akses pengiriman komoditas-komoditasnya, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Bandar Udara Internasional Santiago, Pudahuel

Bandara Internasional Comodoro Arturo Merino Benítez juga dikenal sebagai Bandar Udara Pudahuel dan Bandar Udara Internasional Santiago berlokasi di Pudahuel, 15 km (9,3 mil) barat laut pusat kota Santiago.Bandar Udara ini adalah fasilitas penerbangan terbesar di Chile. Serta merupakan jembatan penerbangan udara tersibuk di negara tersebut.

 

2. Bandar Udara Internasional Diego Aracena

Berlokasi di Iquique, yakni ibu kota dari Region Taparaca di Chile. Bandara ini berlokasi 48 kilometer (30 mi) di selatan kota. Bandara ini berbagi landasan pacu dengan Pangkalan Udara Los Cóndores (Base Aérea Los Cóndores), rumah bagi Brigade Udara Pertama dari Angkatan Udara Chile (Fuerza Aérea de Chile).

 

3. Bandar Udara Internasional Presidente Carlos Ibanez del Campo, Punta Arenas

Fasilitas yang ada di bandara ini meliputi: area parkir berbayar, fasilitas kargo, dan sebuah terminal penumpang tiga gerbang.Terminal memiliki dua sabuk bagasi, beberapa vendor dan toko kecil, sebuah internet kafe, sebuah restoran di lantai kedua dan di daerah keberangkatan, dan 11 konter cek in.

Bandara Udara Internasional lainnya yang dimiliki oleh negara Chile yakni: Bandara Udara Internasional Chacalluta, Bandara Udara Internasional La Florida, Bandara Udara Internasional Drummond Twins, dan Bandara Udara Internasional Carriel Sur.

 

Demikianlah pembahasan artikel kita kali ini mengenai komoditas ekspor impor Chile. Semoga info yang kami sampaikan dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor dan impor atau bagi Anda yang tertarik dengan dunia perdagangan Internasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com