TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Tanzania!

TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Tanzania!

Komoditas Ekspor Impor Tanzania – Pada tahun 2018 Tanzania berhasil mengirimkan barang senilai sekitar US $3,8 miliar ke seluruh dunia. Jumlah dolar itu dihasilkan dari penurunan -33,5% sejak 2014 dan penurunan -9,2% dari 2017 hingga 2018.

Komoditas Ekspor Impor Tanzania
Komoditas Ekspor Impor Tanzania – Mister Exportir

Nama resmi negara ini adalah Republik Bersatu Tanzania. Atau dalam bahasa Swahili adalah Jamhuri ya Muungano wa Tanzania. Negara ini beriklim tropis, dahulu dikenal dengan nama Tanganyika, karena di Tanzania ada sebuah danau yang sangat terkenal yaitu Danau Tangayika.

Tanzania berbatasan dengan banyak negara, antara lain: Kenya, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Zambia, Malawi, dan Mozambik. Pada artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Tanzania.

 

Baca Juga: Top 10 Negara Eksportir Terbesar Didunia Tahun 2017 – Mister Exportir

 

Sekilas Mengenai Ekonomi Negara Tanzania

Komoditas Ekspor Impor Tanzania
Komoditas Ekspor Impor Tanzania – Mister Exportir

Tanzania adalah sebuah negara di pantai Afrika tenggara yang berbatasan dengan Samudra Hindia, memiliki sebuah gunung tertinggi di Afrika, yaitu Gunung Kilimanjaro (5.985 m) serta taman margasatwa yang sangat elok dan banyak dikunjungi oleh turis, baik domestik maupun mancanegara. Terdapat 3 (tiga) pulau besar di Tanzania, yaitu Zanzibar(terkenal dengan cengkih dan pemimpin serta ulama Islamnya), pulau Pemba dan pulau Mafia.

Tanzania termasuk dalam kategori negara termiskin di dunia. Perekonomian mereka sangat tergantung pada sektor pertanian, yang menyumbang separuh GDP, menyumbang 85% angka export serta menyerap 80% tenaga kerja.

Total pertumbuhan ekonomi rata-rata 6,1%, dengan inflasi rata-rata 4,8%. Pendapatan per-kapita US $ 600,-. Angkatan kerja diserap oleh sektor pertanian sebesar 80%, industri dan jasa 20%. Hasil tambang mereka adalah emas dan berlian, sedangkan hasil pertaniannya adalah kopi, teh, kapas, cengkih, tembakau, tapioca, buah-buahan. GDP Tanzania : 936,33 USD (2017)

 

TOP 10+ Komoditas Ekspor Tanzania

Komoditas Ekspor Impor Tanzania
Komoditas Ekspor Impor Tanzania – Mister Exportir

Tahukah Anda, bahwa ternyata Tanzania memiliki banyak sekali komoditas ekspor yang sangat luar biasa.  Di antara banyaknya komoditas ekspor yang dimiliki oleh negara Tanzania, berikut ini sejumlah komoditas ekspor yang terbesar di negara tersebut:

  • Gold, incl. gold plated with platinum, unwrought, for non-monetary purposes (USD 1,508,983)
  • Tobacco, partly or wholly stemmed or stripped, otherwise unmanufactured (USD 265,101)
  • Coffee (excluding roasted and decaffeinated) (USD 145,128)
  • Fresh or dried cashew nuts, in shell (USD 108,428)
  • Non-industrial diamonds unworked or simply sawn, cleaved or bruted (USD 80,867)
  • Sesamum seeds, whether or not broken (USD 80,077)
  • Frozen fish fillets, n.e.s (USD 67,582)
  • Beauty, or make-up preparations and preparations for the care of the skin (other than medicaments), incl. sunscreen or suntan preparations (USD 56,104)
  • Black fermented tea and partly fermented tea, whether or not flavoured, in immediate packings of > 3 kg (USD 41,942)
  • Cotton, neither carded nor combed (USD 40,881)

 

Baca Juga: Komoditas Ekspor Impor Algeria Bernilai Tinggi!

 

Sudah Tahu? Inilah Komoditas Impor dari Indonesia

Tanzania dan Indonesia menjalin hubungan kerjasama dalam perdagangan internasional, yakni ekspor dan impor. Negara ini melakukan impor ke beberapa komoditas Indonesia. Apa sajakah komoditas impor dari Indonesia? Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

  • Cloves, whole fruit, cloves and stems, neither crushed nor ground (USD 34,353)
  • Cotton, neither carded nor combed (USD 17,555)
  • Tobacco, partly or wholly stemmed or stripped, otherwise unmanufactured (USD 10,075)
  • Groundnuts, shelled, whether or not broken (USD 3,862)
  • Copper, refined, in the form of cathodes and sections of cathodes (USD 2,182)
  • Cocoa beans, whole or broken, raw or roasted (USD 1,169)
  • Unwrought lead refined (USD 1,030)
  • Unwrought lead, containing by weight antimony as the principal other element (USD 435)
  • Dried, shelled kidney beans “Phaseolus vulgaris”, whether or not skinned or split (USD 281)
  • Manganese ores and concentrates, incl. ferruginous manganese ores and concentrates (USD 237)

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Potensial Ekspor Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui!

 

Mengejutkan! Ternyata Ini Komoditas Impor Terbesar Tanzania

Komoditas Ekspor Impor Tanzania
Komoditas Ekspor Impor Tanzania – Mister Exportir

Selain mengekspor barang, Tanzania juga melakukan impor ke beberapa negara. Berikut ini komoditas impor terbesar Tanzania:

  • Medium oils and preparations, of petroleum or bituminous minerals, not containing biodiesel, n.e.s (USD 1,080,453)
  • Light oils & preparations, of petroleum or bituminous minerals which >= 90% by volume “incl.losses” distil at 210°C “ASTM D 86 method” (USD 545,166)
  • Medicaments consisting of mixed or unmixed products for therapeutic or prophylactic purposes, put up in measured doses (USD 171,574)
  • Road tractors for semi-trailers (USD 150,755)
  • Palm oil and its fractions, whether or not refined (USD 147,694)
  • Flat rolled products of iron or non-alloy steel, of a width of >= 600 mm, in coils, simply hot-rolled, not clad, plated or coated, of a thickness of < 3 mm, not pickled, without patterns in relie (USD 131,824)

 

Pelabuhan Internasional Tanzania

Komoditas Ekspor Impor Tanzania
Komoditas Ekspor Impor Tanzania – Mister Exportir

Tanzania memiliki pelabuhan laut internasional yang menjadi salah satu alternatif untuk melakukan pengiriman barang ke seluruh dunia. Pelabuhan laut yang dimiliki Tanzania, sekaligus menjadi pelabuhan internasional yakni salah satunya ialah Pelabuhan Dar es Saalam.

Merupakan pelabuhan utama Tanzania. Pelabuhan tersebut menangani lebih dari 90% lalu lintas kargo negara tersebut. Menurut Asosiasi Pelabuhan dan Pelabuhan Internasional, pelabuhan ini adalah pelabuhan terbesar keempat di pesisir Samudra Hindia benua Afrika setelah Durban, Mombasa, dan Maputo. Pelabuhan tersebut bertindak sebagai pintu gerbang untuk perdagangan dan perdagangan untuk Tanzania dan banyak negara bagian yang berbatasan dengan daratan.

 

Baca Juga: Top 10 Pelabuhan Terbesar di Dunia Versi Mister Exportir

 

Bandar Udara Internasional Tanzania

Selain pelabuhan laut yang luar biasa, Tanzania juga memiliki sejumlah bandar udara internasional. Apa sajakah bandar udara internasional yang dimiliki oleh Tanzania? Berikut ini kami rangkum data selengkapnya untuk Anda:

1. Bandar Udara Internasional Julius Nyerere

Bandara Internasional Julius Nyerere adalah bandara terbesar di Tanzania. Bandara ini terletak 12 km dari kota Dar es Salaam. Sebelumnya dikenal sebagai Bandara Internasional Dar es Salaam dan pada tahun 2006, dinamai untuk menghormati Julius Nyerere, presiden pertama Tanzania. Bandara ini dioperasikan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Tanzania (TAA).

Bandara ini menangani 2,47 juta penumpang dan mencatat 77.990 pergerakan pesawat pada 2014, sementara menangani 21,2 juta ton kargo. Konstruksi pada fase pertama dari kompleks terminal ketiga di bandara dimulai pada tahun 2014. BAM International telah dianugerahi kontrak untuk fase pertama dan kedua dari konstruksi terminal.

 

2. Bandar Udara Internasional Kilimanjaro

Bandara Internasional Kilimanjaro (KIA) terletak antara kota Moshi dan Arusha di Tanzania utara. Juga dikenal sebagai ‘Gerbang Menuju Warisan Margasatwa Afrika’, bandara ini merupakan bandara internasional pertama yang diprivatisasi di Afrika dan dioperasikan oleh Perusahaan Pengembangan Bandara Kilimanjaro (KADCO), yang sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Tanzania.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Tanzania. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian yang telah membacanya. Serta memotivasi kita semua untuk bisa terus lebih baik lagi dalam menjalanan kehidupan atau bisnis yang sedang dijalani.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com