Top 10 Negara Eksportir Terbesar Didunia Tahun 2017 – Mister Exportir

Top 10 Negara Eksportir Terbesar Didunia Tahun 2017 – Mister Exportir

Sahabat Mister Exportir yang kami banggakan,

Negara Eksportir Terbesar Didunia – Pada era modern digital sekarang ini, setiap negera dibelahan dunia sangat antusias untuk meningkatkan investasi dalam menunjang perekonomian negara itu sendiri. Oleh sebab itu, dalam menjalankan pertumbuhan ekonomi sebuah negara tentu saja memerlukan investasi keuangan yang bilangannya tidak sedikit.

Uang dapat diperoleh suatu negara tersebut dengan cara berdagang dan perpajakan. Kedua cara tersebut dapat terjadi apabila kita melakukan perdagangan lintas negara yang disebut dengan ekspor dan impor.

Rumus sederhana nya adalah apabila jumlah ekspor suatu negara melebihi impornya, maka perekonomian negara tersebut mendapatkan surplus/ keuntungan. Sebaliknya, apabila jumlah impor negara melebihi jumlah ekspornya, maka negara itu menjadi defisit/ kerugian.

Demi menunjang perekonomian yang surplus, langkah yang perlu direalisasikan sebuah negara ialah harus mengupayakan serta meningkatkan jumlah arus barang ekspornya.

Nah sahabat Mister Exportir, berikut adalah data- data yang telah dirangkum oleh tim Mister Exportir tentang 10 negara yang memiliki pendapatan devisa ekspor terbesar didunia hingga tahun 2017. Mau tahu Negara apa saja? Check list out!

( Baca Juga : Ayo Dukung! Indonesia Sebagai Negara Eksportir Dunia )

 

1. RRC China ( total pendapatan USD 2,14 Triliun)

Ekonomi Negara Republik Rakyat China
Ekonomi Negara Republik Rakyat China

Negeri yang kerap dijuluki tirai bambu ini memang sangat dikenal sebagai negara yang sangat fokus terhadap perdagangan dan perekonomian masyarakatnya. Karena itulah China sangat berpengaruh terhadap perekonomian global saat ini.

Walaupun China dikategorikan sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua setelah amerika serikat, akan tetapi china adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar nomor satu didunia yaitu sekitar 7% per tahunnya.

Selain itu, pemerintah China saat ini sangat memfokuskan terhadap sektor manufaktur, pemberdayaan usaha-usaha kecil menengah, dan liberalisasi perdagangan yang menjadikan negara ini sukses dalam mengatasi berbagai masalah mengenai defisit, inflasi, maupun krisis ekonomi. Kesuksesan itulah yang menyebabkan negeri “The Great Wall” ini sangat disegani oleh seluruh dunia pada sektor ekonomi.

Great Wall China
Great Wall China

Kini China juga terkenal sebagai negara industri nomor satu didunia, dimana sebagian besar manufaktur dunia berpusat dinegara ini. Hasil produksi industri sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

China mengekspor mesin-mesin, tekstil, besi, baja, peralatan medis, peralatan teknologi, alat- alat berat, dan lain-lain. Priode tahun 2016-2017 China telah membukukan pendapatan ekspornya sebesar 2,14 triliun US Dollar atau sekitar 28.504,8 triliun rupiah. Pencapaian ini adalah prestasi terbesar sepanjang sejarah negara tiongkok saat ini.

 

2. Jerman ( total pendapatan USD 1,98 Triliun)

Ekonomi Negara Jerman
Ekonomi Negara Jerman

Negara eksportir terbesar kedua saat ini dipegang oleh jerman. Meskipun negara ini disebut sebagai negara adidaya pada masa perang dunia pertama, negara dimana Adolf hitler lahir dan besar kini berformasi sebagai negara yang memfokuskan kepada perekonomian dan kesejahteraan rakyatnya. Selain itu, jerman adalah negara dengan perekonomian terbesar dibenua Eropa dan memiliki pengaruh besar terhadap negara yang tergabung dalam Uni Eropa.

Bisa dikatakan negara satu ini tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah. Akan tetapi jerman memiliki sumber daya manusia yang sangat memadai sehingga negara beribukota Berlin ini dapat mengekspor komoditi mewah seperti Pesawat terbang, mobil, alat transportasi, peralatan teknik, produk elektronik, mesin-mesin, alat berat, senjata, farmasi dan lain-lain sebagainya.

Negara Jerman
Negara Jerman

Sehingga pada priode ini jerman mendapatkan surplus yang sangat besar untuk menunjang perekonomian negaranya. Negara dimana airbus bermarkas ini mampu mendapatkan 1,98 triliun US Dollar atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar 26.373,60 triliun rupiah.

 

3. Amerika Serikat ( total pendapatan USD 1,8 Triliun)

Ekonomi Amerika Serikat
Ekonomi Amerika Serikat

Amerika serikat adalah negara perekonomian terbesar didunia dan negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar nomor tiga didunia saat ini yaitu sekitar 3 – 4% per tahunnya sehingga menjadikan negara ini salah satu negara terkaya didunia. Negara adidaya ini memang sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia, dimana mata uang negara ini dipakai dalam dunia perdagangan sebagai mata uang pemersatu bangsa. Terlepas daripada itu, negara beribukota Washington D.C ini juga memiliki sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusianya yang sangat memadai.

Patung Liberty Amerika Serikat
Patung Liberty Amerika Serikat

Negara dengan populasi terbesar nomor tiga didunia ini telah beralih sebagai salah satu negara yang fokus terhadap perekonomian negara dan masyarakatnya sehingga amerika serikat dinobatkan dalam indeks salah satu negara dengan kemudahan berbisnis.

Oleh karena itu, negara ini telah membukukan total pendapatan ekspornya pada priode ini sebanyak 1,8 triliun US Dollar atau sekitar 24.000 triliun rupiah. Komoditi ekspor asal amerika serikat ialah pesawat terbang, mobil, senjata, bahan-bahan industri, minyak bumi, hasil alam dan produk lainnya.

 

4. Jepang (total pendapatan USD 1,2 Triliun)

Negeri sakura ini dikenal sebagai negara industri elektronik terbesar didunia. Selain itu, sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang terkuat didunia, jepang sangat fokus dalam pengembangan sektor- sektor strategis seperti industri otomotif, industri jasa, perfilman, perbankan, dan perdagangan internasional.

Ekonomi Negara Jepang
Ekonomi Negara Jepang

Sistem ekonomi negara jepang adalah liberalisasi pasar dan industrialisasi. Sistem ini sangat sukses diterapkan dan menjadikan tulang punggung perekonomian yang kuat bagi negeri samurai ini. Kini, jepang dikenal sebagai salah satu negara eksportir yang sangat disegani oleh dunia.

Jepang mengekspor mesin-mesin pembangkit listrik, besi & baja, hasil industri, mobil, motor, alat transportasi, dan barang-barang elektronika, sehingga jepang dapat membukukan pendapatannya pertahun mencapai 1,2 Triliun US Dollar atau sekitar 15.960 triliun rupiah.

 

5. Prancis ( total pendapatan USD 981,3 Milyar)

Negara satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Ya, Prancis. siapa sangka bahwa negara yang dinobatkan sebagai negeri romantis sedunia ini ternyata masuk dalam kategori salah satu negara eksportir terbesar didunia?

Ekonomi Negara Prancis
Ekonomi Negara Prancis

Negara prancis terletak dibagian Eropa Barat dan berbatasan dengan negara lainnya seperti belgia, inggris, spanyol, dan italia, serta menjadikan negeri Eiffel ini sangat strategis dalam perdagangan Uni Eropa.

Sistem ekonomi negara prancis adalah liberalisasi pasar. Meskipun sama seperti negara maju lainnya, prancis juga salah satu negara yang sukses dalam menjalankan roda-roda perekonomian negerinya.

Negara prancis kini memiliki fokus terhadap pengembangan industry dan investasi negara berupa energi, pembangkit listrik tenaga nuklir, pesawat terbang, dan pengembangan industry lainnya.

Oleh karena itu, prancis sangat dikenal sebagai negara pengekspor alat-alat teknologi, pesawat terbang, hasil industri , hasil pertanian, dan komoditi lainnya, sehingga negara ini dapat meraup pendapatan devisa ekspor nya mencapai 981,3 milyar US Dollar atau sekitar13.047 Trilliun rupiah pertahunnya.

 

6. Korea Selatan ( total pendapatan USD 789,4 Milyar)

Ekonomi Korea Selatan
Ekonomi Korea Selatan

Korea selatan adalah negara yang terletak dibagian asia timur yang memiliki luas wilayah 100.032 km persegi. Negara yang dikenal sebagai “Macan Asia” ini memang memiliki kemajuan ekonomi yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Terbukti dengan adanya kemajuan khususnya disektor telekomunikasi dan industri otomotif yang menjadi penopang ekonomi negara ginseng ini.

Sekarang negara Korea selatan banyak mengekspor barang seperti kendara bermotor, alat telekomunikasi, computer, kapal, dan alat transportasi lainnya sehingga korea dapat membukukan pendapatan devisa ekspornya mencapai 789,4 milyar US Dollar atau sekitar 10.495 Triliun Rupiah Indonesia.

 

7. Rusia ( total pendapatan USD 672,8 Milyar )

Negara ini dikenal dengan sebutan “The next Super Power Country” setelah negara adidaya amerika serikat. Rusia adalah negara yang memliki luas wilayah sepertiga dari total luas daratan didunia sehingga menjadikan negara beruang merah ini sebagai negara terbesar dan terluas sejagat alam semesta.

Meskipun negara ini menganut ideologi komunisme, akan tetapi Rusia adalah negara yang memiliki system perekonomian Reformasi dan ekonomi pasar.

Ekonomi Negara Russia
Ekonomi Negara Russia

Negara dibawah kepemimpinan Vlandimir Putin ini dikenal cukup sukses dalam melaksanakan roda perekonomian negaranya walaupun pernah ditimpa krisis yang sangat sulit pada beberapa priode lalu. Tapi, siapa yang dapat menyangka ternyata negara bumi cinta ini termasuk salah satu negara eksportir terbesar didunia?

Rusia dikenal sangat banyak mengekspor hasil alam seperti minyak, gas, kayu, dan pertambangan. Selain itu, negara ini dikenal dunia sebagai produsen senjata, pesawat tempur, dan reaktor nuklir.

 

8. Belanda (total pendapatan USD 625 Milyar)

Belanda adalah salah satu negara yang paling unik didunia. Negara ini disebut sebagai netherland atau dataran rendah dikarenakan negara ini memiliki dataran yang lebih rendah dari permukaan laut. Selain itu, negeri kincir angin ini dikenal dengan bendungannya yang paling canggih sedunia.

Meskipun masyarakat negara belanda tinggal didataran lebih rendah dari permukaan laut, akan tetapi semangatnya dalam bangkit menjadi suatu negara dengan perekonomian yang kuat ini yang patut dicontoh oleh setiap negara internasional.

Ekonomi Negara Belanda
Ekonomi Negara Belanda

Negara Belanda kini perekonomian sangat banyak didukung oleh sektor financial seperti kredit dan pasar modal. Sehingga negeri “Van Orange” ini sangat banyak mengekspor beberapa komoditi seperti mesin, bahan kimia, dan produk makanan.

Belanda dapat meraup pemasukan ekspornya hingga 625 Milyar US Dollar atau sekitar 8.312,5 Triliun Rupiah dan menjadikan negeri tulip ini sebagai salah satu negara eksportir dunia saat ini.

 

9. Italia ( total pendapatan USD 574,5 Milyar)

Salah satu keajaiban dunia ( Menara Visa) terdapat dinegeri Italia. Siapa sangka italia dikenal sebagai negeri eksportir bertahan dari era 1920-an hingga sekarang. Ternyata negeri roma kini dikenal sebagai negara industri dikancah internasional. Selain itu, negeri Ferarri ini juga merupakan negara dengan infrastruktur yang sudah sangat maju didunia.

Mobil Ferrari & Ekonomi Negara Italia
Mobil Ferrari & Ekonomi Negara Italia

Italia banyak mengekspor barang-barang tekstil, pakaian, besi, baja, mesin-mesin produksi, mesin kendaraan, mobil, dan hasil pertambangan terutama logamnya. Sehingga negara sinorita ini dapat membukukan pendapatan devisa eksponya mencapai 575 milyar US Dollar atau jika dikonversi ke rupiah sekitar 7.647,5 Trilliun rupiah.

 

10. Inggris (total pendapatan USD 518,7 Milyar)

Inggris adalah salah satu negara paling maju didunia. Sistem ekonomi negara Ratu Elizabeth ini menganut sistem perekonomian pasar campuran yaitu dengan mengedepankan beberapa prinsip pasar bebas ( Liberalisasi). Kini salah satu negara bagian Britania Raya ini sangat fokus dalam menggenjot arus barang ekspornya keluar negeri.

Adapun beberapa komoditi ekspor asal Inggris ialah barang industri unggulan meliputi kimia, farmasi, kedirgantaraan, senjata, perangkat lunak, dan alat-alat teknologi lainnya.

Ekonomi Negara Inggris
Ekonomi Negara Inggris

Dengan demikian, Inggris dapat membukukan pendapatan ekspor nya hingga mencapai 518,7 Milyar Dollar Amerika serikat (USD) atau jika dirupiahkan kurang lebih sekitar Rp. 6.889,4 Triliun yang menjadikan negara satu ini dikategorikan sebagai Top 10 negara eksportir dunia.

 

Namun, bagaimana dengan Indonesia? Jangan khawatir, Indonesia sangat berpeluang besar untuk menggeser semua negara eksportir yang diatas. Sebab itu lah Mister Exportir hadir ditanah air tercinta. Salam sukses semuanya!
Mister Exportir’s Motto : “ We empower the small business to reach world market”.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com