10+ Komoditas Ekspor Impor Oman Terbesar!

10+ Komoditas Ekspor Impor Oman Terbesar!

Komoditas Ekspor Impor Oman – Oman adalah ekonomi ekspor terbesar ke-58 di dunia dan ekonomi paling kompleks ke-64 menurut Indeks Kompleksitas Ekonomi (ECI).  Pada 2017, Oman mengekspor $ 31,2 miliar dan mengimpor $ 29,8 miliar, sehingga menghasilkan neraca perdagangan positif $ 1,34 miliar.

Komoditas Ekspor Impor Oman
Komoditas Ekspor Impor Oman – Mister Exportir

Oman atau nama resminya adalah Kesultanan Oman adalah sebuah negara Arab di Asia Barat Daya di pesisir tenggara Jazirah Arab. Berbatasan dengan Uni Emirat Arab di barat-laut, Arab Saudi di barat, dan Yaman di barat-daya.

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas komoditas ekspor impor Oman. Beberapa di antaranya merupakan komoditas Oman terbesar. Dengan Indonesia, ternyata Oman juga menjalin kerjasama dalam perdagangan Internasional yakni dengan melakukan impor dari Indonesia.

 

Baca Juga: Top 10 Negara Eksportir Terbesar Didunia Tahun 2017 – Mister Exportir

 

Tentang Negara Oman atau Kesultanan Oman

Memiliki nama resmi Kesultanan Oman, adalah negara Arab di Asia Barat Daya, tepatnya di pesisir tenggara Jazirah Arab. Berawal dari tahun 1744, negara ini pernah dikuasai oleh dinasti Al Said dan telah lama menjalin hubungan militer dan politik dengan Britania Raya, dan Amerika Serikat, meskipun Oman memelihara kebijakan luar negeri yang bebas.

Oman memiliki populasi sebesar 4.185.440 (perkiraan tahun 2014). Dengan kepadatan 13,5 per kilometer persegi. Ibu kota negara ini adalah Muskat. Kota ini sekaligus menjadi kota terbesar di Oman. Bahasa resmi di negara tersebut adalah bahasa Arab. Luas negara sebesar 309501 kilometer persegi (119499 sq mil). Mata uang Oman adalah Rial Oman (OMR).

 

Baca Juga: Top 10 Negara Eksportir Terbesar Didunia Tahun 2017 – Mister Exportir

 

Sekilas Mengenai Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Oman Tahun 2018

Pada tahun 2018, Kesultanan Oman mengirimkan barang senilai sekitar US $36,9 miliar ke seluruh dunia.  Jumlah dolar itu mencerminkan penurunan -27,2% sejak 2014 tetapi kenaikan 27,6% dari 2017 hingga 2018.

Data spesifik negara terbaru yang tersedia dari 2016 menunjukkan bahwa 77,4% produk yang diekspor dari Oman dibeli oleh importir di: Cina (43,6% dari total global), Uni Emirat Arab (7,5%), India (3,8%), Taiwan ( 3,6%), Amerika Serikat (3,3%), Irak (3,1%), Arab Saudi (2,9%), Jepang (2,5%), Korea Selatan (2,3%), Yaman (2,1%), Pakistan (1,4%) dan Selatan Afrika (1,3%).

Mengingat populasi Oman sebesar 4,6 juta orang, totalnya $ 36,9 miliar pada 2018 ekspor berarti sekitar $ 8.000 untuk setiap penduduk di negara Timur Tengah.

Dalam istilah ekonomi makro, total barang yang diekspor Oman mewakili 18,6% dari Produk Domestik Bruto keseluruhan untuk 2018 ($ 198,5 miliar dinilai dalam Paritas Daya dolar AS). 18,6% untuk ekspor ke PDB keseluruhan dalam PPP untuk 2018 dibandingkan dengan 22% untuk 2014, tampaknya menunjukkan ketergantungan yang relatif menurun pada produk yang dijual di pasar internasional untuk total kinerja ekonomi Oman.

Ekspor utama Oman adalah Minyak Mentah ($ 13,6 miliar), Minyak Perminyakan ($ 3,29 miliar), Minyak Mentah ($ 2,81 miliar), Bijih Besi ($ 1 miliar) dan Alkohol Asiklik ($ 672 juta), menggunakan revisi HS (Harmonized System) Classification tahun 1992.

Impor utamanya adalah Mobil ($ 2,21 miliar), Pesawat, Helikopter, dan / atau Pesawat Luar Angkasa ($ 1,47 miliar), Minyak Bumi yang Disempurnakan ($ 1,42 miliar), Emas ($ 768 juta), dan Turbin Gas ($ 691 juta).

Indikator kunci lain dari kinerja ekonomi suatu negara adalah tingkat penganggurannya. Proyeksi tingkat pengangguran Oman adalah 15,4% turun dari 15,5% satu tahun sebelumnya, seperti yang diperkirakan oleh Trading Economics.

 

10+ Komoditas Ekspor Oman Terbesar, Anda Harus Tahu!

Setiap negara pastilah memiliki sejumlah komoditas-komoditas yang menjadi andalan bagi negaranya. Tidak terkecuali bagi Kesultanan Oman. Negara ini memiliki komoditas ekspor terbesar di negaranya.  Berikut ini data selengkapnya untuk Anda:

Komoditas Ekspor Impor Oman
Komoditas Ekspor Impor Oman – Mister Exportir

 

Anda Sudah Tahu? Inilah 10+ Komoditas Impor dari Indonesia

Ternyata, Kesultanan Oman menjalin hubungan kerjasama perdagangan Internasional dengan Indonesia. Sejumlah komoditas diimpor dari Indonesia. Apa sajakah komoditas tersebut? Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

Komoditas Ekspor Impor Oman
Komoditas Ekspor Impor Oman – Mister Exportir

 

Komoditas Oman yang Melebihi Batas Permintaan Pada Tahun 2018

Kesultanan Oman juga memiliki sejumlah komoditas yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand. Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

Komoditas Ekspor Impor Oman
Komoditas Ekspor Impor Oman – Mister Exportir

 

Daftar Pelabuhan Internasional Oman

Oman memiliki pelabuhan-pelabuhan yang biasa dijadikan sebagai akses pengiriman komoditas ke luar negeri. Apa sajakah pelabuhan tersebut? Berikut ini pelabuhan-pelabuhan internasional yang dimiliki oleh Kesultanan Oman:

1. Pelabuhan Sultan Qaboos

Komoditas Ekspor Impor Oman
Komoditas Ekspor Impor Oman – Mister Exportir

Pelabuhan Sultan Qaboos adalah tempat liburan utama bagi Perdagangan Internasional di Oman. Terletak di Teluk Oman di gerbang Teluk Arab, pelabuhan ini adalah lokasi yang ideal sebagai pusat regional, sebagai tempat liburan untuk pasar internasional, lebih khusus ke pasar di anak benua India dan Asia. Berbagai fasilitas yang disediakan di Pelabuhan Sultan Qaboos adalah:

  • Alat Bantu Navigasi dan Fasilitas
  • Ruang Penyimpanan Tertutup dan Terbuka
  • Berbagai Peralatan Kontainer dan Penanganan Kargo
  • Fasilitas Terminal Pesiar
  • Teknologi Mutakhir
  • Fasilitas Berthing dan layanan Pelabuhan
  • Deep Drafted Berths

 

2. Pelabuhan Sohar

Komoditas Ekspor Impor Oman
Komoditas Ekspor Impor Oman – Mister Exportir

Terletak 220 km dari ibukotanya Muscat, Sohar Port di Oman adalah kompleks industri dan logistik multiguna di Kesultanan Oman. Pelabuhan ini juga merupakan zona bebas yang memiliki tiga kelompok: logistik, petrokimia, dan logam. Berbagai fasilitas yang disediakan di pelabuhan ini adalah:

  • Layanan Pelabuhan
  • Sistem Pemberitahuan Kapal
  • Kapal Pengiriman
  • Layanan Bongkar Muat
  • Jalur Pengiriman / Agen Pengiriman Barang
  • Penanganan Kargo
  • Layanan Kelautan

 

3. Pelabuhan Duqm

Komoditas Ekspor Impor Oman
Komoditas Ekspor Impor Oman – Mister Exportir

Pelabuhan Duqm juga merupakan Zona Ekonomi Khusus Oman yang didukung oleh dek serbaguna dan dok kering. Kegiatan bisnis yang dilakukan di bawah pelabuhan ini meliputi pemurnian dan petrokimia, industri berat, manufaktur ringan, pengolahan ikan, pariwisata dan rekreasi, pemrosesan mineral dan banyak lagi.

 

Baca Juga: Top 10 Pelabuhan Terbesar di Dunia Versi Mister Exportir

 

Daftar Bandar Udara Internasional Oman

Selain pelabuhan internasional, Oman juga memiliki sejumlah bandar udara internasional yang juga dijadikan akses untuk pengiriman komoditas ke luarga negeri. Berikut ini daftar Bandar Udara Internasional yang dimiliki oleh Oman:

1. Bandar Udara Internasional  Muscat

Nama bandar udara ini sebelumnya adalah Bandara Internasional Seeb adalah bandara internasional utama di Oman dan terletak 32 km dari kota tua dan ibukota Muscat di dalam wilayah metropolitan Muscat.

Bandara ini berfungsi sebagai hub bagi maskapai berbendera Oman Air dan maskapai bertarif rendah Oman Salam Air menawarkan penerbangan ke beberapa tujuan regional serta beberapa layanan antar benua ke Asia, Afrika, dan Eropa.

 

2. Bandar Udara Internasional Salahah

Bandar Udara Internasional Salalah (IATA: SLL, ICAO: OOSA) adalah Kesultanan bandara internasional sekunder Oman setelah Bandara Internasional Muscat. Terletak di dataran pantai Salalah di Kegubernuran Dhofar, 5,5 kilometer (3,4 mil) timur laut dari pusat kota Salalah. Bandara ini memiliki penerbangan ke tujuan regional serta beberapa layanan charter antarbenua dari Eropa.

 

Nah, Sobat Mister Exportir, demikianlah pembahasan pada artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Oman. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Sukses selalu dan salam Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com