Potensi Ekspor Produk Kosmetik Indonesia, Permintaan Tinggi di Pasar Internasional

Potensi Ekspor Produk Kosmetik Indonesia, Permintaan Tinggi di Pasar Internasional

Ekspor produk kosmetik Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan beberapa tahun terakhir.

Hal ini disebabkan karena industri kosmetik tanah air kini sedang mengalami perkembangan besar.

Di dalam negeri, mulai banyak bermunculan merek kosmetik dengan kualitas yang tergolong sangat baik dan tidak kalah dari merek luar negeri.

Nama brand kosmetik Indonesia kini sangat digemari oleh masyarakat dalam negeri. Tak hanya itu, seiring dengan perkembangan industri kosmetik yang besar ini, beberapa produk sudah berhasil memiliki peminatnya sendiri.

Komoditas kosmetik Indonesia diharapkan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia dalam beberapa tahun ke depan.

ekspor produk kosmetik indonesia

Kondisi Industri Kosmetik Indonesia

Industri kosmetik Indonesia pada tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebanyak 7% dari tahun sebelumnya.

Menurut Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPAK), pada tahu 2020 penjualan kosmetik Indonesia bernilai US$6,95 juta sedangkan pada 2021 mengalami kenaikan menjadi US$7,45 juta.

Perkembangan besar industri kosmetik Indonesia tak terlepas dari banyaknya pelaku usaha yang semakin mengedepankan kualitas di setiap produknya.

Menurut Kementerian Perindustrian, industri kosmetik yang tergolong industri farmasi dan obat tradisional terus didorong menggunakan bahan baku lokal karena Indonesia memiliki keunggulan komparatif dibandingkan dengan negara-negara penghasil produk jamu dan kosmetik berbahan alami lainnya seperti Tiongkok, Malaysia, dan Thailand.

Hal ini menjadi titik utama perkembangan kosmetik Indonesia yang berbasis kualitas produk.

Meskipun demikian, Indonesia masih menjadi sasaran ekspor negara lain dalam sektor kosmetik.

Pasalnya, jumlah penduduk negara kita yang mencapai 267 juta jiwa sebagian besar atau sekitar 130 juta jiwa adalah wanita.

Ditambah dengan munculnya produk perawatan pria dari berbagai negara, membuat Indonesia menjadi sasaran empuk negara lain dalam memasarkan produk kosmetiknya.

Namun, hal ini justru dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri tanah air untuk lebih mengembangkan produknya di dalam negeri bahkan ke luar negeri.

Industri kosmetik Indonesia terbagi menjadi 2 kategori, yaitu kosmetik yang terdiri dari make-up base dan dekoratif serta perawatan yang terdiri dari personal care dan skin care.

Beberapa merek kosmetik lokal yang telah berhasil menembus pasar internasional adalah sebagai berikut.

  1. Ms. Glow
  2. Polka
  3. Mustika Ratu
  4. Bali Alus
  5. Sensatia Botanicals
  6. Wardah

produk kosmetik

Potensi Ekspor Produk Kosmetik Indonesia

Permintaan dari berbagai negara terhadap kosmetik terutama skin care Indonesia masih sangat tinggi di tengah masa pandemi.

Menurut Menteri Perdagangan, peluang ekspor produk kosmetik masih sangat terbuka lebar karena permintaan dunia, dan permintaan terbanyak datang dari negara tetangga, Malaysia.

Berdasarkan data tahun 2020, negara tujuan utama ekspor Indonesia adalah Thailand dengan pangsa 18,89% dari total ekspor dan Singapura sebesar 16,58%.

Di Malaysia, kosmetik halal dari Indonesia sangat banyak diminati.

Menurut Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), kosmetik halal Indonesia tercatat menjadi eksportir terbesar ketiga di Malaysia.

Saat ini, kondisi industri kosmetik Indonesia sangat besar secara domestik dan terus mengalami pertumbuhan secara global.

Ekspor kosmetik Indonesia sudah mencapai pasar Uni Emirat Arab, Jepang, Malaysia, Thailand, Filipina, India, Singapura, Korea, Vietnam, Tiongkok, Hongkong dan Taiwan.

Lima besar negara yang menjadi tujuan utama ekspor kosmetik Indonesia adalah Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Jepang.

Menurut catatan dari IKM Kimia, Sandang, Kerajinan, dan Industri Aneka Kementerian Perindustrian, jumlah pelaku industri kosmetik di Indonesia pada tahun 2019 mencapai lebih dari 760 perusahaan.

Sebanyak 95% di antaranya merupakan industri kecil dan menengah (IKM) dan sisanya merupakan industri skala besar yang menyerap 75 ribu tenaga kerja langsung dan 600 ribu tenaga kerja langsung.

Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah setiap tahunnya.

Dengan jumlah tersebut, Indonesia memiliki potensi industri kosmetik cukup besar seiring dengan ketersediaan sumber daya alam yang kaya akan tanaman herbal yang secara turun temurun sudah banyak digunakan untuk kesehatan dan produk kosmetik.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *