Inilah Daftar Komoditas Ekspor Impor Canada yang Luar Biasa!

Inilah Daftar Komoditas Ekspor Impor Canada yang Luar Biasa!

Komoditas Ekspor Impor Canada – Terletak di bagian Amerika Utara paling utara. Canada di bentuk pada tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi. Negara ini merupakan negara terluas di Amerika Utara.

Komoditas Ekspor Impor Canada
Komoditas Ekspor Impor Canada – Mister Exportir

Ibukota Canada adalah Ottawa. Negara ini memiliki populasi sebesar 35.151.728.  Luas negara Canada adalah 9.970.610 kilometer persegi. Termasuk ke dalam golongan negara maju dan ekonominya bergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah. Mata uang Canada adalah Dollar Canada (CAD).

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan mencoba membahas bagaimana luar biasanya komoditas ekspor impor Canada. Semoga artikel kali ini akan membuat pengetahuan Anda mengenai dunia eksor impor semakin bertambah. Yuk kita bahas bersama!

 

Baca Juga: Cara Mengekspor Barang Keluar Negeri dengan Mudah – Mister Exportir

 

Sekilas Tentang Komoditas Ekspor Impor Canada

Dijuluki Great White North, Canada mengekspor total produk senilai US $ 449,8 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018. Jumlah dolar itu mencerminkan penurunan -5,3% sejak 2014 tetapi kenaikan 6,9% dari 2017 hingga 2018. Di lihat dari perspektif kontinental, sebanyak 76,5% ekspor Canada berdasarkan nilai dikirim ke mitra dagang Amerika Utara yaitu Amerika Serikat dan Meksiko.

Komoditas Ekspor Impor Canada
Komoditas Ekspor Impor Canada – Mister Exportir

Para importir Asia membeli sebanyak 12,4% sementara pembeli di Eropa mengonsumsi 8,5%. Persentase yang lebih kecil dikirim ke Amerika Latin (1,4%) tidak termasuk Meksiko tetapi termasuk Karibia, Afrika (0,7%) dan Oseania (0,5%) yang dipimpin oleh Australia dan Selandia Baru.

Populasi Canada yakni sebesar 35,9 juta orang. Mengingat total ekspornya pada tahun 2018 senilai $449,8 miliar, maka itu berarti sekitar $12.500 untuk setiap penduduk di negara itu.

Nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) Canada pada tahun sebesar $1,672 triliun dengan hitungan per kapita $46.199. Sementara Nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) pada tahun yang sama sebesar $1,529 triliun dengan hitungan per kapita $40.409.

Indikator kunci lain dari kinerja ekonomi suatu negara adalah tingkat penganggurannya. Tingkat pengangguran Kanada adalah 5,7% pada Mei 2019 menurut Trading Economics, naik dari 5,6% pada November 2018.

 

10 Komoditas Ekspor Terbesar Canada

Komoditas Ekspor Impor Canada
Komoditas Ekspor Impor Canada – Mister Exportir

Besarnya total ekspor Canada pada tahun 2018, tentu tidak terjadi tanpa adanya penyebab yang mendasarinya. Salah satu yang mendasarinya ialah kualitas komoditas ekspor impor Canada itu sendiri. Di antara banyaknya komoditas Canada, ternyata ada beberapa komoditas yang memiliki nilai dolar tertinggi. Apa sajakah komoditas-komoditas itu?

Berikut ini kelompok produk ekspor yang mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Canada selama tahun 2018. Juga ditunjukkan persentase pangsa masing-masing kategori ekspor dalam hal keseluruhan ekspor dari Canada.

  1. Mineral fuels including oil: US$98.8 billion (22% of total exports)
  2. Vehicles: $60.5 billion (13.5%)
  3. Machinery including computers: $34.5 billion (7.7%)
  4. Gems, precious metals: $18 billion (4%)
  5. Wood: $14.3 billion (3.2%)
  6. Plastics, plastic articles: $13.6 billion (3%)
  7. Electrical machinery, equipment: $13.4 billion (3%)
  8. Aircraft, spacecraft: $10.6 billion (2.4%)
  9. Aluminum: $10 billion (2.2%)
  10. Paper, paper items: $8 billion (1.8%)

Bahan bakar mineral termasuk minyak adalah yang tumbuh paling cepat di antara 10 kategori ekspor teratas Kanada, naik 16,9% dari 2017 hingga 2018 didorong oleh peningkatan penjualan minyak mentah dan olahan minyak bumi serta batubara.

Di tempat kedua untuk meningkatkan penjualan ekspor adalah kertas dan barang-barang yang terbuat dari kertas berkat kenaikan 10,6%. Plastik dan barang-barang yang terbuat dari kategori plastik membukukan kenaikan tercepat ketiga naik 8,2%.

Dua kategori teratas terdepresiasi dari tahun ke tahun. Kendaraan yang diekspor Kanada turun -3% sementara permata dan logam mulia turun -1%, kategori produk terakhir terbebani oleh kemunduran emas, perak dan berlian yang diekspor.

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Amerika Serikat Terbesar yang Perlu Anda Ketahui!

 

10 Komoditas Canada yang Melebihi Batas Permintaan

Mengingat total pengiriman produk Canada sebesar US $ 449,8 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018. Dengan artian mengalami kenaikan sebesar 6,9% dari 2017 hingga 2018. Hal ini menunjukkan bahwa permintaan komoditas menjadi salah satu faktor yang mendasarinya.

Seperti dibahas pada bahasan sebelumnya, bahwa ada sepuluh komoditas ekspor Canada yang mewakili nilai dolar tertinggi. Dengan bahan bakar mineral termasuk minyak adalah komoditas yang tumbuh paling cepat di antara 10 komoditas lainnya.

Di susul kertas dan barang-barang yang terbuat dari kertas pada posisi kedua yang ikut meningkatkan penjualan ekspor sebesar 10,6%. Pada posisi ketiga, terdapat plastik dan barang-barang yang terbuat dari kategori plastik mengalami kenaikan sebesar 8,2%

Selain komoditas Canada yang memiliki nilai dolar tertinggi, berikut ini terdapat 10 komoditas Canada yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand.

  1. Vehicles: US$75.4 billion (16.4% of total imports)
  2. Machinery including computers: $68.8 billion (15%)
  3. Electrical machinery, equipment: $44.8 billion (9.8%)
  4. Mineral fuels including oil: $36.1 billion (7.9%)
  5. Plastics, plastic articles: $17 billion (3.7%)
  6. Optical, technical, medical apparatus: $12.6 billion (2.7%)
  7. Pharmaceuticals: $12.5 billion (2.7%)
  8. Articles of iron or steel: $10.8 billion (2.4%)
  9. Furniture, bedding, lighting, signs, prefab buildings: $9.3 billion (2%)
  10. Gems, precious metals: $8.8 billion (1.9%)

 

10 Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Canada

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Maka tidak heran jika Indonesia termasuk ke dalam kelompok negara-negara yang menjalin kerja sama dalam perdagangan Internasional bersama Canada.

Di antara negara-negara lainnya, Indonesia ikut mengirimkan komoditas-komoditas dalam negeri ke Canada. Apa sajakah komoditas yang di ekspor ke Canada? Berikut ini penjelasannya.

Komoditas Ekspor Impor Canada
Komoditas Ekspor Impor Canada – Mister Exportir

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia Wilayah Jawa Barat yang Tak Banyak Orang Tahu

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Canada

Komoditas Ekspor Impor Canada
Komoditas Ekspor Impor Canada – Mister Exportir

Terdapat empat pelabuhan peti kemas terbesar Canada yang menangani kargo ekspor-impor secara keseluruhan. Termasuk muatan tetapi bukan pengiriman dalam negeri dengan total hanya di bawah 5 juta TEU pada tahun 2012, naik 7 persen dari tahun ke tahun. Berikut ini pelabuhan terbesar Canada:

1.Port of Metro Vancouver (Cavan)

Port Metro Vancouver menangani lebih dari 50 persen dari semua kargo peti kemas yang bergerak melalui pelabuhan peti kemas tersibuk di Kanada, dan gerbang British Columbia berinvestasi untuk mempertahankan posisi pelabuhan peti kemas No. 1.

 

2.Port of Montreal

Pelabuhan Montreal termasuk ke dalam pelabuhan peti kemas utama Canada lainnya. Pelabuhan ini menangani sekitar 2,3 juta TEU yang digabungkan pada tahun 2012. Volume Port of Montreal mencapai 1,3 juta TEU, turun 3,1 persen dari 2011.

 

3.Prince Rupert Port (Caprr)

Sama dengan Pelabuhan Montreal, Pelabuhan Pangeran Rupert pun termasuk ke dalam pelabuhan peti kemas utama Canada. Pada tahun 2011, volume Montreal turun 3,1 persen sementara Rupert Prince melonjak 37,6 persen menjadi 564.828 TEU. Dalam dekade terakhir, pelabuhan ini menjadi pelabuhan paling cepat berkembang di Canada.

 

4.Port Of Halifax (Cahal)

Volume di Port of Halifax, pelabuhan peti kemas utama Kanada yang paling timur, melonjak 17,4 persen pada paruh pertama 2013. Pengiriman Asia yang tiba di Halifax melalui rute Terusan Suez menjadi semakin penting ke pelabuhan selama beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, 48 persen kargo peti kemas pelabuhan dikirim ke atau dari Asia, kata juru bicara pelabuhan Michele Peverin.

 

Baca Juga: Cara Mengekspor Barang Keluar Negeri dengan Mudah – Mister Exportir

 

Selain pelabuhan, Canada juga mengirimkan komoditas-komoditasnya melalui jalur udara. Berikut ini bandara kargo Canada:

1.Toronto Pearson International Airport(Yyz)

2.Vancouver International Airport (Yvr)

3.Montreal-Mirabel (Ymx) International Airport

4.Montreal-Trudeau International Airport (Yul)

 

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Canada yang luar biasa. Bagaimana Sobat Mister Exportir? Sangat menakjubkan sekali bukan komoditas-komoditas yang ada di Canada Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua mengenai dunia ekspor dan impor ya. Salam Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com