Kelebihan Ekspedisi Laut untuk Para Pelaku Ekspor Impor

Kelebihan Ekspedisi Laut untuk Para Pelaku Ekspor Impor

Apa yang membuat banyak pebisnis menyukai ekspedisi laut? Meskipun memiliki waktu pengiriman yang cukup lama, namun ternyata ada banyak kelebihan ekspedisi laut yang membuat para pebisnis tetap menggunakannya.

Nah, bagi Kamu yang hendak melakukan pengiriman dalam skala besar, disarankan menggunakan ekspedisi laut. Mengapa? Berikut ulasan singkat terkait kelebihan ekspedisi laut dibanding yang lain.

Baca juga : Potensi Ekspor ke Korea Selatan

Istilah yang sering digunakan dalam ekspedisi ekspor impor

Sekarang kegiatan ekspor impor mulai banyak dilirik oleh para pebisnis muda. Artinya jalur ekspedisi pun akan kian ramai. Untuk kegiatan ekspor impor tersebut, ada 3 jalur yang digunakan yakni jalur darat, laut dan udara.

Bagi para pebisnis pemula, tentu akan sangat awam mendengar istilah-istilah yang berhubungan dengan cargo. Padahal istilah ini nantinya harus benar dipahami khususnya bagi pebisnis yang hendak terjun ke dunia ekspor impor.

Berikut beberapa istilah yang sangat sering ditemui:

Full Container Loaded atau FCL

Ini adalah jenis pengiriman yang mana pengirim menyewa 1 kontainer penuh. Artinya barang dalam satu kontainer ini adalah milik satu orang. FCL menjadi solusi bagi barang yang membutuhkan perlakuan khusus seperti minyak, produk elektronik, ikan segar, buah, sayur, hingga barang yang mudah terbakar.

Layanan ini biasanya digunakan oleh mereka yang hendak melakukan pengiriman dalam jumlah besar.

Less Container Loaded atau LCL

Berbeda dengan FCL, CLC merupakan jenis pengiriman yang mana dalam 1 kontainer terdapat banyak jenis barang dari banyak pengirim. Biasanya barang yang masuk dalam LCL barang berskala kecil sehingga digabungkan dengan milik customer lainnya.

Sayangnya metode ini memiliki kelemahan yakni barang yang sering tertukar karena bercampur baur dalam 1 kontainer.

Door to Door Service

Ini adalah cara atau layanan barang yang sangat praktis yakni barang akan dijemput jasa ekspedisi dan langsung dikirimkan ke alamat penerima.

Port to Port

Disini kita harus mengirimkan barang ke gudang ekspedisi dan nantinya barang dikirimkan hanya sampai ke bandara atau pelabuhan yang dituju. Selanjutnya nanti penerima yang akan menjemput barang tersebut.

Kelebihan Ekspedisi Laut

Pengiriman jalur laut

Tak sedikit yang lebih memilih menggunakan jalur ekspedisi laut dibandingkan jalur udara ataupun darat. Hal ini tak lepas dari klaim kelebihan dari jalur laut sendiri diantaranya adalah:

Prosedur yang lebih mudah

Pengiriman ekspor atau impor menggunakan jalur laut bisa dikatakan lebih mudah. Proses administrasi dan pemberkasan dokumen tak serumit jalur ekspedisi lainnya. Prosedur yang mudah inilah yang membuat banyak pebisnis lebih memilih menggunakan jalur laut ketika berurusan dengan bea cukai.

Hemat biaya untuk pengiriman jumlah besar

Jika dibandingkan dengan jalur ekspedisi lainnya, jalur laut memiliki biaya yang lebih terjangkau. Paket yang diterimapun bisa dalam dimensi besar. Intinya, jika Kamu adalah seorang pebisnis yang ingin mengirim barang skala besar, maka jalur laut bisa dijadikan pertimbangan untuk menekan biaya transportasi.

Hanya saja Kamu juga harus mempertimbangkan lama pengiriman. Pengiriman jalur laut memakan waktu yang lumayan lama sehingga jika barang harus segera digunakan, artinya Kamu harus beralih ke jalur udara.

Mampu menjangkau semua kawasan

Salah satu kelebihan menggunakan ekspedisi laut yakni kemampuannya untuk meng-cover semua kawasan meski daerah pelosok. Bahkan pengiriman jalur laut mampu mengirimkan barang hingga ke pulau terjauh di luar negeri sekalipun. Jadi bagi Kamu yang memiliki pelanggan yang tinggal di kawasan terpencil, jalur laut bisa dijadikan alternatif.

Selain itu ekspedisi laut juga akan sangat menguntungkan untuk melakukan pengiriman sekaligus ke beberapa negara.

Bisa mengirim semuanya

Kelebihan ekspedisi laut yakni mampu mengirim semua jenis barang. Hal ini berbeda dengan ekspedisi darat atau udara yang memberi persyaratan khusus untuk jenis barang yang bisa dikirim, maka jalur laut tidak.

Ekspedisi ini menerima semua jenis barang dalam skala besar mulai dari barang elektronik, cairan bahan kimia, bahan yang mudah meledak, parfum, dan lain sebagainya.

Banyak ruang cargo

Kelebihan ekspedisi laut lainnya yakni tersedianya ruangan cargo yang tak terbatas. Jika Kamu hendak mengirimkan barang bervolume kecil maka ekspedisi udara adalah solusi terbaik, namun jika barang yang Kamu kirim atau terima memiliki volume yang besar, maka ekspedisi laut adalah solusi terbaik.

Armada laut menawarkan ruang tak terbatas sehingga dikatakan lebih fleksibel jika berkaitan dengan dimensi, ruang dan berat. Selain itu semua jenis barang pun bisa diangkut menggunakan armada laut. Bahkan alat berat sekalipun.

Kekurangan ekspedisi laut

Setiap ekspedisi pasti punya kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan ekspedisi laut. Berikut beberapa kekurangan dari ekspedisi laut yang perlu kita ketahui:

Pengiriman yang lama

Jika dibandingkan dengan ekspedisi darat ataupun udara, ekspedisi laut memiliki waktu terlama untuk pengirimannya. Bahkan meskipun tidak terlalu banyak transit, pengiriman akan tetap lama.

Jadi jika Kamu membutuhkan barang dalam jangka waktu dekat, hindari menggunakan ekspedisi laut. Gunakan ekspedisi udara. Memang lebih mahal namun barang akan cepat sampai.

Bergantung pada kondisi alam

Salah satu faktor yang menjadi penyebab utama pengiriman yang sangat lama dari ekspedisi laut adalah faktor kondisi alam. Cuaca akan sangat berpengaruh dalam jalannya pelayaran sehingga tak jarang barang yang mengalami keterlambatan.

Risiko barang tertukar

Salah satu risiko ekspedisi laut yakni barang yang tertukar. Hal ini bisa saja terjadi jika pengirim menggunakan layanan kontainer yang bercampur dengan barang kiriman orang lain. Namun jika Kamu menyewa layanan kontainer penuh, maka hal ini tak akan terjadi.

Jenis pengiriman ekspedisi laut

Jenis pengiriman yang digunakan oleh ekspedisi laut biasanya akan dibedakan berdasar dari variasi kapal yang nantinya dipilih. Misalnya dengan kontainer atau peti kemas, dengan kargo atau kapal barang, dengan kapal Roro atau kapal cepat, dan terakhir dengan kapal Pelni.

Berdasarkan dari jenis kapalnya, ekspedisi laut juga masih dibedakan lagi menjadi dua yakni kapal linier dan kapal trampler. Kapal linier secara umum memiliki biaya, jadwal dan tujuan yang tetap, sedangkan kapal trampler umumnya bisa berubah-ubah.

Kapal trampler seringkali digunakan untuk pengiriman ekspor impor baik itu antar pulau atau antar negara.

Mister Exportir: Partner Ekspedisi Barang Terpercaya dan Terbaik

Jika Kamu saat ini tengah melirik bisnis ekspor dan impor, pastikan memilih partner yang tepat untuk urusan pengiriman barang baik itu ekspedisi laut ataupun udara. Mister Exportir misalnya.

Mister Exportir merupakan jasa export untuk barang dan produk berkualitas yang telah banyak bekerjasama dengan supplier pabrik serta UMKM seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, Mister Exportir juga memiliki custom clearance, undername dan jasa logistik yang akan membantumu dalam proses administrasi barang untuk keperluan ekspor dan impor.

Mister Exportir juga akan membantumu mendapatkan banyak buyer dari luar negeri. Menarik bukan?

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge