Inilah 10+ Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia, Lengkap!

Inilah 10+ Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia, Lengkap!

Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia- Indonesia telah lama menjadi pelaku ekonomi internasional. Hal ini telah dibuktikan dengan aktifnya Indonesia dalam kegiatan ekspor maupun impornya. Negara-negara yang digandeng sebagai rekan kerja samanya juga telah menyebar luas. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa memang produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara lainnya.

Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia-Mister Exportir

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki banyak sekali komoditi yang diekspor ke luar negeri. Komoditi industri seperti pakaian jadi hingga komoditas kerajinan tangan pun banyak diminati oleh konsumen luar negeri. Selain itu, komoditas rempah-rempah yang dimiliki Indonesia juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu jenis rempah-rempah yang banyak sekali diekspor adalah jahe.

Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia-Mister Exportir

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jahe dan negara tujuan ekspor jahe Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengupas secara tuntas apa saja hal yang membuat jahe sangat laku di pasar global. Selain itu, untuk mengetahui ke mana saja jahe-jahe ini diekspor. Simak pembahasannya berikut ini.

Jahe dan Manfaatnya

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat terkenal di kalangan rempah-rempah dan bahan obat. Rimpang yang dimilikinya berbentuk jemari yang menggelembung di ruas-ruas tengah. Tanaman ini dapat dimanfaatkan ke dalam beberapa olahan yang berbeda di setiap negara.

Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia-Mister Exportir

Masyarakat barat memanfaatkan jahe untuk menjadikannya sebagai ginger ale dan menjadi produk yang sangat digemari. Sedangkan warga Jepang dan Tiongkok mengolahnya menjadi asinan jahe. Oleh karena itu, jahe sangat digemari oleh masyarakat Tiongkok, Eropa, dan Jepang.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, jahe diolah menjadi beberapa minuman yang terkenal dengan khasiatnya. Jenis-jenis minuman tersebut adalah sekoteng, bandrek, dan wedang jahe yang banyak digemari masyarakat. Kebanyakan masyarakat pegunungan meminumnya untuk memberikan rasa hangat di malam hari.

Daerah Penghasil Jahe di Indonesia

Daerah penghasil jahe terbesar di Indonesia pada umumnya masih dibudidayakan oleh beberapa petani yang berada di Pulau Jawa. Hal ini juga menyebabkan jahe yang diproduksi dari Pulau Jawa memiliki kualitas yang tinggi. Bahkan, tidak hanya jahe yang dibudidayakan di sana, tanaman rempah-rempah lain pun dibudidayakan di sana. Namun, produk jahe dari daerah selain Pulau Jawa pun memiliki kualitas yang sama bagusnya.

Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia-Mister Exportir

Dari kedua hal tersebut, terdapat beberapa daerah yang menghasilkan jahe untuk kemuadian diekspor. Di antara daerah-daerah tersebut adalah:

  1. Bogor, Jawa Barat
  2. Tasikmalaya, Jawa Barat
  3. Sukabumi, Jawa Barat
  4. Temanggug, Jawa Tengah
  5. Ngawi, Jawa Timur
  6. Ponorogo, Jawa Timur
  7. Maelang, Jawa Tengah
  8. Medan, Sumatera Utara
  9. Magelang, Jawa Tengah
  10. Provinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah
  11. Kabupaten Bandung

Pada bulan Juni 2019 kemarin, produk jahe dari Kabupaten Bandung ini telah diekspor hingga ke Bangladesh sebanyak 54 ton dengan nilai Rp 680 juta. Hal ini menyebabkan nilai ekspor yang dimiliki oleh kabupaten Bandung meningkat higga Rp 3,3 triliun.

Inilah 10+ Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia, Lengkap!

Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia-Mister Exportir

Nah, setelah mengetahui jahe, manfaatnya, dan daerah yang menghasilkannya di Indonesia, pembahasan kali ini adalah mengenai negara tujuan ekspor jahe Indonesia. Beberapa waktu lalu, Dirjen Hortikultura, Suwandi, membeberkan 26 negara tujuan ekspor jahe Indonesia. Negara-negara yang disebutkan ialah:

  1. Jepang
  2. Hongkong
  3. Korea
  4. Taiwan
  5. Tiongkok
  6. Singapore
  7. Filipina
  8. Malaysia
  9. Vietnam
  10. India
  11. Bangladesh
  12. Iraq
  13. Iran
  14. UEA
  15. Qatar
  16. Australia
  17. Timor Leste
  18. USA
  19. UK
  20. Netherlands
  21. France
  22. Jerman
  23. Belgia
  24. Swiss
  25. Czech
  26. Serbia

Hal ini disampaikannya pada saat akan melakukan ekspor 500 ton jahe ke Bangladesh. Menurut Kementan, kualitas jahe Indonesia lebih baik jika dibandingkan jahe Vietnam dan Thailand menyangkut kandungan minyak atsiri, pati, dan seratnya. Sehingga, jahe Indonesia lebih banyak dicari oleh negara-negara tersebut. Selain itu, jahe merupakan produk dengan nilai ekonomi cukup tinggi karena memiliki banyak manfaat.

Nah, demikianlah pembahasan artikel mengenai negara tujuan ekspor jahe Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com