Harga Cuka Apel Kualitas Ekspor

Harga Cuka Apel Kualitas Ekspor

Cuka Apel atau biasa juga disebut apple cider vinegar merupakan jenis cuka yang sering digunakan sebagai pelengkap masakan di seluruh dunia. Biasanya cuka jenis ini digunakan sebagai dressing salad, minuman atau pengawet makanan. Oleh karenanya, harga cuka apel kualitas ekspor dicari untuk patokan ekspor barang ini.

Cuka Apel

Cuka Apel
gambar: pxhere

Cuka Apel atau Cuka sari Apel  merupakan fermentasi dari buah apel yang dibuat secara dihancurkan dan akan menghasilkan sari apel, setelah mendapat cairan apel tersebut kemudian proses selanjutnya ialah menambahkan bakteri, gula dan ragi ke dalam cairan sari apel guna menghasilkan proses fermentasi alkohol.

Pada proses fermentasi kedua alkohol akan berubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat.

Harga Cuka Apel Ekspor

Berikut ini adalah harga cuka apel dengan kualitas ekspor

ProdukJumlahHarga
Cuka Apel Bubuk Food Grade1 kgRp 140.000
Cuka Apel Bubuk Organik1 kgRp 150.000
Cuka Apel Murni900 mlRp 130.000

Kandungan Cuka Apel

Kandungan Cuka Apel
gambar: pixabay

Cuka apel merupakan minuman yang diperoleh dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses tersebut, kandungan gula pada apel berubah menjadi asam asetat yang mana asam asetat tersebut adalah bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel ini kaya manfaat.

Selain memiliki kandungan asam asetat, cuka apel juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, E, potasium, kalsium dan magnesium yang baik bagi tubuh.

Perbedaan Cuka Apel dan Cuka Putih

Pada dasarnya cuka memiliki berbagai macam jenis berdasarkan bahan utama yang di pakai, ada jenis cuka tertentu yang dibuat dari bahan rempah-rempah, buah-buahan serta biji-bijian.

Namun di Indonesia sendiri cuka putih merupakan cuka yang paling umum digunakan di masakan indonesia, cuka ini dapat kamu temui di dapur rumah atau di warung makan.

Meskipun sama-sama termasuk dalam jenis cuka, cuka apel dan cuka putih memiliki perbedaan yakni pada proses pembuatannya. Cuka putih di buat melalui gula yang difermentasi menjadi alkohol kemudian disuling menjadi asam asetat. Untuk tingkat keasamanya sekitar 5%.

Sedangkan cuka apel mempunyai cita rasa yang halus karena jenis cuka ini terbuat dari fermentasi sari apel. Warna dari cuka apel ini agak kekuningan hingga kecoklatan serta memiliki rasa manis, kecut dan segar. Cuka apel cocok digunakan sebagai dressing salad dan bumbu marinasi

Manfaat Cuka Apel

Sudah berabad-abad lamanya masyarakat yunani kuno mengobati luka mereka dengan menggunakan cuka apel

Cuka apel sendiri memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain membantu masalah pencernaan (diare) atau infeksi bakteri karena sifat antibiotik yang dikandungnya, selain dipercaya menjadi obat diare terdapat juga manfaat lain pada cuka apel bagi kesehatan antara lain

Menurunkan Berat Badan

Cuka apel dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, menurut sebuah penelitian bahwa orang yang mengkonsumsi 2-4 sendok makan campuran apel dan air setiap hari dapat dipercaya membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Meskipun dapat dipercaya dalam menurunkan berat badan, sahabat exportir jangan lupa agar selalu menjaga pola makan serta rajin berolahraga ya

Membuat Kenyang

Selain di percaya dalam menurunkan berat badan, cuka apel ternyata dapat dipercaya dapat membuat kenyang. Sebuah penelitian uji klinis dengan melibatkan para partisipan untuk mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dengan cuka apel.menunjukan bahwa hasil dari peserta yang mengkonsumsi cuka apel merasa lebih cepat kenyang.

Meskipun demikian waktu dalam uji klinis tersebut tergolong singkat, maka manfaat cuka apel untuk membuat seseorang lebih kenyang belum bisa dipastikan akan kebenaran tersebut. Hal ini masih dibutuhkan uji klinis lebih lanjut dengan melibatkan para partisipan yang banyak untuk membuktikan hal ini

Mengatasi Diare

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa cuka apel bisa digunakan untuk mengatasi diare, karena di dalam kandungan cuka apel terdapat senyawa pektin yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus.

Bakteri tersebut sangat baik bagi pencernaan dan juga baik dalam hal mencegah peradangan pada organ. Dalam sebuah penelitian ditemukan kandungan antibiotik alami pada cuka apel yang dapat membunuh bakteri E.coli dan Salmonella.

Menurunkan Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Kadar gula yang tinggi atau istilah lainya diabetes dapat menyebabkan berbagai penyakit antara lain serangan jantung. stroke, gagal ginjal dan kebutaan.

Cuka apel dapat dipercaya memberikan manfaat bagi penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam darah setelah makan

Bagi penderita diabetes waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi cuka apel adalah sebelum makan dengan cara mencampurkan cuka apel sebanyak 2 sendok teh dengan air

Membersihkan dan Merawat Wajah

Selain mempunyai beragam kesehatan bagi tubuh, manfaat lain cuka apel yaitu dapat membersihkan dan merawat wajah.

Jenis cuka alami dan natural dipercaya untuk membantu menyerap minyak berlebih pada jerawat.

Membunuh kuman pada makanan

Kandungan asam asetat yang terkandung pada cuka apel dapat mematikan kuman dan mencegahnya berekembang biak, sehingga makanan yang kita konsumsi akan menjadi higienis.

Cuka apel ini cocok dikonsumsi bersamaan dengan makanan sayur seperti salad dan lalapan

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lain cuka apel adalah dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi dari harvard telah membuktikan bahwa wanita yang sering memakan salad dengan cuka apel memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung koroner.

Hal ini karena cuka apel mengandung senyawa asam linolenik alfa yang baik untuk kesehatan jantung.

Tips Memilih Cuka Apel Dengan Kualitas Baik

Cuka apel sangatlah mudah kamu dapatkan di berbagai supermarket ataupun di marketplace online. Namun untuk mencari cuka apel dengan kualitas terbaik kita harus pandai-pandai dalam memilih

Bagi sahabat exportir yang ingin mencari cuka apel dengan kualitas terbaik pilihlah cuka apel organik yang belum dipasteurisasi dan belum disaring, karena cuka apel yang belum di pasteurisasi dan belum disaring akan terbebas dari pestisida.

Cara Mengkonsumsi Cuka Apel

Cara Mengkonsumsi Cuka Apel
gambar: freepik

Agar tidak salah dalam mengkonsumsi cuka apel, Kamu bisa mencoba cara dibawah ini agar mendapat hasil yang maksimal :

1 Campur dengan madu

Madu dan cuka apel merupakan kombinasi yang pas untuk menurunkan berat badan. Cuka apel dapat menghancurkan makanan yang ada di dalam usus sedangkan madu sendiri dapat mengurangi lemak di dalam tubuh

Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dan 2 sendok madu ke dalam cangkir yang berisikan air hangat.

2. Campur dengan Air Putih

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengkonsumsi cuka apel.

Campurkan 1 sendok cuka apel dengan segelas air, aduk menggunakan sendok dan biarkan cuka apel larut dengan air, lalu minum sebelum makan

3. Gunakan sebagai dressing salad

Untuk yang gemar mengkonsumsi sayur atau buah cara ini adalah cara yang tepat sebagai dressing salad karena dengan mencampurkan cuka apel ke dalam salad di percaya dapat menurunkan kadar gula pada darah agar mempercepat proses penurunan berat badan

Efek samping cuka apel

Dari banyaknya manfaat dan khasiat cuka apel, jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, cuka apel ini dapat memberikan efek samping bagi beberapa orang, yakni kerusakan enamel gigi karena tingkat keasamannya.

Selain itu di beberapa orang mungkin saja jika mengkonsumsi cuka apel dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena tingkat keasaman yang terkandung pada cuka apel dapat memperparah kondisi seseorang yang mempunyai maag atau mual.

Untuk mengurangi resiko efek samping tersebut sebaiknya jangan langsung minum cuka apel tanpa bahan campuran seperti air,teh atau salad, karena mengkonsumsi cuka apel murni langsung dapat menyebabkan efek samping seperti yang di sebutkan di atas.

Selain itu batasilah mengkonsumsi cuka apel agar terhindar dari efek samping dan pastikan kamu makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi cuka apel ini

Itulah informasi tentang harga cuka apel kualitas ekspor serta manfaat dan khasiatnya. Ada pula bumbu dapur lain yang diekspor seperti lada putih. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh