Ini 10 Produk Makanan Unggulan Indonesia di Luar Negeri

Ini 10 Produk Makanan Unggulan Indonesia di Luar Negeri

Apakah Kamu memiliki produk makanan dan ingin masuk ke pasar Internasional? Nah, sebelumnya Kamu harus tahu apa saja produk makanan unggulan Indonesia di luar negeri. 

Indonesia banyak mengekspor produk makanan, namun diantara begitu banyak ekspor produk ini, beberapa jenis diantaranya menjadi produk unggulan atau menjadi produk yang paling banyak dicari oleh negara lain. 

Cita rasa yang khas, kualitas dan harga menjadi alasan utama produk makanan dari Indonesia menjadi sangat diminati. Lantas apa saja produk makanan unggulan Indonesia yang sangat diminati di pasar Internasional? Berikut diantaranya!

Baca juga : Negara Pengimpor Minyak Mentah Indonesia

Produk Makanan Unggulan Indonesia di Luar Negeri

permen

  1. Udang Kemasan

    Permintaan akan udang kemasan asal Indonesia terbilang sangat tinggi. Negara dengan permintaan tertinggi untuk produk makanan ini antara lain Amerika Serikat dan Jepang. Pasar untuk udang kemasan di Amerika Serikat mencapai angka 78,8 persen, sedangkan Jepang 11 persen. Selanjutnya pasar udang kemasan juga diminati oleh negara lainnya yakni Belanda, Puerto Rico dan Inggris.

  2.  Kopi Instan

    Kopi instan menjadi salah satu komoditas makanan terlaris di pasar Internasional. Negara tujuan ekspor terbesar untuk kopi instan yakni Filipina dengan presentase mencapai 72,9 persen. Setelah itu disusul oleh Malaysia dengan 7,2 persen, dan Uni Emirat Arab pada angka 3,3 persen.
    Rasa kopi yang lezat dengan aroma yang harum membuat produk ini diakui oleh dunia. Kopi instan asal Indonesia memiliki banyak variasi rasa yang sangat khas.

  3. Mie Instan

    Di Indonesia, mie instan menjadi primadona sajian cepat untuk segala usia dan kalangan. Nah, hal ini juga terjadi pada mie instan asal Indonesia di pasar internasional. Mie instan di luar negeri dianggap sebagai hidangan lezat dan mewah.
    Menariknya, bandrol harga untuk sajian mie instan di luar negeri terbilang cukup tinggi dibandingkan di negara asalnya, Indonesia.  

  4. Makanan ringan

    Produk makanan ringan seperti wafer, keripik, dan biskuit menjadi salah satu komoditas paling laris di pasar Internasional. Kesuksesan ini tak jauh dari peran UMKM yang berani memberikan inovasi pada produk makanan ringan mereka.
    Inovasi tak hanya seputaran penggunaan bahan yang unik dan rasa yang khas, namun juga dari kemasan.
    Beberapa negara yang potensial dijadikan sebagai tujuan ekspor antara lain Singapura, Malaysia, Filipina dan China. 

  5. Camilan buah

    Produk makanan seperti manisan dan olahan kacang juga menjadi salah satu produk makanan unggulan Indonesia. Jika Kamu melirik pasar internasional, maka jenis produk satu ini bisa jadi rekomendasi. 

  6. Saus

    Rasa saus Indonesia sangat khas dan dijamin berbeda dari negara lain. Sebab, rasa saus d Indonesia secara umum terinspirasi dari jenis sambal asli Indonesia. Misalnya saus sambal terasi, saus sambal matah, dan lain sebagainya. 

  7. Produk olahan coklat

    Produk coklat dari Indonesia terbilang salah satu yang mampu bersaing dengan negara-negara lain. Produk ini biasanya digunakan oleh mereka yang berbisnis kue, biskuit, minuman instan dan lain sebagainya. 

  8. Jus buah

    Tahukah Kamu jika banyak buah asal dari Indonesia yang sulit ditemukan di negara lain? Nah, Kamu bisa manfaatkan ini dengan membuat produk minuman jus buah tropis seperti durian, manggis, mangga hingga nanas. 

  9. Permen

    Permen atau kembang gula asal Indonesia saat ini juga tengah masuk pasar internasional. Peminatnya juga cukup tinggi sehingga Kamu mungkin bisa mencobanya. 

  10. Olahan makanan dari tepung

    Berbagai olahan makanan dengan bahan baku tepung menjadi salah satu yang diminati. Beberapa diantaranya yakni frozen food, camilan dan makanan kering.

Negara potensial untuk aktivitas ekspor

Produk makanan Indonesia menjadi primadona di berbagai negara. Setidaknya pada catatan ekspor tahun 2020 lalu tercatat ada 15 negara yang sangat berpotensial sebagai negara tujuan ekspor makanan Indonesia. 

Ke-15 negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, China, Thailand, Australia, Belanda, Vietnam, Arab Saudi, Burma, Nigeria, Korea Selatan dan Taiwan. Ke-15 negara tersebut tercatat berkontribusi sebesar 81,04 persen total ekspor makanan di tahun 2020 lalu. 

Ekspor Produk Makanan dengan Mudah dan Aman bersama MisterExportir

Bagi Kamu yang tengah melirik pangsa pasar luar negeri untuk memasarkan produk makananmu, Kamu bisa bekerjasama dengan Mister Exportir. Mister Exportir merupakan jasa ekspor barang profesional yang memiliki jasa khusus pengiriman makanan ke luar negeri.

Bersama Mister Exportir, Kamu tak perlu bingung terkait cara pengiriman dan pemberkasan karena semua telah di handle oleh ahlinya. 

Jadi, sekaranglah saatnya melebarkan sayap bisnismu hingga ke luar negeri. Capai pasar tak terbatas bersama Mister Exportir.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge