Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Cara Penyusunan Barang di Gudang

Cara Penyusunan Barang di Gudang

Penyusunanan barang sebenarnya menjadi salah satu manajemen penting yang perlu kita lakukan jika kita ingin memiliki hidup yang lebih teratur. Dengan menyusun barang secara teratur, maka kita akan lebih mudah menemukan barang yang akan kita inginkan jika kita membutuhkannya.

Hal ini juga penting dilakukan apabila kita kebetulan memiliki usaha yang memungkinkan kita untuk memiliki gudang khusus penyimpanan barang barang produk usaha kita. Tentunya akan sangat membingungkan jika kita tidak menyimpan dan menyusun barang kita dengan rapih dan teratur.

Itulah mengapa cara penyusunan barang di gudang sebenarnya tidaklah bisa kita lakukan secara asal. Ada beberapa tips dan juga pengkategorian yang akan memudahkan kita dalam menemukan barang yang nantinya akan kita butuhkan.

Coba bayangkan jika dalam usaha anda, dan anda tidak menyusun barang di gudang anda secara teratur, maka anda akan memakan waktu untuk menemukannya. Hal ini juga berlaku pada kehidupan normal kita. Jadi tidak ada salahnya mengetahui beberapa cara penyusunan barang di gudang yang cukup penting ini.

Tips dan Cara Penyusunan barang di gudang yang teratur dan mudah untuk ditemukan

1. Susun barang sesuai dengan kategori dan jenisnya masing masing

Susun barang sesuai dengan kategori dan jenisnya masing masing
gambar: pixabay

Satu hal penting yang wajib untuk anda lakukan dalam cara penyusunan barang di gudang yang benar adalah menyusun barang sesuai denga jenis atau kategorinya masing masing. Sebagai contoh, jangan mencampurkan dua barang yang berbeda di dalam satu tempat.

Misalnya anda menyusun lampu dan setrika di dalam satu kabinet atau tempat yang sama. Ini harus anda hindari karena akan membuat penyusunan barang menjadi berantakan dan tidak teratur.

2. Letakan barang sesuai dengan letaknya masing masing

Seetelah cara penyusunan barang di gudang yang pertama, selanjutnya kita akan masuk ke cara berikutnya yang lebih spesifik yaitu penempatan letak di gudangnya.

Sering kali kita asal meletakan barang di dalam gudang dengan tidak mengindahkan tata letaknya. Ini menjadi kesalahan yang cukup fatal karena nantinya akan mempersulit dalam pengambilan barang jika dibutuhkan. 

Akan sangat bijak untuk menempatkan benda benda yang besar dan susah untuk diambil dekat dengan pintu utama gudang, sementara barang barang kecil yang lebih mudah pengambilannya diletakan lebih dalam.

Dengan demikian, jika dibutuhkan maka barang barang besar akan lebih mudah diambil, sementara barang kecil akan tetap mudah untuk diambil jika diperlukan.

3. Gunakan label dan beri angka atau nama untuk mempermudah pencarian barang anda

Gunakan label dan beri angka atau nama untuk mempermudah pencarian barang anda
gambar: pixabay

Salah satu cara penyusunan barang di gudang yang cukup baik untuk anda terapkan adalah dengan memasang label pada kotak penyimpanan barang di gudang anda (apabila anda menyimpan barang anda di dalam kotak).

Tujuan pemasangan label ini adalah untuk mempermudah anda mengetahui dan mengidentifikasi barang apa yang anda cari. Untuk penyusunan yang lebih kompleks, akan lebih baik lagi selain label juga diberikan tambahan nomor sehingga anda bisa mengecek kelengkapan barang anda di dalam gudang.

4. Sisakan ruang untuk setiap penyusunan barang anda di gudang

Pada akhirnya, cara penyusunan barang di gudang yang terakhir ini cukup penting. Anda wajib memberikan sisa ruang atau spasi untuk setiap penyusunan barang anda di gudang.

Jangan sampai anda meletakan barang anda secara berjejer tanpa memberikan spasi. Karena ini akan mempersulit dan memakan waktu anda untuk mengambilnya jika nanti anda membutuhkan barang tersebut.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com