Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam yang Tak Banyak Orang Tahu, Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam yang Tak Banyak Orang Tahu, Lengkap!

Komoditas ekspor impor Brunei Darussalam sangat menarik untuk disimak. Pasalnya, negara ini menjadi salah satu negara dengan tingkat perekonomian yang cukup tinggi di kawasan Asia Tenggara yang penting sebagai mitra perdagangan.

Sama seperti negara lain pada umumnya, Brunei Darussalam terlibat secara aktif dalam kegiatan perdagangan internasional yang mencakup ekspor impor dengan banyak negara lain di dunia. Brunei mengirimkan komoditasnya ke luar negeri, dan juga menerima berbagai barang ke negaranya.

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Eksortir

Nama negara Brunei Darussalam memang sudah sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia. Hal ini karena sejak sekolah dasar kita sudah diperkenalkan dengan negara-negara kawasan Asia Tenggara yang jaraknya berdekatan dengan Indonesia.

Meski begitu, mungkin sebagian besar masyarakat hanya familiar dengan nama negaranya saja dan belum mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi serta kekurangan dan kelebihan negara tersebut.

Sebagai salah satu negara yang cukup makmur, Brunei Darussalam memiliki posisi yang penting dan merupakan salah satu mitra dagang Indonesia yang cukup besar.

Brunei Darussalam adalah negara yang luas wilayahnya terhitung kecil, yaitu hanya sekitar 5.765 kilometer persegi. Bahkan, negara ini masuk ke dalam jajaran negara terkecil di Asia yang menduduki posisi keempat.

Meskipun luas wilayahnya kecil, namun Brunei Darussalam memiliki sumber daya alam yang sangat penting bagi dunia. Salah satu sumber daya alam utama negara ini adalah minyak dan gas bumi yang hasilnya sangat penting untuk kesejahteraan ekonomi dan masyarakat Brunei Darussalam.

Untuk lebih mengenal negara ini, Mister Exportir punya sederet informasi seputar komoditas ekspor impor Brunei Darussalam yang sangat menarik untuk disimak, berikut ini.

Selayang Pandang Mengenai Ekspor Brunei Darussalam

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Exportir

Brunei Darussalam adalah negara kesultanan Islam independen yang terletak di pantai utara pulau Kalimantan di kawasan Asia Tenggara. Brunei mencapai kemerdekaan pada tahun 1984, serta merupakan anggota Persemakmuran dan ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara).

Perekonomian Brunei hampir sepenuhnya bergantung pada eksploitasi cadangan minyak dan gas alamnya yang besar. Meskipun sektor  minyak dan gas membuat pendapatan per kapita warga Brunei menjadi salah satu yang tertinggi di Asia, sektor tersebut juga telah membuat negara ini bergantung pada satu komoditas yang tunduk pada fluktuasi pasar.

Selain itu, Brunei harus bergantung pada impor untuk hampir semua barang manufaktur dan sebagian besar makanannya. Dalam upaya menjamin stabilitas ekonomi negara, pemerintah Brunei Darussalam sejak akhir abad ke-20 berupaya melakukan diversifikasi ekonomi dengan mengembangkan sektor-sektor lain, seperti pertanian, perikanan, pariwisata, dan jasa keuangan.

Brunei Darussalam memiliki populasi penduduk sebanyak 411,900 jiwa. Selain itu, negara ini juga terkenal dengan hasil ekspornya. Di antara komoditas ekpor yang dimilikinya adalah sebagai berikut:

Minyak Bumi

Brunei Darussalam adalah produsen minyak bumi terbesar ketiga di Asia Tenggara dan menghasilkan 163.000 barel per hari. Negara ini juga merupakan produsen gas alam cair terbesar keempat di dunia. Penjualan minyak bumi menyumbang hampir 92% dari total pendapatan nasional Brunei Darussalam.

Gas Bumi

Penambangan gas alam dan minyak ini dilakukan di darat dan lepas pantai. Hampir semua gas asli Brunei dicairkan di Loji Gas Asli Cecair Shell Brunei yang dibuka pada tahun 1972 dan merupakan salah satu perusahaan gas alam cair (LNG) yang terbesar di dunia.

Minyak mentah dan gas alam cair merupakan ekspor utama Brunei Darussalam. Kedua sektor ini menyumbang sekitar 36% dari Produk Domestik Bruto negara itu pada tahun 1996 dan terus berlanjut sampai sekarang.

Per 2019, Brunei memiliki cadangan gas sebesar 8,3 triliun kaki kubik. Total produksi gas di Brunei pada 2019, adalah 13,0 bcm, di mana 8,8 bcm diekspor sebagai LNG (5,9 bcm ke Jepang, 0,8 bcm ke China, 1,0 bcm ke Malaysia, 0,8 bcm ke Korea Selatan, dan 0,3 ke Thailand). Pada tingkat produksi saat ini, cadangan gas Brunei tercatat memiliki produksi 22 tahun pada 2017.

Produk Karet

Selain minyak bumi dan gas alam, komoditas ekspor kedua yang terbesar dari Brunei Darussalam adalah karet. Produksi karet alam Brunei Darussalam berada pada level 263 ton pada tahun 2020, naik sebesar 0,77% dari 261 ton tahun sebelumnya.

Bearnya produksi karet Brunei Darussalam berasal dari luasnya ladang karet di negara ini yang mencapai13.000 ha.

Sektor Pariwisata

Seperti yang disebutkan di atas, pemerintah Brunei Darussalam mengembangkan berbagai sektor di samping gas alam dan minyak bumi, untuk mempertahankan perekonomian negara. Pariwisata menjadi salah satu sektor yang diunggulkan dalam program ini.

Pemerintah Brunei menganggarkan US$300.000 untuk pariwisata pada tahun 2015, dan ketentuan untuk pariwisata juga dibuat dalam Rencana Pembangunan Nasional (NDP). Brunei terkenal dengan ekowisata dan budaya, warisan dan pariwisata Islam.

Saat ini, Brunei menjadi sallah satu destinasi wisata yang populer terutama untuk tempat-tempat rohani Islam dan juga wisata alamnya yang sangat menarik. Oleh karena itu, sektor pariwisata menyumbang hingga 70% dari total pendapatan negara Brunei.

Fakta Sumber Daya Brunei Darussalam Lainnya

karet

Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan

Pertanian, perikanan, dan kehutanan, yang pernah menjadi andalan ekonomi Brunei, menurun nilainya setelah ditemukannya sumber daya minyak pada tahun 1920-an. Pada akhir abad ke-20, ketiga kegiatan ini hanya menyumbang sebagian kecil dari produk domestik bruto (PDB) dan menyerap sedikit tenaga kerja.

Menyadari kebutuhan untuk mendiversifikasi ekonomi dari produksi minyak bumi serta untuk mengurangi ketergantungan negara pada impor pangan, pemerintah Brunei kemudian memulai program untuk mengembangkan industri pertanian.

Pada awal abad ke-21, Brunei telah menjadi mandiri dalam produksi unggas dan telur dan mendekati swasembada sayuran. Meskipun beras yang ditanam secara lokal masih jauh dari kebutuhan dalam negeri, produksinya telah meningkat tajam.

Brunei adalah salah satu konsumen ikan per kapita terbesar di dunia. Impor ikan mencapai puncaknya pada pertengahan 1990-an. Dalam upaya menekan impor, pemerintah melakukan program untuk menggairahkan perikanan lokal.

Dalam satu dekade, Brunei memproduksi lebih banyak ikan di dalam negeri daripada yang diimpor. Namun, penangkapan ikan berlebihan telah menjadi perhatian di negara tersebut, terlepas dari penekanan pemerintah pada pembangunan berkelanjutan. Budidaya telah didorong di daerah yang dipilih dengan cermat.

Dengan tujuan melestarikan tutupan hutan yang melimpah di negara itu, Brunei memberlakukan undang-undang di akhir abad ke-20 untuk membatasi penebangan. Program perkebunan telah dilaksanakan untuk menyediakan kayu gergajian yang cukup untuk pasar lokal saja. Kayu tidak diekspor.

TOP 10 Komoditas yang Paling Banyak Diekspor Brunei Darussalam

Meskipun minyak dan gas alam adalah komoditas ekspor Brunei Darussalam yang utama, namun ternyata masih banyak komoditas lain yang diekspor oleh negara ini ke berbagai belahan dunia. Ekspor juga menjadi sumber pendapatan tersbesar Brunei sampai saat ini.

Nah, berikut ini merupakan daftar produk yang paling banyak diekspor oleh Brunei Darussalam di tahun 2020.

  1. Bahan bakar mineral, minyak mineral dan produk penyulingannya
  2. Bahan kimia organik
  3. Mesin, peralatan mekanik, reaktor nuklir, boiler; bagian-bagiannya
  4. Alat optik, fotografi, sinematografi, pengukuran, pemeriksaan, presisi, medis atau bedah
  5. Mutiara alam atau mutiara budidaya, batu mulia atau semi mulia, logam mulia
  6. Barang dari besi atau baja
  7. Pesawat udara, pesawat ruang angkasa, dan bagian-bagiannya
  8. Mesin dan perlengkapan listrik dan bagiannya
  9. Ikan dan krustasea, moluska dan invertebrata air lainnya
  10. Kapal, perahu, dan bangunan terapung

10+ Produk yang Diimpor Brunei Darussalam

Selain melakukan kegiatan ekspor, Brunei Darussalam juga melakukan kegiatan impor. Hal ini bertujuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat di negara tersebut. Berikut merupakan data produk yang diimpor oleh Brunei Darussalam.

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam- Mister Exportir

10+ Produk Brunei Darussalam yang Diimpor dari Indonesia

Sebagai negara yang cukup bergantung pada impor, Brunei Darussalam juga menjadi tujuan ekspor berbagai komoditas dari Indonesia. Ada berbagai jenis barang dari Indonesia yang menjadi unggulan di pasar Brunei. Berikut adalah tabel yang berisi data produk yang diimpor Brunei Darussalam dari Indonesia.

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Exportir

Akses Distribusi Kegiatan Ekspor Impor Brunei Darussalam

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Exportir

Secara historis, Brunei Darussalam bergantung terutama pada sungai dan lautnya untuk transportasi. Sungai tetap menjadi sarana transportasi utama ke pedalaman, tetapi jaringan jalan yang baik telah dibangun di daerah pesisir dan terus meluas ke pedalaman.

Brunei memiliki dua pelabuhan utama: pelabuhan laut dalam yang besar di Muara, di Teluk Brunei, dan pelabuhan yang lebih kecil di Kuala Belait, di muara Sungai Belait. Satu-satunya bandara internasional negara itu, yang terletak di Bandar Seri Begawan, adalah rumah bagi Royal Brunei Airlines.

Dari segi fasilitas kegiatan perdagangan internasionalnya, Brunei dapat diakses melalui banyak titik, dari udara, laut, dan darat. Berikut ini akses distribusi yang digunakan Brunei Darussalam dalam kegiatan ekspor dan impornya.

  1. Brunei International Airport yang terletak di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.
  2. Muara International Seaport.

Perdagangan Internasional di Brunei Darussalam

brunei

Sektor perdagangan internasional menjadi salah satu yang terpenting bagi perekonomian Brunei Darussalam. Baik ekspor maupun impor, keduanya menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan negara tersebut.

Dari sektor ekspornya, Brunei Darussalam menjalin hubungan erat dengan negara Jepang, Singapura, Tiongkok, Malaysia, dan India. Kelima negara tersebut merupakan tujuan utama ekspor komoditas Brunei Darussalam. Hingga saat ini, Jepang merupakan negara yang menerima minyak bumi dan gas alam terbesar dari Brunei.

Sementara itu, dari segi impornya, Brunei Darussalam sangat bergantung pada negara Malaysia, Singapura, Tiongkok, Britania Raya, dan Australia. Hampir semua kebutuhan manufaktur dan pangan masyarakat runei bergantung kepada lima negara utama tersebut.

Indonesia dan Brunei juga menjalin hubungan bilateral dari sektor ekonomi dan politik yang sangat baik. Pada tahun 2020, Indonesia menjadi negara terbesar ke-10 yang mengimpor komoditasnya ke Brunei Darussalam. Hingga saat ini, ekspor Indonesia ke negara tersebut terbilang cukup tinggi.

Salah satu komoditas utama yang diekspor oleh Indonesia ke Brunei Darussalam adalah padi dan beras, buah-buahan, sepeda motor, dan bahan bangunan.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge