Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam yang Tak Banyak Orang Tahu, Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam yang Tak Banyak Orang Tahu, Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam –  Brunei Darussalam merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Sama seperti negara lain, Brunei Darussalam ini juga merupakan pelaku ekonomi yang aktif di bidang ekspor maupun impor yang dipegang oleh pasar internasional. Berbagai produk dan diperdagangkan menjadi andalan negara ini untuk diekspor. Salah satunya adalah produk pertambangan yang merupakan Minyak Mentah.

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Eksortir

Selain itu,Minyak Mentah Brunei Darussalam ini juga ditambahkan beberapa produk lainnya. Di antara produk-produk tersebut adalah Bahan-Bahan Kimia, Bahan Mentah, Bahan Mentah, dan Permesinan & alat transportasi.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang potensi  perdagangan ekspor Brunei Darussalam yang mungkin belum diketahui banyak orang. Berikut ini adalah pembahasanya.

Selayang Pandang Mengenai Ekspor Brunei Darussalam

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Exportir

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara berdaulat yang berada di Asia Tenggara dan terletak di pantai utara pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah yang luasnya sekitar 5.765 km² dan bertempat di pulau Borneo dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut Cina Selatan.

Brunei Darussalam memiliki populasi penduduk sebanyak 411,900 jiwa. Selain itu, negara ini juga terkenal dengan hasil ekspornya. Di antara komoditas ekpor yang dimilikinya adalah sebagai berikut:

Minyak Bumi

Harta Brunei berasal dari penjualan minyak bumi yang menyumbang 92% dari total pendapatan nasional. Ladang minyak terpenting Brunei terletak di Seria yang merupakan kawasan Pesisir. Selain itu, ada pula lahan minyak lepas pantai yang terletak di Kuala Belait, Jerudong dan Ampar. Dari sumur – sumur minyak tersebut, produksi minyak Brunei mencapai ± 200 ribu barel per hari.

Gas Bumi

Penambangan gas alam dan minyak ini dilakukan di darat dan lepas pantai. Hampir semua gas asli Brunei dicairkan di Loji Gas Asli Cecair Shell Brunei yang dibuka pada tahun 1972 dan merupakan salah satu perusahaan gas alam cair (LNG) yang terbesar di dunia. Lebih dari 82% LNG Brunei dijual ke Jepang melalui perjanjian jangka panjang yang disetujui pada tahun 1993.

Mitsubishi merupakan perusahaan rekanan dari Jepang yang menjalin kerja sama dengan Shell, Brunei Coldgas, dan Brunei Shell Tankers dalam hal jual beli LNG. Dimulai pada tahun 1995, Brunei juga telah menjual lebih dari 700.000 ton LNG kepada Korea Gas Corporation (KOGAS). Brunei Darussalam adalah negara pengekspor LNG Terbesar keempat di wilayah Asia Pasifik.

Produk Karet

Tanaman karet merupakan perdagangan ekspor kedua setelah minyak bumi. Luas ladang karet di Brunei mencapai 13.000 ha.

Sektor Pariwisata

Sektor turis menyumbang hingga 70% dari total Pendapatan Negara. Brunei Darussalam menawarkan objek wisata rohani berupa kunjungan ke masjid-masjid besar dan wisata alam seperti sungai dan hutan hujan perawan. Pariwisata menjadi sektor strategis bagi Brunei untuk menarik wisatawan dan langsung meningkatkan pada tingkat penjualan produk dalam negeri Brunei.

TOP 10 Komoditas yang Paling Banyak Diekspor Brunei Darussalam

Selain produk-produk ekspor yang dipaparkan sebelumnya, Brunei Darussalam ini juga telah mengekspor sebanyak sepuluh produk atau komoditas unggulannya. Dalam dua tahun terakhir (2017 dan 2018), Brunei Darussalam memiliki nilai ekspor yang selalu meningkat setiap tahunnya. Berikut ini merupakan daftar produk yang paling banyak diekspor oleh Brunei Darussalam:

  1. Natural gas, liquefiedKomoditas ini memiliki nilai ekspor pada tahun 2017 sebesar 2.769.547 USD dan pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 3.239.199 USD.
  2. Petroleum oils and oils obtained from bituminous minerals, crude. Produk ini diekspor pada tahun 2017 dengan nilai sebesar 2.211.911 USD dan juga mengalami peningkatan nilai pada tahun 2018 menjadi 2.850.255 USD.
  3. Parts of Airplanes or helicopters (excluding those for gliders). Produk ini telah diekspor dengan nilai sebesar 30.220 USD pada tahun 2018. Hal ini mengalami peningkatan karena tahun sebelumnya hanya mendapat nilai sebesar 26.961 USD.
  4. Methanol “methyl alcohol”.Pada tahun 2017, produk ini mendapatkan nilai sebesar 139.321 USD.
  5. Coin (excluding gold coins, medals, jewelry made from coins, and collectors’ items of numismatic value). Produk ini diekspor pada tahun 2018 dengan nilai sebesar 14.803 USD.
  6. Casing and tubing, seamless, of iron or steel, of a kind used in drilling for oil or gas. Pada tahun 2018, produk ini telah diekspor dengan nilai sebesar 13.048 USD.
  7. Commodities not elsewhere specified. Produk ini diekspor pada tahun 2018 dengan nilai sebesar 12.119 USD.
  8. Casing and tubing of a kind used in drilling for oil or gas, welded of an external diameter of <= 406,4 mm. Produk ini telah diekspor pada tahun 2018 dengan nilai sebesar 10.402 USD.
  9. Light oils and preparations, of petroleum or bituminous minerals (excluding containing biodiesel). Produk ini telah diekspor pada tahun 2018 sebesar 8.916 USD.
  10. Articles of jewelry and parts thereof. Produk ini menjadi komoditas ekspor di Brunei Darussalam dalam urutan ke sepuluh dengan nilai sebesar 8.716 USD.

10+ Produk yang Diimpor Brunei Darussalam

Selain melakukan kegiatan ekspor, Brunei Darussalam juga melakukan kegiatan impor. Hal ini bertujuan untuk memnuhi berbagai kebutuhan di negaranya. Berikut merupakan data produk yang diimpor oleh Brunei Darussalam:

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam- Mister Exportir

10+ Produk Brunei Darussalam yang Diimpor dari Indonesia

Selain melakukan kegiatan ekspor, Brunei Darussalam juga melakukan kegiatan impor. Hal ini bertujuan untuk memnuhi berbagai kebutuhan di negaranya. Salah satu negara yang dijadikan sebagai tujuan untuk mengimpor produk adalah Indonesia. Berikut adalah tabel yang berisi data produk yang diimpor Brunei Darussalam dari Indonesia:

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Exportir

Akses Distribusi Kegiatan Ekspor Impor Brunei Darussalam

Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam
Komoditas Ekspor Impor Brunei Darussalam – Mister Exportir

Sebuah kegiatan ekonomi internasional yang melibatkan dua negara bahkan lebih, pasti memerlukan akses transportasi. Akses tersebut dapat digunakan untuk mengirim maupun membeli suatu barang. Selain itu, kegiatan ekspor dan impor ini tidak akan berjalan lancara tanpa adanya suatu akses. Oleh karena itu, dalam poin ini akan dipaparkan mengenai akses distribusi yang digunakan Brunei Darussalam dala kegiatan ekspor dan impornya.

Berikut ini merupakan akses distribusi yang terletak di Brunei Darussalam:

  1. Brunei International Airport yang terletak di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam.
  2. Muara International Seaport.

Di Brunei Darussalam masih menggunakan dua akses perhubungan di atas. Namun, keadaan tersebut tak pernah menghalangi Brunei Darussalam untuk bisa bersaing di pasar ekspor internasional. Hal itu terbukti dengan banyaknya komoditas yang diekspor ke luar negeri oleh Brunei Darussalam.

Nah, sobat. Data-data di atas merupakan pemaparan secara lengkap dari komoditas ekspor impor Brunei Darussalam. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat kita mengetahui komoditas apa saja yang ada di Brunei Darussalam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com