Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Cara Mendapatkan Barang dari Distributor

Cara Mendapatkan Barang dari Distributor

Dalam membuat usaha, biasanya para pengusaha berusaha untuk memperoleh untung lebih besar dengan cara mendapatkan barang dari distributor.

Sebab, dengan mendapatkan barang dari distributor biasanya pengeluaran modal akan lebih sedikit karena barang dari distributor tersebut dijual lebih murah dari reseller atau retailer.

Makanya, mencari distributor atau supplier online shop tangan pertama cukup penting bagi para pengusaha online shop

Lalu bagaimana cara mendapatkan barang dari distributor? Untungnya pada hari ini, dengan segala perkembangan zaman dan teknologi, kamu akan dengan sangat mudah mendapatkan distributor barang.

Namun sebelum itu, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu distributor.

Distributor sendiri berarti penyalur jika diartikan dari bahasa Inggris. Nah jika dalam hal ini berarti distributor adalah seseorang atau kelompok yang menjadi penyalur produk antara produsen ke konsumen.

Jika dalam praktiknya langsung, yang dilakukan distributor adalah membeli barang dalam jumlah yang besar dari produsen lalu menjualnya lagi ke pengecer atau langsung ke konsumen.

Dengan proses pembelian distributor ke produsen, maka proses tersebut juga mencakup pengangkutan barang dari produsen dan juga penyimpanan barang di gudang distributor.

Kemudian ada juga istilah lain yang kadang sering keliru dan terkadang disamakan dengan distributor, yakni supplier.

Meski dalam praktiknya keduanya sama sama menjual satu atau beberapa barang dengan jumlah yang besar. Namun, distributor dan supplier adalah dua istilah yang berbeda.

Supplier adalah orang atau kelompok yang menjual bahan baku atau barang setengah jadi ke pabrik untuk nantinya diolah lagi menjadi barang jadi oleh pabrik tersebut.

Jadi perbedaan mendasar antara distributor dan supplier adalah barang yang dijual. Distributor biasanya menjual barang jadi dari pabrik atau produsen, dan supplier menjual bahan baku atau barang mentah.

Mendapatkan Barang dari Distributor

mendapatkan barang dari distributor
source: freepik

Setelah mengetahui perbedaan distributor dan supplier, kemudian adalah saatnya mendapatkan barang dari distributor.

Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan barang dari distributor di zaman sekarang. Yaitu dengan melalui offline maupun online.

Mendapatkan Barang dari Distributor Secara Offline

1. Pergi ke Pasar Distributor

pergi ke pasar distributor
source: tempo.co

Pertama, kamu bisa langsung pergi ke pusat pasar distributor untuk mendapatkan barang dari distributor.

Biasanya, tempat tersebut merupakan tempat berkumpulnya para distributor barang untuk menjual barang mereka.

Contoh pusat pasar distributor adalah seperti Pasar Tanah Abang yang mana pasar tersebut terkenal dengan banyaknya pedagang distributor untuk barang pakaian.

2. Pergi ke Pameran

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan pergi ke pameran perdagangan.

Di tempat tersebut, kamu akan menemui banyak produsen yang menjual berbagai jenis barang dan mungkin kamu akan menemukan produsen barang yang kamu cari.

Jika kamu sudah menemukannya, tanyakan apakah kamu bisa membelinya dengan harga murah. Biasanya harga murah akan mereka berikan jika kamu membeli barang dalam jumlah tertentu.

3. Pergi ke Pabriknya Langsung

Kamu juga bisa mendapatkan barang dengan harga murah dengan mendatangi pabriknya langsung.

Namun biasanya jika kamu membeli barang dari pabrik, terdapat kuantitas minimum pembelian yang jumlahnya bisa cukup banyak.

Jika jumlahnya adalah bukan jumlah yang kamu butuhkan, kamu bisa meminta kontak dan alamat distributor produk mereka.

Barang dari distributor biasanya bisa dibeli dengan kuantitas yang lebih rendah dari pabrik namun dengan harga yang murah juga.

4. Bergabung dalam Komunitas

bergabung dalam komunitas
source: freepik

Mendapatkan barang dari distributor juga bisa kamu lakukan dengan cara bergabung dengan komunitas para pedagang.

Kamu bisa meminta informasi mengenai distributor terpercaya dari pedagang lain. Terkadang distributor pun masuk ke dalam komunitas tersebut.

5. Mencarinya di Majalah Bisnis

Lalu, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat atau berlangganan majalah bisnis. Sebab, dalam majalah tersebut bisa jadi terdapat iklan dari produk yang kamu cari.

Kamu pun bisa menghubungi kontak yang tertera dalam iklan tersebut.

Mendapatkan Barang dari Distributor Secara Online

Selain cara offline yang sudah disebutkan diatas, cara online pun juga bisa dilakukan. Dan mungkin cara online adalah cara yang lebih mudah untuk sebagian orang.

1. Mencari di Mesin Pencari Google

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dalam mendapatkan distributor barang dari distributor secara online adalah dengan mencarinya lewat mesin pencari Google.

Langsung ketik di kolom pencarian dan selanjutnya akan muncul beberapa link laman web yang bisa mengantarkan kamu untuk mendapatkan kontak distributor barang yang kamu cari.

2. Melalui Marketplace

Kemudian, kamu juga bisa mencarinya melalui marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan semacamnya.

Dengan cara mencari supplier di Shopee, Bukalapak, atau Tokopedia, kamu bisa mencari supplier atau distributor dengan mudah.

Kamu pun dapat menyortirnya dari harga termurah sampai termahal sehingga kamu bisa mendapat barang yang murah.

Beberapa toko online disana juga menyediakan fitur grosir, sehingga jika kamu membeli dengan jumlah banyak, kemungkinan kamu akan mendapat harga yang lebih murah.

3. Melalui Marketplace B2B

melalui marketplace b2b
source: shipstation

Selain melalui beberapa marketplace yang sudah disebutkan diatas, kamu juga dapat menggunakan marketplace B2B atau Business to Business seperti alibaba.com

Prosesnya sama dengan mencari distributor di marketplace di atas, tetapi di alibaba.com terdapat jumlah minimum pesanan yang harus kamu penuhi untuk memesannya.

Di alibaba.com, kamu juga bisa menemukan distributor barang import dari China.

4. Bergabung dan Mencarinya di Forum Online

Kamu juga bisa mendapatkan barang dari distributor dengan cara bergabung di forum online seperti Kaskus, Reddit, atau berbagai grup di Facebook.

Di dalam forum tersebut biasanya ada distributor yang menjual produknya dan menawarkan untuk bekerja sama jika kamu adalah seorang reseller.

Tips dalam Mendapatkan Distributor Online

tips dalam mendapatkan distributor online
source: freepik

Meskipun mendapatkan distributor secara online cukup mudah dilakukan, tapi kamu harus waspada dan hati hati dalam mencari distributor tersebut.

Jika kamu tidak berhati-hati, mungkin kamu bisa tertipu karena banyak penipuan online terjadi dalam hal tersebut.

Berikut ini, kami akan berikan beberapa tips supaya kamu mendapatkan distributor yang benar.

1. Cek Alamat dan Kontak Distributor

Jika distributor memiliki website sendiri, cek lagi apakah mereka memiliki alamat dan kontak yang jelas.

Kamu juga bisa melihat website mereka apakah terlihat meyakinkan atau tidak.

2. Lihat Rating dan Feedback Distributor

Lalu jika kamu mencarinya di marketplace, perhatikan rating dan feedback dari toko online yang dimiliki distributor tersebut.

Distributor yang baik dan benar pastinya akan memiliki rating dan feedback yang bagus dari pelanggannya.

3. Teliti

Yang terkadang sering terlewatkan banyak orang adalah ketelitian. Pastikan kamu membaca deskripsi barang yang dijual oleh pihak distributor sebelum memesan.

Beberapa distributor biasanya memberikan harga miring karena ada kondisi tertentu pada produk jualannya. Jadi pastikan kamu teliti.

4. Perhatikan Peraturan Distributor

Selain deskripsi barang, kamu juga perlu teliti dengan peraturan dan kebijakan yang dimiliki oleh distributor.

Peraturan tersebut biasanya berkaitan dengan pengajuan retur, refund, dan sebagainya.

Pada dasarnya cara mendapatkan barang dari distributor baik secara offline maupun online, cukup mudah dilakukan jika kamu mengerti dan fokus dengan produk yang ingin kamu jual. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com