Produk Indonesia yang Diekspor ke Afghanistan, Naik 361 Persen

Produk Indonesia yang Diekspor ke Afghanistan, Naik 361 Persen

Produk Indonesia yang diekspor ke Afghanistan mengalami kenaikan sebanyak 361 persen pada Agustus 2021.

Berikut ini informasi yang dapat Mister Exportir rangkum terkait ekspor Indonesia ke Afghanistan.

bendera afghanistan

Sekilas Tentang Afghanistan

Afghanistan adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Asia Selatan dan Asia Tengah.

Selama bertahun-tahun, perekonomian Afghanistan sangat bergantung pada sektor pertanian dan peternakan.

Industri utama negara ini di antaranya ditopang oleh industri tekstil, sabun, furnitur, sepatu, pupuk, pakaian, makanan, minuman tidak beralkohol, air mineral, semen, karpet, gas alam, batu bara, dan tembaga.

Sementara itu, komoditas ekspor utama negara ini terdiri dari opium, buah dan kacang, karpet Afgan, wol, kapas, kulit binatang, dan batu permata.

Baru-baru ini Afghanistan menarik perhatian dunia usai kembalinya Taliban sebagai penguasa negara tersebut.

Sebelumnya, kondisi politik dan konflik yang terjadi di Afghanistan membuat negara ini pernah bertengger di peringkat 175 dalam Indeks Pembangunan Manusia PBB dengan tingkat pengangguran 35% dan sekitar 36% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Ekspor Indonesia ke Afghanistan

Pada faktanya, ketidakstabilan politik Afghanistan tidak menyurutkan kegiatan perdagangan internasional dengan negara lain.

Bahkan menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, nilai ekspor dari Indonesia ke Afghanistan pada Agustus 2021 mengalami kenaikan meski situasi politik Afghanistan sedang memanas pasca Taliban berkuasa.

Nilai ekspor ke Afghanistan pada periode tersebut mencapai 2,28 juta dolar AS yang merupakan kenaikan 361,7 persen dari bulan sebelumnya, yaitu 495 ribu dolar AS.

Produk Indonesia yang Diekspor ke Afghanistan

Berikut ini Mister Exportir telah merangkum 5 komoditas ekspor Indonesia ke Afghanistan pada 2021.

  1. Produk Farmasi

Produk farmasi asal Indonesia menjadi komoditas yang mengalami kenaikan ekspor tertinggi ke Afghanistan pada 2021. Komoditas produk farmasi dapat disebut sebagai komoditas unggulan Indonesia ke Afghanistan setiap tahunnya dengan jenis yang banyak dieskpor adalah obat-obatan, transfusi darah, dan produk seperti kain kasa serta perban.

  1. Buah

Buah menjadi komoditas Indonesia selanjutnya yang tinggi dieskpor ke Afghanistan. Beberapa jenis buah Indonesia yang diminati negara tersebut adalah kacang-kacangan, kelapa, dan pisang.

  1. Karet

Hasil perkebunan karet Indonesia memang telah lama dipasarkan ke berbagai negara termasuk Afghanistan. Tidak hanya karet mentah, namun beberapa barang olahannya juga sudah mendapatkan tempat di pasar Afghanistan. Salah satu jenis olahan karet Indonesia yang banyak diekspor ke negara tersebut adalah ban.

  1. Sabun

Indonesia banyak mengekspor komoditas sabun ke Afghanistan pada 2021 bahkan tahun-tahun sebelumnya. Produk sabun asal Indonesia yang diminati di pasar Afghanistan adalah jenis sabun yang terbuat dari bahan organik.

  1. Minyak Atsiri

Komoditas ekspor Indonesia ke Afghanistan yang terakhir dalam daftar ini adalah minyak atsiri. Produk minyak atsiri dan turunannya sudah masuk ke Afghanistan beberapa tahun terakhir. Pada 2020, salah satu produk minyak atsiri Indonesia yang paling banyak diekspor ke Afghanistan adalah minyak rambut.

produk farmasi

Nah, itu dia tadi sederet informasi yang dapat Mister Exportir rangkum terkait komoditas ekspor Indonesia ke Afghanistan.

Hingga saat ini, hubungan Indonesia dan Afghanistan masih terjalin dengan baik di tengah kondisi politik Afghanistan yang masih tidak stabil karena peralihan kekuasaan.

Hal ini terbukti dari meroketnya nilai ekspor Indonesia ke Afghanistan selama masa peralihan tersebut terjadi pada Agustus 2021 lalu.

Bagi kamu yang memiliki usaha dan ingin mengekspor ke Afghanistan, kamu bisa menghubungi Mister Exportir yang akan membantu memfasilitasi segala kebutuhan ekspor kamu.

Untuk berita ekspor impor lainnya, silakan kunjungi website resmi kami di www.misterexportir.com

Mister Exportir, Jasa Export Terpercaya.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download