Sekilas Tentang Potensi Ekspor Di Ibukota, Apa Saja Ya?

Sekilas Tentang Potensi Ekspor Di Ibukota, Apa Saja Ya?

Potensi ekspor di ibukota – Halo sahabat Mister Eksportir yang selalu dibanggakan bangsa dan negara. Semoga tetap semangat dalam dunia ekspor dan impor ya. Kita semua tentu sudah mengetahui jika negara Indonesia ini penuh akan potensi sumber daya alam yang melimpah di setiap wilayah nya, hal ini tentu harus kita manfaatkan sebaik mungkin agar dapat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

hiruk pikuk ibukota – Mister Exportir

 

Jika membicarakan sumber daya alam tentu erat akan daerah-daerah yang masih asri alamnya serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan gedung-gedung tinggi nya. Eits, ternyata hal tersebut belum tentu benar loh, sahabat ekspor. Di Indonesia potensi ekspor tersebar mulai dari daerah pedesaan hingga perkotaan.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang potensi ekspor apa saja yang ada di ibukota kita tercinta, DKI Jakarta. Penasaran? Yuk kita simak bareng-bareng artikelnya.

 

 

 

Mengenal Ibukota Jakarta

Mendengar kata perkotaan, apa sih yang terlintas di pikiran kalian? Pasti banyak kata-kata yang ada di pikiran kalian, salah satunya adalah ramai dan macet. Keramaian dan kemacetan tentu udah cukup akrab bagi kalian yang selalu beraktivitas di Jakarta dan kota-kota penyangga nya atau yang biasa disebut JABODETABEK.

Faktor utama yang menyebabkan hal tersebut adalah jumlah penduduk DKI Jakarta yang cukup banyak, terhitung penduduk DKI Jakarta pada malam hari adalah 10,2 juta jiwa, sementara pada siang hari jumlahnya akan meningkat sebanyak 14,5 juta jiwa.

Melihat jumlah populasi di ibukota Jakarta tentu tidak mengherankan jika Jakarta mempunyai produktivitas yang tinggi dalam memproduksi barang dan jasa sehingga dapat memiliki potensi ekspor yang cukup banyak dan berkembang setiap tahun nya, lalu apa saja komoditas unggulan di DKI Jakarta?

 

 

 

Komoditas Utama Di Ibukota

Dengan banyaknya pabrik dan UMKM skala kecil hingga menengah di Jakarta, tentu hasil-hasil produksi mereka banyak yang memiliki kualitas baik dan layak untuk di ekspor. DKI Jakarta mempunyai beberapa komoditas unggulan dengan nilai yang cukup fantastis, namun kali ini kita membahas 3 komoditas unggulan di ibukota kita tercinta ini.

 

 

1. Perhiasan / permata

Nah sobat ekspor, ternyata di jakarta memiliki industri perhiasan atau permata yang cukup hebat loh. Bahkan jumlah nya pada 2017 mencapai 1,8 milyar US Dollar (FOB) atau sebesar 19,55% dari total ekspor DKI Jakarta. Kementrian Perindustrian menargetkan pertumbuhan sebesar 5% pada komoditas perhiasan ini, khusushnya di Jakarta.

 

 

 

2. Kendaraan dan bagiannya

Kendaraan dan suku cadang nya merupakan bagian ekspor yang tidak terpisahkan dari ibukota. Jumlah ekspor pada 2017 mencapai 1,7 milyar US Dollar (FOB) atau sebesar 18,22% dari total ekspor DKI Jakarta.

 

 

 

3. Ikan dan udang

Sudah diketahui bahwa Jakarta memiki perairan yang cukup luas di daerah utara Jakarta. Jumlah ekspor pada 2017 mencapai 785 juta US Dollar (FOB) atau sebesar 8,9% dari total ekspor DKI Jakarta.

 

 

 

Berapa Nilai Ekspor Komoditas Di Ibukota?

Jika melihat jumlah 3 komoditas teratas Jakarta, sudah dapat dipastikan jumlah uang yang beredar untuk ekspor di ibukota tidaklah sedikit. Jumlah ini ditunjang dengan infrastruktur Jakarta yang memadai dibandingkan beberapa kota lain nya di Indonesia.


Jumlah ekspor pada bulan januari hingga desember tahun 2016 berjumlah sekitar 11,56 milyar US Dollar dan tahun 2017 berjumlah sekitar 9,36 milyar US Dollar. Jumlah ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tentu hal ini harus menjadi perhatian kita bersama agar jumlahnya dapat ditingkatkan.

 

 

 Baca Juga: Tips Dan Cara Menjadi Eksportir Yang Baik

 

Industri Dan Perikanan Di Jakarta

Industri dan perikanan menjadi hal yang tidak terpisahkan di DKI Jakarta. Melihat beberapa pabrik besar yang ada di Jakarta dan beberapa daerah penunjang nya serta lautan di utara Jakarta yang mempunyai banyak potensi harus dipertahankan dan terus dikembangkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Perikanan tangkap adalah penyumbang terbesar bagi 2 (dua) kota administrasi. Kepulauan Seribu memiki jumlah perikanan tangkap dengan jumlah 20 098 302 juta rupiah, sementara Jakarta Utara memiliki jumlah 3 248 852 500 milyar rupiah. Jumlah ini harus kita apresiasi dan terus berupaya untuk meningkatkan ekspor melalui DKI Jakarta.

 

 

Bagaimana sahabat ekspor akan artikel kita hari ini? Ibukota Jakarta yang penuh dengan hiruk pikuk dan keramaian warganya ternyata memiliki potensi ekspor yang cukup besar. Semoga artikel-artikel yang dimiliki Mister Exportir dapat terus menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman semua ya!

Salam ekspor Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com

error: Dont Copy The Content is protected by Copy Right!!