10 Tips dan Cara Menjadi Eksportir yang Baik

Ted JohnsonBlog0 Comments

Tips Menjadi Eksportir yang Baik dan benar

Tips dan Cara Menjadi Eksportir yang baik – Hallo Sahabat Mister Exportir, Terimakasih sebelumnya telah mengunjungi laman artikel ini. Kali ini kita akan sharing tentang beberapa tips atau cara menjadi seorang eksportir yang baik.

Mungkin saja menjadi seorang pengusaha sekaligus sebagai eksportir merupakan hal atau impian yang besar bagi sebagian besar para wirausahawan disetiap negara, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, menjadi eksportir itu tidak selamanya sulit dan juga tidak selamanya gampang.

Dengan demikian, menjadi eksportir itu sangat menantang adrenalin serta keberanian kita untuk menjadi pengusaha internasional. Eitttss… Tunggu dulu, ada beberapa poin yang harus dipahami betul oleh seorang eksportir yang baik. Apa saja ya ? yuk kit abaca ulasan berikut ini.

 

10 Tips dan Cara Menjadi Eksportir yang Baik

 

1. Memiliki Kemampuan Berbahasa Asing yang Baik.

Pada Era perdagangan global saat ini dimana Masyarakat Ekonomi Asean juga akan berlangsung, pastikan anda memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa asing, minimal dapat berbahasa inggris untuk memudahkan dalam berkomunikasi antara shipping company, anda sebagai pelaku usaha kspor, dan importir dinegara tujuan sana.

Selain itu, dengan memiliki kemampuan berbahasa asing akan mempermudahkan kita dalam mengetahui kabar atau info terkini yang diberitakan oleh para jurnal atau kantor berita diluar negeri mengenai ekonomi dan kondisi pasar disetiap negara tujuan kita.

Oleh karena itu, alangkah amat penting bagi kita dapat berbahasa asing ketika kita ingin terjun ke dunia perdagangan internasional atau ekspor impor.

 

 

2. Selalu Update Informasi.

Mengikuti perkembangan zaman dan selalu “up to date” informasi merupakan hal yang paling penting bagi para eksportir. Hal ini bertujuan agar anda dapat memantau pergerakan trend pasar di negara tujuan ekspor anda.

Nah Sahabat Mister Eksportir, ketika kita ingin malang dan melintang didunia ekspor barang, kita harus selalu proaktif dalam mengupdate beberapa informasi baik itu dari regulasi pabean dalam negeri maupun pabean dinegara tujuan, adaptasi produk, dan hal –hal yang lebih mendetail lainnya.

 

 

3. Rutin Terlibat Dalam Berbagai Pameran.

Berpartisipasi dalam kegiatan pameran juga salah satu ajang dimana kamu akan bertemu dengan calon importir langsung dan bertatap muka sehingga membuka networking yang baik untuk kedepannya. Poin penting yang ingin Mister Exportir sampaikan adalah ikutlah ajang pameran baik itu didalam negeri maupun diluar negeri ya.

Dengan demikian, ajang pameran tersebut dapat menjadi salah satu alat untuk promosi dagang serta bertemu dengan potensial Buyer secara offline.

Selain itu, efek positif yang didapat dari mengikuti pameran atau expo merupakan terjalinnya kepercayaan (trust) sehingga berlabuh pada kontrak kerjasama. Jadi, jangan lewatkan kesempatan tersebut ya.

 

 

4. Jangan Pernah Menyepelekan Hal-hal yang Kecil.

Menjadi seorang eksportir, tentu tidak langsung instan ya. butuh kerja keras (work hard), kerja cerdas (work smart), dan kerja gila (work crazy). Selain itu, sebagai seorang eksportir yang baik, kita perlu memerhatikan hal-hal yang penting bahkan hal terkecil sekalipun yang sering disepelekan.

Nah sahabat Mister Exportir, anda boleh saja untuk fokus terhadap poin– poin ataupun hal yang besar dan yang patut diprioritaskan. Akan tetapi mohon jangan sepelekan hal-hal yang kecil ya, karena hal yang kecil itu bisa jadi penghambat bagi kita untuk mengekspor produk kita. Jadi, semuanya harus dipersiapkan secara perfect / sempurna.

 

 

5. Pelajari Tentang Metode Pembayaran / Payment Terms nya.

Bagi pemula yang baru akan terjun ke dunia ekspor barang keluar negeri, Salah satu permasalahan yang paling sering kita jumpai ketika hendak memulai ekpor barang ialah permasalahan metode pembayaran nya. Mengapa?

Salah satu faktor yang sangat signifikan adalah karena tidak terbangunnya kepercayaan antara penjual dan pembeli yang berbeda negara. Dengan demikian, maka metode yang paling aman antara kedua pihak tersebut ialah transaksi Bank to Bank atau yang sering kita sebut dengan Letter of Credit ( LC).

Oleh Karena itu, mempelajari bagaimana sistem transaksi pembayaran internasional merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang ingin memulai untuk bergelut di dunia perdagangan dunia atau yang disebut ekspor – impor. Selain itu, manfaat memahami system pembayaran

 

 

6. Pahami Seluruh Dokumen Ekspor.

Ketika Sahabat Mister Exportir hendak menjadi seorang eksportir yang baik, maka ada baiknya agar dapat memahami seluruh dokumen yang berkaitan dengan proses eksportasi barang. Mengapa? Karena semua itu sangat penting untuk dipelajari sahabat Mister Exportir sekalian.

Biasanya dokumen ekspor meliputi packing list, invoice, Bill of Lading / AeroBill, COO, COA, PEB, NPE, dan beberapa lainnya. Seluruh dokumen itu hendaknya dapat dipersiapkan terlebih dahulu agar perencanaan ekspor barang anda tampak lebih matang dan siap.

 

7. Pahami Tentang Incoterms Perdagangan

Sahabat Eksportir Indonesia, Apa itu Incoterms? Incoterms adalah akronim dari International Commence Terms yang serind disebut terma atau tata cara perdagangan. Mungkin ada beberapa sahabat eksportir yang sudah tahu apa itu Exwork, FOB, CNF, CIF an lain- lain sebagainya.

Untuk Penjelasan beberapa istilah perdagangan ekspor impor, silahkan baca artikel 1001 Istilah Ekspor Impor segera.

 

 

8. Mengemas / Packing Produk Anda Dengan Baik.

Tahukah anda, bahwa mengemas barang merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan sangat penting? Ketika hendak mengirim sesuatu barang apalagi keluar negeri, hal ini patut diberikan perhatian yang ekstra. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan untuk menghindari kerusakan barang kiriman didalam kontainer yang bisa jadi tertumpuk dengan barang lainnya. Oleh karena itu, pilihlah material atau kemasan yang dapat mengurangi kemungkinan- kemungkinan yang ada.

 

 

9. Asuransikan Barang Ekspor Anda Jika Perlu

Jika anda sebagai eksportir, anda mungkin harus berfikir dua kali untuk tidak memberikan asuransi terhadap barang ekspor baik itu melalui udara maupun laut. Kenapa Begitu ya Boss? Soalnya, kita tidak pernah tahu ada apa ditengah- tengah perjalanan apakah itu kapal tenggelam, kontainer jatuh, barang hilang, dan lain- lain.

Kami sangat menyarankan anda untuk memakai asuransi ketika anda mengirim barang untuk diekspor apalagi yang partai besar, sangat dianjurkan. Hal ini agar meminimalisir resiko terjadinya kerugian yang besar. Dengan demikian, anda dapat mencari beberapa perusahaan asuransi yang bonafit dan terpercaya.

 

 

10. Berusaha Keras dan Berdoa Lebih.

Nah setelah kita mengaplikasikan semua poin diatas, seorang eksportir yang baik itu juga harus berusaha keras untuk mencari pelanggan atau konsumen sebanyak- banyaknya baik itu didalam negeri maupun diluar negeri.

Akan tetapi, kerja keras harus juga dibarengi dengan berdoa yang lebih agar kita dekat kepada Sang pencipta yang maha kuasa atas segala sesuatu dan selalu memohon agar dihindari dari segala macam bencana dan penipuan dalam berniaga.

Semoga Bermanfaat bagi semua… Salam Sukses Eksportir Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *