Potensi Ekspor Daun Talas 2022 yang Penting Diketahui

Potensi Ekspor Daun Talas 2022 yang Penting Diketahui

Tanaman talas ternyata memiliki daun yang dapat dimanfaatkan menjadi produk lainnya. Potensi ekspor daun talas, khususnya talas beneng telah dijadikan alternatif  menjadi pengganti tembakau.Daun talas ini sudah dijadikan komoditas ekpor sejak tahun 2021. Untuk harganya sendiri daun talas ini dibandrol kurang lebih US$ 2 per kilogramnya.

Daun talas ini diimpor oleh negara lain untuk dijadikan bahan pengganti tembakau yang dijadikan rokok. Kelebihan dari daun talas ini sebagai bahan pengganti tembakau adalah tidak memilliki kandugan nikotin, ini tentunya berbeda dengan tembakau yng dikenal mengandung nikotin.

Belum banyak orang yang tau akan manfaat dari daun talas ini. Padahal jika dilihat dari manfaat dan kandungannya, potensi ekspor daun talas ini sangatlah besar kedepannya. Untuk itu, untuk para petani dan pekebun bisa  memanfaatkan kesempatan ini.

Budidaya tumbuhan talas ini terbilang cukup mudah. Daerah yang memiliki cuaca dingin serta lembab sangat cocok dengan tumbuhan ini. Selain itu yang terpenting adalah kebutuhan akan air dari talas ini tercukupi, maka talas akan tumbuh dengan baik.

Baca Juga : Potensi Ekspor Batang Pisang

Potensi Ekspor Daun Talas Dilihat dari Segi Kandungan danManfaatnya.

Sebuah daun talas

 

Ada beberapa dari hasil pertanian dan perkebunan yang sudah dijadikan komoditas ekspor ke banyak negara. Produk-produk tersebut antara lain kacang tanah,porang dan yang terbaru adalah daun talas ini.

Dengan dihadirkannya informasi mengenai tumbuhan talas ini diharapkan masyarakat khususnya pelaku bisnis bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melirik komoditas ini. Karena memang potensi terbilang cukup tinggi dan perolehan barang cukup mudah.

Dengan demikian, petani maupun pekebun juga terbantu memaksimalkan hasil dari panen yang dihasilkan. Karena memang selama ini, yang dapat diambil dari talas hanya umbinya saja.

Tumbuhan yang memiliki nama latin Colocasia esculenta ini dipercaya telah dijadikan makanan sehari-hari pada zaman purba. Bahkan talas diyakini dijadikan sebagai makanan poko sebelum akhirnya manusia menemukan padi.

Berikut ini pembahasan mengenai kandungan dan manfaat dari tumbuhan talas.

  • Kandungan dalam tanaman talas.

    Dulu, tumbuhan talas ini biasanya dimakan dengan mengambil umbi dan batangnya. Umbinya biasa dimasak dengan cara dikukus maupun digoreng. Untuk batangnya sendiri biasanya diolah dijadikan sayur.
    Batang serta daun talas yang enak untukdikonsumsi, ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Pada batang daun talas terdapat kandungan air dan juga kalori. Selain itu, pada batang ini juga memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B1, dan juga vitamin C.
    Pada daunnya terdapat kandungan nutrisi yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut antara lain serat, zat besi, protein, dan juga beberapa macam mineral.

  • Manfaat daun talas bagi kesehatan

    Dilihat dari kandungannya seperti yang dipaparkan di atas, tentunya banyak sekali manfaat dari tanaman talas ini untuk kesehatan. Adapun manfaat tumbuhan talas ini untuk kesehatan antara lain:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

    Jika dibiarkan saja, hipertensi atau tekanan darah tinggi ini dapat menimbulkan efek yang jauh lebih berbahaya. Hipertensi akan bisa berkelanjutan menjadi stroke, terhalangnya aliran darah ke otak, rusaknya pembuluh darah di otak, hingga terjadinya penyakit jantung.
    Konsumsi daun talas secara rutin ternyata ampuh untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Ini karena daun talas memiliki kandungan karbohidrat, tanin, saponin dan juga flavonoid.
    kandungan-kandungan antioksidan tersebut sangat efektif membantu menekan darah tinggi sehingga tidak timbul masalah yang lebih serius.

  • Membantu menjaga sistem imun

    Tubuh yang kekurangan Vitamin C sudah pasti akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi daun talas secara rutin mampu membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas.
    Daun talas memiliki kandungan vitamin C yang mampu membantu sel-sel tubuh mejadi lebih kuat dalam melawan bakteri maupun patogen yang masuk dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan tetap bugar.
    Cara pengolahan daun talas ini juga terbilang sangat mudah. Bisa dimasak dijadikan sayur sesuai selera, bila mau, batangnya juga bisa ditambahkan. Cara pengolahan lainnya yaitu dengan menjadikan daun talas ini sbegai bahan tambahan dalam telur dadar, maupun olahan makanan lannya.

  • Mencegah terjadinya kanker.

    Kandungan vitamin C yangada dalam daun talas terbilang cukup tinggi. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi mampu menjadi penangkal zat-zat karsinogenik dalam tubuh, sehingga mampu menghambat tumbuhnya tumor maupun kanker.
    Ada beberapa penelitian berkaitan dengan talas ini ampuh sebagai pencegah kanker. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa sering mengkonsumsi talas mampu mencegah resiko terjangkitnya kanker usus besar. Selain itu, konsumsi talas juga membantu mengurangi resiko kakner payudara.

  • Memelihara kesehatan pencernaan

    Kesehatan pencernaan juga sangat penting agar tubuh senantiasa sehat dan penyerapan berbagai zat penting bagi tubuh dapat terserap secara maksimal. Salah satu kandungan makanan yang baik bagi pencernaan adalah kandungan serat.
    Daun talas memiliki kandungan serat yang relatif tinggi, jadi konsumsi daun maupun batang talas ini sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Serat sangat bagus untuk memperlancar buang air besar serta mencegah sembelit
    Selain itu, konsumsi daun talas mampu merangsang bakteri baik dalam usus, khususnya bakteri Lactobacillus acidophilusdan Escherichia coli. Kedua bakteri baik ini berfungsi untuk melawan bakteri jahat yang berada dalam usus.

  • Mencegah penyakit gula darah

    Daun talas ternyata selain dikonsumsi dengan cara diolah menjadi makanan, juga diekstrak untuk diambil beberapa zat didalamnya. Kandungan yang diambil yaitu Ekstrak etanol dari Colocasia esculenta.
    Ekstrak etanol ini telah diujikan pada tikus dengan gula darah tinggi, dan ternyata gula darah tersebut mengalami penurunan. Selain itu, kandungan fenol, flavonoid, triterpenoid, sterol dan tanin yang memiliki sifat anti microba dan anti-implamasi mampu mengurangi peradangan akut.

Potensi Daun Talas Sebagai Pengganti Tembakau

Daun talas yang bisa dijadikan alternatif pengganti tembakau ini masih awam dikalangan masyarakat. Karena memang tumbuhan talas ini terkenal di kalangan masyarakat sebagai penghasil umbi-umbian.

Belum banyak yang tahu bahwa daun talas ini mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan jumlahnya. Potensi ekspor daun talas sebagai pengganti tembakau ini masih terbuka lebar.

Cara pengolahan daun talas ini juga sama dengan tembakau, yaitu dirajang lalu dikeringkan. Setelah itu dikemas sedemikian rupa agar aman untu kemudian disetorkan ke pengepul maupun langsung diproses ekspor.

Wilayah negara Indonesia sendiri yang sudah mampu mengekpor daun talas kering ini adalah dari Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Negara tujuan ekspor daun talas saat ini adalah negara Australia.

Melihat besarnya permintaan pasar akan daun talas sebagai pengganti tembakau ini, produsen dari Indonesia masih begitu sedikit. Untuk harga terendah daun talas dihargai 16.000-17.000, untuk harga tertinggi mencapai 22.000-24.000 per kilogramnya.

Dalam kegiatan ekspor diharapkan mampu mendapatkan harga tertinggi. Untuk mendapatkan penawaran terbaik termasuk memperoleh harga yang tinggi, pastikan menggunakan jasa ekspor yang handal. Untuk itu, misterexportirmisterexportir hadir dengan menawarkan berbagai kemudahab dalam melakukan ekspor. 

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge