Pengertian Tata Letak Pergudangan

Pengertian Tata Letak Pergudangan

Ada satu hal penting yang sering dianggap sepele namun sangat menentukan daya saing perusahaan, yaitu tata letak (layout). Oleh karena itu, tata letak merupakan hal utama yang harus diperhatikan, ketika akan merencanakan penggunaan ruang sebagai gudang.

Misalnya, dengan menentukan tiga area ini, yaitu area penyimpanan dan penerimaan barang, area pemilihan barang, dan area pengiriman barang. Lalu, apa itu tata letak pergudangan? Berikut informasi lengkap tentang pengertian tata letak pergudangan beserta penjelasan lengkapnya. 

Apa Itu Tata Letak Pergudangan? 

Apa Itu Tata Letak Pergudangan
gambar: pixabay

Gudang 

Gudang merupakan tempat yang digunakan sebagai area menyimpan barang, baik barang raw material, barang work in process, atau barang finished goods. Sedangkan pergudangan merupakan kegiatan yang meliputi kegiatan storage (penyimpanan), movement (perpindahan), serta information transfer (transfer informasi). 

Tata Letak 

Tata letak merupakan suatu sistem yang meliputi seluruh kegiatan produksi yang saling berintegrasi, mulai dari input (bahan baku) hingga output. Tujuannya agar kegiatan

perusahaan dapat berjalan efektif dan efisien, sehingga proses produksinya dapat berjalan dengan lancar. 

Pengertian Tata Letak Gudang Menurut Para Ahli

Menurut Jay Hezer dan Berry Render (2006, p468) Tata letak pergudangan merupakan suatu sistem yang didesain untuk meminimalisir biaya total yang ada, dengan cara mencari panduan terbaik antara luas ruang dengan penanganan bahan.

Tujuan tata letak pergudangan (warehouse layout) adalah untuk dapat menemukan titik optimal di antara biaya penanganan bahan dan biaya-biaya lainnya. Sehingga, manajemen bertugas untuk memanfaatkan volume penuh gudang, dengan tetap mempertahankan biaya penanganan bahan di angka yang rendah. 

Biaya penanganan bahan merupakan biaya-biaya yang berkaitan dengan pergudangan, seperti transportasi barang masuk, penyimpanan, sampai transportasi barang keluar. Oleh karena itu, gudang sebaiknya dirancang dengan tetap memperhitungkan kecepatan gerak barang.

Barang-barang yang harus bergerak cepat, sebaiknya diletakkan lebih dekat dari tempat pengambilan barang, sehingga mengurangi gerakan bolak-balik yang berlebihan. 

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Desain Tata Letak Pergudangan 

Beberapa Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Desain Tata Letak Pergudangan 
gambar: pixabay

Ukuran area penyimpanan barang 

Ada tiga faktor penting yang harus diperhatikan dalam menentukan, yaitu:

  • Tempat untuk menyimpan barang-barang dan peralatan 
  • Lorong atau gang antarbarang, yang berfungsi untuk akses langsung ke area barang
  • Jarak dari dinding ke barang

Ukuran area penerimaan barang 

Untuk perencanaan area ini, jenis dan ukuran kendaraan pembawanbarang menjadi hal yang menentukan. Ada pertimbangannya, misalnya apakah perlu membuat tempat khusus pembongkaran yang masuk ke dalam gudang, atau tempat khusus di luar gudang.

Beberapa tempat atau area yang harus diperhitungkan untuk menentukan ukuran area penerimaan barang adalah: 

  • Tempat atau area untuk melakukan pemilahan barang, kontrol kualitas, dan persiapan penyusunan 
  • Area khusus untuk pemeriksaan dan penyimpanan barang sementara, sebelum hasil pemeriksaan keluar 

Metode kerja pergudangan sangat mempengaruhi ukuran area penerimaan barang. Jika barang yang sudah dibongkar dapat dipindahkan langsung ke area penyimpanan, maka memerlukan area yang lebih kecil. Begitu pula sebaliknya, jika barang harus disimpan dulu di area penerimaan, maka memerlukan area yang lebih besar. 

Ukuran area pengiriman barang 

Hampir sama dengan area penerimaan, ukuran area pengiriman barang juga dipengaruhi oleh jenis dan ukuran kendaraan pengangkut barang. Beberapa hal yang harus diperhitungkan untuk menentukan ukuran area pengiriman barang, yaitu: 

  • Area khusus untuk pemeriksaan barang sebelum dimuat ke dalam kendaraan pengangkut 
  • Peralatan yang digunakan untuk penanganan barang, yang ditentukan oleh karakteristik produk serta karakteristik beban per unit barang 

Jika barang yang akan dikirim dapat langsung diangkut ke kendaraan, maka memerlukan area pengiriman yang lebih kecil. Dibandingkan jika barang harus disimpan dulu di area pengiriman sebelum diangkut, maka memerlukan area yang lebih besar. 

Ukuran area pemilihan, pemilahan, atau sortir barang

Jika barang yang akan diterima harus melalui proses pemilahan atau penyortiran dulu sebelum disimpan, maka area pemilahan wajib diperhitungkan sebagai kebutuhan area.

Selain itu, jumlah barang yang akan dipilah juga menentukan luas area yang diperlukan. Terakhir, metode pemilahan yang digunakan juga menentukan, termasuk jika diperlukan proses menjahit atau penggantian kemasan. 

Aliran barang dan tata letak dalam gudang 

Hal-hal yang harus diperhitungkan dalam proses aliran barang, yaitu: 

  • Tata letak ruang untuk seluruh kegiatan yang dilakukan 
  • Lokasi fisik barang yang terdapat di area penyimpanan (massal
  • Proses barang yang akan mengalir baik ke dalam maupun keluar dari fasilitas gudang Tujuan menentukan aliran barang dan tata letak pergudangan adalah untuk mengoptimalkan arus barang melalui kegiatan yang berbeda secara efisien. 

Beberapa Kegiatan Pergudangan yang Membutuhkan Tata Letak Gudang 

  • Tempat untuk proses pemeliharaan peralatan 
  • Tempat parkir kendaraan pengangkut barang atau kendaraan karyawan
  • Tempat untuk menyimpan barang yang rusak atau barang yang harus dikembalikan, untuk karantina, dan lain sebagainya 
  • Tempat beristirahat bagi para pekerja 
  • Tempat untuk pencatatan dan pemberkasan, atau disebut ruang administrasi
  • Toilet, pantry, dan lain sebagainya

Tujuan Tata Letak Pergudangan 

  • Untuk mengoptimalkan penggunaan volume bangunan yang maksimum
  • Untuk mengoptimalkan penggunaan waktu, penggunaan buruh, dan penggunaan perlengkapan dengan tepat 
  • Untuk kemudahan dalam pencapaian bahan 
  • Untuk proses pengangkutan barang yang cepat dan mudah 
  • Untuk proses identifikasi barang yang baik 
  • Untuk proses pemeliharaan barang yang optimal 
  • Untuk keindahan tampilan, rapi, dan tersusun (terorganisir) 

Ciri-Ciri Gudang yang Baik 

  • Memiliki peralatan yang baik dan efisien 
  • Memiliki ruang dan area yang luas 
  • Barang-barang tersusun rapi dan teratur 
  • Adanya kesesuaian antara gudang dan barang yang disimpan 
  • Ada di lokasi yang strategis 
  • Sistem pemberkasan yang teratur dan pengurusan yang teliti 
  • Memiliki ciri-ciri keselamatan yang baik dengan adanya perlindungan asuransi 

Metode Penyimpanan Gudang 

Metode Penyimpanan Gudang 
gambar: pixabay

Metode Dedicated Storage

Metode ini biasanya disebut sebagai penyimpanan tetap, karena tempat untuk tiap-tiap barang sudah ditentukan. Jumlah tempat penyimpanan untuk suatu barang, harus mencukupi kebutuhan akan ruang penyimpanan maksimal dari barang tersebut. 

Metode Randomized Storage (Floating Lot Storage) 

Metode ini merupakan metode penyimpanan barang yang memungkinkan adanya perpindahan lokasi penyimpanan setiap waktu, untuk barang-barang yang disimpan.

Hasilnya kurang teratur, karena hanya memperhatikan jarak terdekat menuju suatu area penyimpanan saja. Faktor lain seperti dimensi barang, jenis barang, dan jaminan keamanan barang kurang diperhatikan. 

Metode Class-Based Dedicated Storage 

Metode ini memungkinkan pengaturan tempat penyimpanan dirancang dengan lebih leluasa dan fleksibel. Caranya, membagi tempat penyimpanan menjadi beberapa bagian. Tiap bagian dapat diisi oleh beberapa jenis barang acak, yang telah dikelompokkan sesuai jenis maupun ukuran barang tersebut. 

Metode Shared Storage 

Metode ini menjadi jalan keluar untuk mengurangi kebutuhan akan ruang penyimpanan. Caranya, dengan menentukan barang secara teliti terhadap ruang yang digunakan. Barang-barang yang berbeda ada pada slot penyimpanan yang sama. 

Demikian informasi lengkap tentang pengertian tata letak pergudangan yang patut Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh