Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian Pasar Monopoli

Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Pasar pun memiliki berbagai jenis. Salah satunya adalah pasar monopoli. Nah, jenis pasar apa itu? Jika kamu masih belum tahu, yuk cari tahu pengertian pasar monopoli disini!

Jika kamu menginginkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan kamu, pasti salah satu tempat yang kamu tuju adalah pasar. Di tempat tersebut kamu akan menemukan berbagai jenis barang dan jasa yang kamu butuhkan.

Di dalam pasar kamu dapat menukarkan uangmu dengan barang atau jasa yang kamu butuhkan. Proses tersebut dinamakan transaksi, yaitu menukarkan uang atau sesuatu dengan barang atau jasa  yang kamu inginkan.

Dua aktor pemegang peranan penting di dalam pasar adalah penjual dan pembeli. Tanpa adanya kedua aktor tersebut, peran atau fungsi pasar menjadi tidak berjalan.

Pasar Persaingan Sempurna

pasar persaingan sempurna
gambar: flickr

Namun, jika terdapat penjual dan pembeli dengan jumlah yang seimbang dengan interaksi yang seimbang pula, maka akan terjadi sebuah keharmonisan pasar.

Hal tersebut digambarkan dengan pasar persaingan sempurna. Di dalam pasar persaingan sempurna, kamu akan menemukan banyak penjual yang menjual barang serupa ke banyak pembeli.

Dengan banyaknya barang serupa yang dijual, maka para penjual pun tidak dapat memainkan harga pasar dengan menaikkan atau menurunkan harga seenaknya.

Kebutuhan dari konsumen atau pembeli pun dapat terpenuhi tanpa harus bingung memilih produk yang tersedia di pasar. Karena, produk atau barang yang tersedia di pasar persaingan sempurna bersifat homogen atau serupa.

Berdasarkan permintaan dari konsumen dan penawaran dari penjual pun harga menjadi stabil meskipun dijual dalam jumlah berapapun.

Akhirnya, persaingan harga antara penjual menjadi lebih sehat karena tidak ada permainan menaik turunkan harga seenaknya.

Tetapi, dalam prakteknya pasar persaingan sempurna sangat sulit untuk tercipta. Karena tiap produsen atau penjual memiliki kapasitas produksi yang berbeda sehingga harga dan kualitas barang pun menjadi berbeda.

Begitupun dengan pembeli yang secara alamiah yang sebisa mungkin akan mencari barang bagus dengan harga yang rendah.

Pasar Monopoli

pasar monopoli
gambar: picpedia

Jika dalam pasar persaingan sempurna memiliki ciri yakni barang yang dijual harganya sangat logis, maka kebalikan dari pasar persaingan sempurna adalah barang barang yang dijual sangat beragam dengan harga yang beragam pula.

Hal tersebut disebut dengan pasar persaingan tidak sempurna. Di dalam pasar persaingan tidak sempurna, pasar benar benar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual.

Pasar persaingan tidak sempurna ini disebut dengan pasar monopoli.

Pengertian Pasar Monopoli

Di dalam pasar monopoli, kamu hanya akan menemukan satu penjual yang menawarkan produk atau barangnya ke banyak pembeli dan tidak ada penjual lain yang memiliki produk pengganti ke para pembeli

Keadaan tersebut pun membuat para pembeli tidak memiliki pilihan lain selain membeli dan menggunakan jasa atau produk dari penjual tersebut.

Karena produsen tersebut menjadi satu satunya penjual di dalam sebuah pasar, maka dia pun dapat bertindak menjadi penentu harga di pasar yang dikuasainya.

Cara dari penjual monopolis untuk mengubah harga produknya di pasar adalah dengan cara menambah atau mengurangi jumlah barang mereka untuk beredar di pasar.

Ciri Ciri Pasar Monopoli

ciri ciri pasar monopoli
gambar: wikimedia

Berikut ini adalah ciri dari pasar monopoli:

  • Terdapat Satu Penjual dan Banyak Pembeli

Dalam monopoli, kamu hanya akan menemukan satu penjual yang menawar dan menjual barangnya kepada banyak pembeli.

  • Tidak Ada Barang Pengganti

Kemudian, kamu pun tidak memiliki pilihan lain selain produk yang dijual oleh penjual monopolistik tersebut karena tidak ada penjual lain yang menjual barang pengganti.

  • Terdapat Hambatan bagi Penjual Baru yang Ingin Masuk Pasar

Jika ada penjual lain yang ingin masuk ke pasar tersebut, mereka pun akan sulit untuk masuk. Sebab, terdapat hambatan yang menyulitkan bahkan tidak memperbolehkan mereka untuk masuk ke dalam pasar.

  • Penjual Menjadi Price Taker

Karena hanya ada satu penjual yang menjual produk di pasar, mereka pun dapat dengan mudahnya untuk mengubah harga pasar tanpa takut pembeli berpindah ke penjual lain.

  • Kurva Permintaan Pasar Sama Dengan Kurva Permintaan Produsen

Penjual pun sudah mengetahui permintaan produsen, sehingga mereka dapat menyesuaikan jumlah barang sesuai dengan permintaan pasar.

Jenis Pasar Monopoli

Pasar monopoli juga terbagi menjadi beberapa jenis. Pembagian jenis ini didasari oleh penyebab bagaimana pasar monopoli ini terbentuk. Jenis jenis pasar monopoli tersebut adalah:

1. Monopoli Karena Hukum

Pasar monopoli ini terbentuk akibat adanya hukum atau undang undang yang mengatur pasar tersebut.

Biasanya hukum tersebut dibuat untuk melindungi pasar tersebut dari persaingan pasar dan produk yang dilindungi biasanya merupakan barang kepentingan umum yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup orang banyak.

Sehingga, negara yang bertanggung jawab untuk mensejahterakan rakyatnya berusaha untuk menguasai pasar tersebut dengan membuat undang undang.

2. Monopoli Alamiah

Pasar monopoli alamiah tercipta dengan sendirinya, secara alamiah, karena pasar yang ada memang tidak bisa menampung lebih dari satu penjual.

Biasanya pun terjadi karena satu penjual sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ada. Bisa juga disebabkan karena faktor alam.

3. Monopoli Masyarakat

Kemudian monopoli masyarakat tercipta karena produk tersebut memang dipercaya oleh mayoritas bahkan seluruh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Sehingga, jika satu produsen tersebut sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat, maka masyarakat pun akan terus memilih produk tersebut dan sulit untuk berpindah ke produk lain.

4. Monopoli karena Lisensi

Lalu pasar monopoli ini terbentuk karena salah satu penjual membuat lisensi kepada produknya dengan hak cipta, hak kekayaan intelektual, hak paten, atau lisensi lainnya.

Dengan memiliki lisensi ini, maka akan sulit bagi penjual lain yang ingin menjual produk serupa

Kekurangan Pasar Monopoli

Berdasarkan penjelasan di atas, pasar monopoli pun memiliki kekurangan yaitu:

  • Produsen akan dengan mudahnya mengubah harga pasar, dan mengatur jumlah barang yang tersedia di pasar.
  • Pembeli tidak memiliki pilihan selain produk yang dimiliki penjual monopolis.
  • Karena produk hanya dimiliki satu penjual monopolis, keuntungan pun menjadi terpusat ke penjual tersebut.

Kelebihan Pasar Monopoli

Selain kekurangan yang disebutkan sebelumnya, namun pasar monopoli memiliki beberapa kelebihan juga. Kelebihan tersebut ialah:

  • Penjual tidak perlu melakukan banyak promosi untuk produknya karena hanya produk mereka yang beredar di pasar
  • Lalu, monopoli yang dilakukan negara dapat melindungi dan menjaga sumber daya penting yang dibutuhkan masyarakat
  • Inovasi akan semakin berkembang karena setiap produsen berlomba lomba dalam hak kekayaan intelektual.

Jenis Pasar Tidak Sempurna Lain

jenis pasar tidak sempurna lain
gambar: afar media

Masih terdapat jenis lain dari pasar tidak sempurna diluar pasar monopoli. Jenis lain tersebut adalah:

1. Pasar Monopolistik

Keadaan pasar ini tidak seperti pasar monopoli. Di sini masih ada penjual lain yang bersaing, namun tidak sebanyak pasar persaingan sempurna.

Barang yang tersedia di pasar monopolistik cenderung heterogen, sehingga persaingan produk antar penjual menjadi ketat

2. Pasar Oligopoli

Sedangkan pasar oligopoli mirip seperti pasar monopolistik, namun dengan penjual yang jauh lebih sedikit dan bukan satu pemain tunggal seperti pasar monopoli.

Perbedaan lainnya dengan pasar monopolistik adalah barang yang tersedia di pasar ini homogen.

3. Pasar Monopsoni dan Oligopsoni

Pada pasar monopsoni dan oligopsoni yang jumlahnya lebih banyak adalah pembelinya. Satu pembeli dengan banyak penjual di pasar monopsoni, dan beberapa pembeli dengan banyak penjual di pasar oligopsoni.

Barang yang dijual di pasar ini juga biasanya berupa bahan baku.

Sekian informasi yang kami berikan pada artikel kali ini tentang pasar monopoli. Dari informasi yang kita bahas kali ini kita mengetahui buruk dan baiknya pasar monopoli. Semoga artikel ini bermanfaat! Terima kasih

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com