Sudah Tahu? Ternyata Ini Pengertian Bea Cukai, Fungsi, Tujuan, & Manfaatnya

Sudah Tahu? Ternyata Ini Pengertian Bea Cukai, Fungsi, Tujuan, & Manfaatnya

Pengertian Bea Cukai – Hallo sahabat Mister Exportir yang kami banggakan dan kami hormati, terimakasih telah meluangkan waktunya untuk dapat berkunjung dilaman artikel kali ini. Semoga sobat eksportir semua dapat mengambil pelajaran dan manfaat dari postingan ini.

Sejak dulu kita sudah mengenal adanya istilah Custom Excise atau Bea Cukai. Hal ini menjadi salah satu bagian yang cukup familiar dan bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Akan tetapi, tak semua orang bisa mengetahui pengertian bea cukai.

Pengertian Bea Cukai
Pengertian Bea Cukai Fungsi, Tujuan, Manfaat – Mister Exportir

Tidak heran, karena segala hal yang terkai dengan bea cukai pastilah ada hubungannya dengan gerak ekspor impor. Dan untuk masalah ini tentu hanya mereka yang bekerja dalam ranah tersebut yang memahaminya.

Meski begitu, tidak menjadi masalah bukan jika kita juga harus mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan bea cukai, fungsi, tujuan serta manfaatnya. Nah, lebih jelasnya simak uraiannya dibawah ini.

 

 

 

Pengertian Bea Cukai Menurut Bahasa & Istilah

Ada sejumlah orang yang sudah memahami pengertian bea cukai secara menyeluruh. Akan tetapi, ada juga sebagian dari orang yang justru belum memahami makna dari bea cukai itu sendiri. Hal seperti ini menjadi bagian yang wajar. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda mengetahui apa pengertian atau definisi dari bea cukai itu sendiri.

Pengertian Bea Cukai
Pengertian Bea Cukai Menurut Bahasa dan Istilah – Mister Exportir

Memahami pengertian bea cukai ini sendiri akan memberi kemudahan untuk Anda dalam memaknainya. Dengan memaknai istilah ini, maka Anda pun bisa lebih memahami apa yang menjadi artinya. Ada 2 macam pengertian bea cukai secara bahasa dan istilah. Memang keduanya sedikit berbeda, namun maknanya tetap sama, seperti yang ada di bawah ini.

 

 

1. Pengertian Bea Cukai menurut bahasa

Pertama, kita akan membahas pengertian bea cukai dari segi bahasa. Bea merupakan pungutan yang dikenakan untuk sejumlah barang yang diekspor dan diimpor. Cukai merupakan pungutan negara yang dikenakan untuk sejumlah barang yang memiliki karakter atau sifat sesuai dengan ketetapan undang-undang.

 

 

2. Pengertian Bea Cukai menurut istilah

Selanjutnya, pengertian bea cukai berdasarkan istilah yaitu direktorat atau instansi yang ada di bawah kementerian atau departemen keuangan yang mengurus sejumlah tugas yang berhubungan dengan arus masuk dan keluarnya barang atau hal- hal yang berkaitan dengan kepabeanan dan cukai.

 

 

 

Fungsi dan Tujuan Bea Cukai

Pengertian Bea Cukai
Fungsi dan Tujuan Bea Cukai – Mister Exportir

Setelah mengetahui pengertian bea cukai, Anda juga harus mengetahui apa yang menjadi fungsi dan tujuannya. Badan ini sendiri didirikan tentu saja memiliki sejumlah fungsi dan tujuan yang akan berhubungan dengan sejumlah barang ekspor maupun impor. Lebih lengkap lagi, berikut ini fungsi dan tujuan bea cukai itu sendiri yang perlu kita ketahui:

 

1. Tujuan Bea Cukai

Bea cukai didirikan untuk menyelenggarakan perumusan serta pelaksanaan kebijakan yang ada di bidang penegakan hukum, pengawasan, pelayanan, dan optimalisasi penerimaan negara dalam bidang kepabeanan dan cukai yang didasari dengan peraturan perundang-undangan.

 

 

2. Fungsi Bea Cukai

Ada beberapa fungsi bea cukai yang bisa kita tahu. Beberapa fungsi tersebut sebagai berikut ini.

a. Perumusan kebijakan dalam berbagai bidang. Khususnya bidang pelayanan dan pengawasan, penegakan hukum, serta optimalisasi penerimaan negara dalam bidang kepabeanan serta cukai.

b. Melaksanakan kebijakan dalam bidang sebagaimana disebutkan diatas.

c. Menyusun standar, norma, kriteria, dan prosedur dalam bidang penegakan hukum, pengawasan, pelayanan, serta optimalisasi penerimaan negara dalam bidang kepabeanan serta cukai.

d. Memberikan bimbingan teknis serta supervisi dalam bidang penegakan hukum, pelayanan, pengawasan, dan optimalisasi penerimaan negara dalam bidang kepabeanan serta cukai.

e. Melaksanakan evaluasi, pemantauan, serta pelaporan dalam bidang pelayanan, penegakan hukum, pengawasan, dan optimalisasi penerimaan negara dalam bidang kepabeanan serta cukai.

f. Melaksanakan administrasi dari Direktorat Jendral Bea dan Cukai, serta

g. Melaksanakan sejumlah fungsi lain yang diberi oleh menteri keuangan.

 

 

 

Peran Penting dari Lembaga Bea Cukai

Setelah kita telah mengetahui tentang pengertian bea cukai beserta fungsi dan tujuannya. Di samping itu, juga sejumlah peran penting yang ada baiknya untuk diketahui. Indonesia sendiri memiliki lembaga yang berperan penting di dalam pembangunan nasional serta perlindungan masyarakat, seperti lembaga bea dan cukai atau Direktorat Jendral Bea dan Cukai.

Beberapa peran lembaga ini sangat penting, baik untuk negara maupun masyarakat. Oleh karena itu, pengadaan lembaga ini pun dilakukan, sehingga segala hal yang berhubungan dengan sejumlah barang ekspor maupun impor bisa tetap terkendali dan terkontrol.

Selain itu, lembaga ini pun akan membantu negara untuk mencapai kesejahteraan dengan beberapa peran seperti berikut.

 

1. Melindungi masyarakat dari sejumlah barang berbahaya

Peran bea dan cukai di sini secara tak langsung adalah melindungi masyarakat dari sejumlah barang berbahaya yang bisa masuk ke Indinesia. Misalnya saja seperti pada upaya pencegahan penyelundupan sejumlah zat psikotropika dan narkotika yang marak terjadi. Hal ini akan mencegah rusaknya generasi muda bangsa.

 

 

 

2. Melindungi industri tertentu dari persaingan tidak sehat

Seperti yang kita tahu dari pengertian bea cukai, hal ini berhubungan dengan ekspor dan impor, dimana ada persaingan industri tertentu antara dalam dan luar negeri. Oleh karena itu, di sini bea cukai berperan penting dalam melindungi industri dalam negeri dari persaingan kompetitor dari luar negeri dengan persaingan tak sehat.

 

 

 

3. Memberantas penyelundupan tertentu

Sejumlah barang selundupan marak ditemukan lewat jalur laut dan udara. Oleh karena itu, bea cukai berperan sebagai pihak yang menjaga lebih ketat agar tak ada penyelundupan secara fisik. Hal ini bisa dilakukan dengan memperketat penjagaan dan melakukan pemeriksaan kargo dan juga penumpang.

 

 

 

4. Menjalankan tugas titipan instansi lain yang berhubungan dengan lalu lintas barang melebihi batas negara

Bea dan cukai memiliki peran membantu pengawasan lalu lintas sejumlah barang, seperti senjata api dan peralatan perang angkatan bersenjata Republik Indonesia yang melebihi sejumlah batas negara.

 

 

5. Memungut bea masuk serta pajak impor untuk penerimaan keuangan negara

Pemungutan bea masuk serta cukai yang dilakukan Direktorat Jendral Bea dan Cukai adalah salah satu bentuk pemasukan terbesar bagi kas negara. Salah satu contohnya adalah cukai rokok yang menjadi pendapatan negara cukup solid. Dengan demikian, hal ini memiliki dampak yang sangat besar untuk pembangunan negara.

 

 

 

Manfaat Bea Cukai untuk Suatu Negara

Selain mengetahui pengertian bea cukai dan sejumlah informasi yang ada di atas, ada baiknya Anda juga mengetahui apa saja yang menjadi manfaat dari bea cukai untuk suatu negara. Misalnya saja untuk membantu negara mendapat pemasukan tambahan dari impor barang demi menambah kas, sehingga akan mengembangkan pembangunan nasional.

Selain itu, dengan adanya bea cukai, maka negara bisa melindungi sejumlah pengusaha lokal agar tak kalah saing dengan produk impor. Hal ini akan membuat para pedagang terhindar dari kemungkinan gulung tikar, sehingga juga akan berdampak pada merosotnya nilai ekonomi daerah atau negara serta menambah jumlah pengangguran.

Beberapa hal penting tentang pengertian bea cukai dan sejumlah informasi lain seperti yang ada di atas sudah Anda tahu. Dengan begitu, Anda bisa lebih memahami lagi apa saja yang ada hubungannya dengan bea cukai. Hal ini tentu juga akan menambah ilmu dan pengetahuan Anda dalam bidang serupa.

 

 

Nah sahabat Mister Exportir yang kami hormati dan sekaligus kami banggakan, bagaimana menurut anda? apah sobat eksportir sudah tahu pengertian, fungsi, tujuan, peranan penting dan manfaat dari Bea Cukai itu sendiri? Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi semuanya ya.

Terimakasih dan Salam Sukses Para Eksportir Tanah Air!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com