TOP 10+ Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia, Lengkap!

TOP 10+ Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia, Lengkap!

Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia- Indonesia telah lama menjadi pelaku ekonomi internasional. Hal ini telah dibuktikan dengan aktifnya Indonesia dalam kegiatan ekspor maupun impornya. Negara-negara yang digandeng sebagai rekan kerja samanya juga telah menyebar luas. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa memang produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara lainnya.

Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia-Mister Exportir

Banyak produk Indonesia yang telah dikenal baik dan dipercaya oleh konsumen dari berbagai negara. Produk hortikultura hingga produk pertambangan telah memiliki konsumen masing-masing sehingga memudahkan Indonesia dalam mengekspornya. Salah satu dari produk tersebut adalah udang.

Udang merupakan salah satu produk yang banyak dikonsumsi hampir di seluruh dunia. Banyak sekali kandungan gizi yang dimiliki oleh udang. Beberapa kadungan tersebut adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin D, dan omega-3. Hal tersebut merupakan alasan mengapa produk udang ini banyak diminati oleh orang-orang di dunia.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai negara tujuan ekspor udang Indonesia secara tuntas. Daripada penasaran, langsung simak saja pembahasannya di bawah ini.

Manfaat Mengonsumsi Udang

Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia-Mister Exportir

Selain memiliki banyak gizi yang dikandungnya, udang juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan. Di antara manfaat tersebut adalah:

Mengurangi nyeri menstruasi dan gejala PMS

Tak banyak yang tahu, ternyata produk yang satu ini dapat mengurangi nyeri menstruasi dan gejala pramenstruasi. Hal tersebut disebabkan oleh asam lemak omega-3 yang dikandungnya.

Menjaga kesehatan rambut

Mengonsumsi udang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral yang ada pada udang (seng) yang juga berperan bagi kesehatan rambut. Selain itu, seng juga dapat mempertahankan dan menciptakan sel-sel yang baru, yaitu sel rambut dan sel kulit, sehingga rambut rontok dapat dicegah dan pertumbuhan rambut dapat ditingkatkan.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Sifat antioksidan yang berasal dari kedua asam lemak yang dimilikinya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan, saat ini para peneliti memanfaatkan udang untuk dijadikan petunjuk dalam mendeteksi kanker.

Daerah Penghasil Udang di Indonesia

Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia-Mister Exportir

Di Indonesia sendiri, terdapat lima daerah dengan predikat penghsil udang terbesar di Indonesia. Beberapa daerah tersebut adalah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Lampung. Kelima daerah tersebut mengalami peningkatan dan penurunan hasil produksi dalam kurun waktu 2007-2016. Meskipun begitu, konsumen di luar negeri masih memercayakan udang Indonesia untuk diekspor.

TOP 10+ Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia, Lengkap!

Ternyata udang Indonesia banyak diekspor ke negara Amerika, Jepang, dan Cina. Bahkan, Indonesia merupakan eksportir utama komoditi ini untuk Jepang. Udang masih menjadi primadona ekspor sektor perikanan. Hal ini dibuktikan dengan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) pada akhir tahun 2018 lalu.

Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia
Negara Tujuan Ekspor Udang Indonesia-Mister Exportir

Ekspor udang mencapai US$1.8 miliar atau sekitar RP 26.3 triliun, dengan jumlah 180.000 ton. Rifky Effendi Hardijanto, Direktur (PDSPKP) KPP, mentargetkan ekspor udang bisa mencapai US$2.8 miliar untuk dua hingga tiga tahun mendatang. Oleh karenanya untuk mewujudkan hal ini, dibutuhkan tambahan sekitar 100.000 ton udang untuk diekspor. Udang-udang tersebut akan diekspor ke berbagai negara seperti:

  1. Amerika Serikat
  2. Jepang
  3. Cina
  4. Vietnam
  5. Spanyol
  6. Korea Selatan
  7. Perancis
  8. Taipei
  9. Belgia
  10. Singapura
  11. Hongkong
  12. Kanada
  13. Thailand
  14. Federasi Rusia
  15. Australia
  16. Jerman
  17. Italia
  18. Malaysia
  19. Belanda
  20. Inggris
  21. Denmark
  22. Portugal
  23. Swiss
  24. UEA
  25. Filipina

Amerika Serikat adalah negara tujuan ekspor udang terbesar Indonesia. Indonesia adalah eksportir udang kedua terbesar setelah India. Selain itu, Indonesia pun sedang meningkatkan ekspor udang ke Eropa. Pemerintah mengatakan bahwa ekspor udang ke Eropa masih berpeluang besar.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai negara tujuan ekspor udang Indonesia. Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa produk Indonesia dapat bersaing dengan produk dari negara lainnya di pasar global. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com