Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Inilah Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Australia, Lengkap!

Inilah Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Australia, Lengkap!

Komoditi Indonesia yang Biasa Diekspor ke Australia- Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak produk yang berasal dari Indonesia mampu bersaing di pasar global. Dalam kegiatan ekspor impor sendiri, Indonesia banyak melakukan kerja sama dengan beberapa negara, salah satunya adalah Australia. Telah banyak produk Indonesia yang diekspor ke Australia mulai dari produk sandang hingga produk pangan.

Komoditi Ekspor ke Australia
Komoditi Ekspor ke Australia-Mister Exportir

Selain mengekspor beberapa produk ke Australia, Indonesia juga mengirim produk-produknya ke berbagai negara lainnya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia. Banyak sekali manfaat yang didapat ketika Indonesia menjadi salah satu eksportir bagi beberapa negara, salah satu di antaranya adalah meningkatkan perekonomian sekaligus neraca perdagangan nasional.

Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai komoditi Indonesia yang biasa diekspor ke Australia. Agar mendapatkan informasi yang jelas dan akurat, yuk sama-sama kita cek apa saja yang akan ada di pembahasan mengenai ekspor ke Australia.

Hubungan Kerjasama Indonesia-Australia

Hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Australia telah terjalin sejak lama. Telah banyak pula produk-produk yang dekspor ke Australia dari Indonesia begitupun sebalinya. Tak hanya bekerjasama di bidang pertahanan, kedua negara tersebut juga bekerjasama di bidang perekonomian. Bidang perekonomian inilah yang membuat keduanya dapat melakukan kegiatan ekspor dan impor secara saling menguntungkan.

Produk Indonesia yang Diekspor Hingga ke Australia, Lengkap!

Dari banyaknya komoditi yang dimiliki oleh Indonesia, ada beberapa yang diekspor ke negara Australia. Berikut ini adalah pemaparan secara lengkapnya:

Kendaraan Bermotor

Komoditi Ekspor ke Australia
Komoditi Ekspor ke Australia-Mister Exportir

Per Februari 2019, produksi mobil Indonesia diklaim telah mencapai angka yang cukup fantastis. Hal ini dibenarkan oleh Yohanes Nagoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo). “Indonesia memiliki kemampuan prduksi mobil mencapai 2,3 unit/tahun,” tuturnya. Pada waktu yang bersamaan, Australia tidak lagi memproduksi mobil, dan hal tersebut merupakan kesempatan emas bagi para eksportir di Indonesia.

Olahan Kayu

Komoditi Ekspor ke Australia
Komoditi Ekspor ke Australia-Mister Exportir

Selain terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah, Indonesia juga terkenal degan kerajinan tangan masyarakatnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya hasil kerajinan tangan yang diekspor ke berbagai negara, salah satunya adalah ke Australia. Jenis kerajinan yang paling terkenal adalah ukiran kayu.

Direktur Eksekutif APHI Purwadi Soeprihanto mengatakan bahwa Pada 2018 Australia menempati urutan ke-7 tujuan pasar ekspor kayu olahan Indonesia dengan nilai US$371,42 juta. Sejauh ini, yang paling banyak menyumbang produk kayu di Indonesia adalah Papua dan Papua Barat. Sedangkan daerah penghasil ukiran kayu yang paling banyak di Indonesia adalah daerah Jepara yang terletak di Jawa Tengah.

Kopi

Komoditi Ekspor ke Australia
Komoditi Ekspor ke Australia-Mister Exportir

Kopi asal tanah air ini telah mampu bersaing di negara Australia. Berdasarkan data pada tahun 2017, ekspor kopi Indonesia ke Australia mencapai tercatat sebesar 23,64 juta dolar AS, yang mengalami peningkatan dibanding 2016 yang sebesar 17,36 juta dolar AS. Hal ini telah membuktikan bahwa kualitas kopi dari Indonesia sangat baik. Beberapa daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Lampung.

Minyak Kelapa

Produk yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan ini juga telah diekspor hingga ke Australia. Berdasarkan data BPS yang diolah oleh Kementrian Perindustrian, dari tahun 2012 hingga 2016 kemarin, penjualan produk minyak kelapa ke negara Australia selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Produk minyak kelapa ini didapat dari beberapa daerah di Indonesia seperti Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, dan Sulawesi.

Perhiasan

Komoditi Ekspor ke Australia
Komoditi Ekspor ke Australia-Mister Exportir

Tidak ingin kalah dengan produk lainnya, komoditi perhiasan ini juga menampakkan diri dalam daftar komoditi ekspor Indonesia ke Australia. Komoditas yang dominan memengaruhi peningkatan ekspor tujuan Australia, yakni komoditas perhiasan atau permata berupa mutiara dan perhiasan imitasi, yang meningkat hingga puluhan kali lipat. Sedangkan daerah penghasil perhiasan di Indonesia adalah Martapura, Lombok,dan Kotagede.

Selain di data di atas, masih banyak lagi komoditas ekspor Indonesia, di antaranya adalah produk pakaian setengah jadi, produk olah raga, buah-buahan, dan lain-lain. Dari pemaparan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa banyak sekali kekayaan Indonesia yang telah mendunia. Nah, demikian pembahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat. Salam Mister Exportir!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com