Menakjubkan! Inilah TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Libya!

Menakjubkan! Inilah TOP 10+ Komoditas Ekspor Impor Libya!

Komoditas Ekspor Impor Libya – Libya terletak di pantai Afrika Utara dan Timur Mesir. Pada tahun 2018, negara Libya mengirim sekitar US $30 miliar barang ke seluruh dunia. Jumlah dolar itu mencerminkan kenaikan 43% sejak 2014 dan kenaikan 53,8% dari 2017 hingga 2018.

Komoditas Ekspor Impor Libya
Komoditas Ekspor Impor Libya -Mister Exportir

Berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, Mesir di sebelah timur, Sudan di sebelah tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan, serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat. Bahasa resmi negara Libya adalah bahasa Arab.

Libya adalah negara terbesar keempat di Afrika menurut luasnya dan k-17 terbesar di dunia, yakni seluas hampir 1,8 juta kilometer persegi (700000 sq mil). Kota terbesar di Libya adalah kota Tripoli. Yaitu merupakan rumah bagi 1,7 juta dari 6,4 juta rakyat Libya.

Sementara fokus pembahasan pada artikel kali ini ialah mengenai komoditas ekspor impor Libya yang memiliki peluang untuk bersaing di dunia karena kualitasnya yang sangat luar biasa. Berikut ini pembahasannya untuk Anda.

 

Baca Juga: Top 10 Negara Eksportir Terbesar Didunia Tahun 2017 – Mister Exportir

 

Sekilas Tentang Ekonomi Negara Libya, Anda Harus Tahu!

Ekonomi Libya terutama tergantung pada pendapatan dari sektor perminyakan, yang mewakili lebih dari 95% pendapatan ekspor dan 60% PDB. Pendapatan minyak dan populasi kecil ini telah memberikan Libya salah satu PDB per kapita nominal tertinggi di Afrika.

Komoditas Ekspor Impor Libya
Komoditas Ekspor Impor Libya -Mister Exportir

Setelah tahun 2000, Libya mencatat tingkat pertumbuhan yang menguntungkan dengan pertumbuhan PDB diperkirakan 10,6% pada tahun 2010. Perkembangan ini terputus oleh Perang Sipil Libya, yang mengakibatkan kontraksi ekonomi sebesar 62,1% pada tahun 2011.

Setelah perang, perekonomian kembali pulih sebesar 104,5 % pada 2012, tetapi kemudian jatuh lagi setelah Perang Saudara Libya Kedua. Pada 2017, PDB PPP per kapita Libya mencapai 60% dari tingkat sebelum perang.  GDP Libya = 50,98 miliar USD (2017)

 

 

TOP 10+ Komoditas Ekspor Libya, Cek Disini!

Komoditas Ekspor Impor Libya
Komoditas Ekspor Impor Libya -Mister Exportir

Libya merupakan salah satu negara yang melakukan ekspor ke seluruh negara yang ada di dunia. Di antara komoditas yang diekspor oleh Libya ke seluruh negara, terdapat berapa komoditas yang menjadi komoditas ekspor terbesar Libya. Apa sajakah komoditas ekspor  terbesar Libya? Berikut ini 10+ komoditas eskpor Libya terbesar:

  • Petroleum oils and oils obtained from bituminous minerals, crude (USD 26,746,664)
  • Natural gas in gaseous state (USD 1,182,647)
  • Medium oils & preparations, of petroleum or bituminous minerals, not containing biodiesel, n.e.s. (USD 607,692)
  • Light oils & preparations, of petroleum or bituminous minerals which >= 90% by volume “incl.losses” distil at 210°C “ASTM D 86 method” (USD 518,780)
  • Propane, liquefied (USD 141,611)
  • Butanes, liquefied (excluding of a purity of >= 95% of N-butane or isobutane) (USD 126,123)
  • Gold, incl. gold plated with platinum, unwrought, for non-monetary purposes(USD 124,561)
  • Waste and scrap, of coppe (USD 99,786)
  • Urea, whether or not in aqueous solution (USD 57,649)
  • Gaseous hydrocarbons, liquefied, n.e.s. (excluding natural gas, propane, butane, ethylene, propylene, butylene and butadiene (USD 51,269)

 

Sudah Tahu? Inilah Daftar Komoditas Impor Libya dari Indonesia

Selain sebagai negara yang melakukan ekspor ke seluruh negara di dunia, Libya juga melakukan impor ke beberapa negara. Salah satunya ialah negara Indonesia. Berikut ini daftar komoditas impor Libya dari Indonesia:

  • New pneumatic tyres, of rubber (USD 3,873)
  • Uncoated paper and paperboard, of a kind used for writing, printing or other graphic purposes (USD 2,710)
  • Soap; organic surface-active products and preparations for use as soap (USD 2,261)
  • Motor cars and other motor vehicles principally designed for the transport of person (USD 1,632)
  • Margarine, other edible mixtures or preparations of animal or vegetable fats or oils and edible fractions of different fats or oils (USD 1,307)
  • Organic surface-active agents (USD 1,135)
  • Bread, pastry, cakes, biscuits and other bakers’ wares (USD 816)
  • Extracts, essences and concentrates, of coffee, tea or maté and preparations with a basis of these products or with a basis of coffee (USD 716)
  • Sugar confectionery not containing cocoa, incl. white chocolate (USD 691)
  • Beauty or make-up preparations and preparations for the care of the skin (USD 519)

 

Daftar Komoditas Impor Terbesar Libya

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa ternyata Libya juga melakukan impor ke beberapa negara di dunia. Salah satunya ialah Indonesia. Berikut ini daftar komoditas impor terbesar Libya:

  • Petroleum oils and oils obtained from bituminous minerals (USD 2,109,893)
  • Motor cars and other motor vehicles principally designed for the transport of persons, incl. station wagons and racing cars (USD 469,119)
  • Wheat and meslin (USD 295,739)
  • Medicaments consisting of mixed or unmixed products for therapeutic or prophylactic uses, put up in measured doses (USD 284,635)
  • Telephone sets, (USD 227,734)
  • Live sheep and goats (USD 168,842)

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Libya (Jalur Laut)

Komoditas Ekspor Impor Libya
Komoditas Ekspor Impor Libya -Mister Exportir

Dalam pengiriman komoditas ekspor dan impor, Libya menjadikan jalur laut sebagai salah satu akses. Negara ini memiliki pelabuhan laut internasional yang sangat luar biasa. Berikut ini sejumlah pelabuhan laut internasional yang dimiliki oleh Libya:

1. Pelabuhan Laut Benghazi

Pelabuhan Benghazi adalah pelabuhan laut utama di kota Benghazi, Libya, di pantai Laut Mediterania di Teluk Sidra. Aktivitas pelabuhan ini adalah break bulk, bulk dan container.  Ekspor utama yang meninggalkan pelabuhan adalah wol, kulit, domba dan kambing, kain rambut, dan karpet wol. Impor penting termasuk bahan makanan, tekstil, tembikar, tembakau, dan produk kimia.

Pelabuhan ini dapat menampung kapal dengan panjang 167,6 meter dengan draft 8,53 meter. Ada dua pendekatan ke Pelabuhan Benghazi dari barat daya dan dari utara. Memiliki tujuh tempat berlabuh. Di pelabuhan bagian dalam, tiga tempat berlabuh di Dermaga Rasif Libya dan Dermaga Rasif Juliana total panjangnya 494 meter.

 

2. Pelabuhan Marsa El Brega

Pelabuhan ini memuat kargo umum, minyak mentah & produk petrokimia.  Kargo utama yang ditangani di Port Marsa El Brega adalah minyak mentah dan produk minyak dan petrokimia serta beberapa kargo umum. Sekitar 300 kapal menelepon di Port Marsa El Brega setiap tahun.

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Libya (Jalur Udara)

Komoditas Ekspor Impor Libya
Komoditas Ekspor Impor Libya -Mister Exportir

Selain pelabuhan laut, Libya juga memiliki bandar udara internasional. Berikut ini beberapa bandar udara internasional yang dimiliki oleh Libya:

1. Bandar Udara Internasional Tripoli

Bandar Udara Internasional Tripoli adalah bandara internasional yang dibangun untuk melayani Tripoli, ibu kota Libya. Bandara ini terletak di daerah Qasr bin Ghashir, 24 kilometer (15 mil) dari pusat Tripoli. Dulunya merupakan hub untuk Libyan Airlines, Afriqiyah Airways, dan Buraq Air.

 

2. Bandar Udara Internasional Al-Abraq

Bandara Internasional Al Abraq atau Bandara Internasional Al Bayda adalah bandara yang melayani kota Bayda di Libya timur. Bandara ini 16 kilometer (9,9 mil) timur Bayda, dan 12 kilometer (7,5 mil) selatan pantai Mediterania Libya.

 

3. Bandar Udara Internasional Benina

Bandara Internasional  Benina melayani Benghazi, Libya. Itu terletak di kota Benina, 19 kilometer (12 mil) timur Benghazi, dari mana ia mengambil namanya. Bandara ini dioperasikan oleh Biro Penerbangan Sipil dan Meteorologi Libya dan merupakan bandara terbesar kedua di negara itu setelah Bandara Internasional Tripoli.

 

Nah, demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Libya. Bagaimana Sobat Mister Exportir? Semakin menambah wawasan kita semua tentang dunia ekspor dan impor, ya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Salam Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com