Pelanggan yang terhormat saat ini nomer: 0822-9795-2975 tidak aktif. Silahkan hub nomor lainnya
Luar Biasa! Inilah Komoditas Ekspor Impor Kenya Bernilai Tinggi!

Luar Biasa! Inilah Komoditas Ekspor Impor Kenya Bernilai Tinggi!

Komoditas Ekspor Impor Kenya – Kenya atau Republik Kenya merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika Timur. Berbatasan langsung dengan Ethiopia di sebelah utara, Somalia di sebelah timur dan timur laut, Tanzania di selatan, Uganda di barat, Sudan di barat laut serta dibatasi Samudera Hindia di bagian tenggara.

Komoditas Ekspor Impor Kenya
Komoditas Ekspor Impor Kenya – Mister Exportir

Pada tahun 2018, Republik Kenya mengekspor sekitar US $ 5,1 miliar produk ke seluruh dunia. Jumlah dolar itu mencerminkan penurunan -16,9% sejak 2014 dan penurunan -11,6% dari 2017 hingga 2018. Mata uang Kenya adalah Shilling Kenya (KSh).

Pada artikel kali ini, pembahasannya akan lebih fokus mengenai komoditas ekspor impor Kenya yang bernilai tinggi. Kenya merupakan salah satu negara yang melakukan ekspor ke  seluruh dunia. Namun, negara ini juga melakukan impor ke beberapa negara.

 

Baca Juga: Komoditas Ekspor Impor Mongolia yang Paling Lengkap!

 

Sekilas Mengenai Ekonomi Negara Kenya

Komoditas Ekspor Impor Kenya
Komoditas Ekspor Impor Kenya – Mister Exportir

Komoditas ekspor utama dari negara ini antara lain : teh, produk hortikultura, kopi, produk bahan bakar, ikan dan semen. Tujuan ekspor  : UK 29.1%, Amerika Serikat 16.36%, Jerman 8.3%, Perancis 5.2%, Zambia 4,4%, Rusia 3,7% (CIA, 2009).  Total ekspor Kenya sebesar US$ 3,120 juta tahun 2005 pada tahun 2006 telah mengalami peningkatan sebesar US$ 3,333 juta dan perubahan nilai tahun 2006/2005 sebesar 6.83% dengan nilai rata-rata tahun 2005-2009 sebesar (7.91)%.

Komoditas impor utama negara ini antara lain mesin dan peralatan transportasi, produk perminyakan, kendaraan bermotor, besi dan baja dan plastik. Total komoditas yang berasal dari : China 21.9%, Afrika Selatan 15.1%, Amerika Serikat 11.3%, Jepang 9.2%, UK 7%, Jerman 4.8% (CIA, 2009). GDP Kenya = 74,94 miliar USD (2017)

 

Daftar Komoditas Ekspor Kenya yang Terbesar

Komoditas Ekspor Impor Kenya
Komoditas Ekspor Impor Kenya – Mister Exportir

Republik Kenya adalah salah satu negara yang melakukan ekspor ke seluruh dunia.  Di antara komoditas ekspor Kenya terdapat komoditas ekspor yang terbesar. Apa sajakah komoditas-komodtas itu? Berikut ini data selengkapnya mengnai 10+ komoditas ekspor terbesar Kenya:

  • Black fermented tea and partly fermented tea, whether or not flavoured (USD 1,116,591)
  • Fresh cut roses and buds, of a kind suitable for bouquets or for ornamental purposes (USD 628,671)
  • Coffee (excluding roasted and decaffeinated) (USD 251,106)
  • Fresh or dried macadamia nuts, shelled (USD 113,345)
  • Titanium ores and concentrates (USD 133,618)
  • Fresh or chilled beans “Vigna spp., Phaseolus spp.”, shelled or unshelled (USD 123,267)
  • Men’s or boys’ trousers, bib and brace overalls, breeches and shorts, of cotton (USD 86,264)
  • Fresh cut flowers and buds, of a kind suitable for bouquets or for ornamental purposes (USD 80,751)
  • Medicaments consisting of mixed or unmixed products for therapeutic or prophylactic purposes, put up in measured doses (USD 64,242)
  • Fresh or dried avocados (USD 119,074)

 

10+ Komoditas Impor Kenya dari Indonesia

Komoditas Ekspor Impor Kenya
Komoditas Ekspor Impor Kenya – Mister Exportir

Selain negara yang melakukan ekspor, Kenya juga melakukan impor ke beberapa negara di dunia. Salah satunya ialah Indonesia. Berikut ini komoditas yang diimpor oleh Republik Kenya dari Indonesia:

  • Palm oil and its fractions, whether or not refined (USD 197,330)
  • Uncoated paper and paperboard, of a kind used for writing, printing or other graphic purposes (USD 31,886)
  • Yarn of synthetic staple fibres (USD 11,176)
  • Woven fabrics of synthetic filament yarn (USD 7,879)
  • Industrial monocarboxylic fatty acids; acid oils from refining; industrial fatty alcohols (USD 5,771)
  • Preparations for oral or dental hygiene, (USD 4,657)
  • Electric accumulators, (USD 3,306)
  • Coconut “copra”, palm kernel (USD 3,048)
  • Refrigerators, freezers and other refrigerating or freezing equipment, electric or other; heat pumps; parts thereof (USD 2,259)
  • Self-propelled bulldozers (USD 1,931)

 

Daftar Komoditas Impor Kenya yang Terbesar

Di antara komoditas yang diimpor oleh Kenya dari berbagai negara di dunia, berikut ini komoditas impor Kenya terbesar:

  • Petroleum oils and oils obtained from bituminous minerals (USD 730,026)
  • Motor cars & other motor vehicles principally designed for the transport of persons, incl. station wagons and racing cars (USD 506,850)
  • Medicaments consisting of mixed or unmixed products for therapeutic or prophylactic uses, put up in measured doses (USD 409,955)
  • Flat-rolled products of iron or non-alloy steel (USD 365,601)
  • Palm oil and its fractions, whether or not refined (USD 364,631)
  • Wheat and meslin (USD 355,253)

 

 

Pelabuhan Laut Internasional Kenya

Komoditas Ekspor Impor Kenya
Komoditas Ekspor Impor Kenya – Mister Exportir

Pelabuhan Mombasa adalah pelabuhan utama Kenya dan terdiri dari Pelabuhan Kilindini dan Pelabuhan Reitz di sisi Timur Pulau Mombasa dan Pelabuhan Tua dan Pelabuhan Tudor di utara Pulau Mombasa. Kilindini secara alami dalam dan terlindung dengan baik dan merupakan pelabuhan utama di mana sebagian besar kegiatan pengiriman berlangsung.

Ini memiliki 16 dermaga air dalam, dua terminal minyak dan jangkar yang aman dan pelampung tambat untuk kapal yang berlayar di laut. Pelabuhan Mombasa tidak hanya melayani Kenya tetapi juga merupakan pintu gerbang utama ke negara-negara pedalaman Afrika Timur seperti Uganda, Rwanda, Burundi, DRC dan Sudan Selatan

 

Bandar Udara Internasional Kenya

Berikut ini sejumlah bandar udara internasional yang ada di Kenya:

1. Eldoret International Airport

Bandara Eldoret adalah bandara umum yang melayani kota Eldoret di Kenya Barat. Berjarak sekitar 16 km dari pusat kota, dan dikembangkan oleh Pemerintah Kenya untuk memfasilitasi akses ke pasar lokal dan internasional. Bandara ini dioperasikan oleh Otoritas Bandara Kenya.

 

2. Moi International Airport

Bandara Internasional Mombasa Moi melayani kota Mombasa di pantai Samudra Hindia bagian tenggara Kenya. Bandara ini adalah bandara tersibuk kedua di Kenya, di belakang Bandara Internasional Nairobi Jomo Kenyatta, dan dioperasikan oleh Otoritas Bandara Kenya.

Awalnya dikenal sebagai Bandara Port Reitz, Mombasa memulai operasi internasional pada tahun 1975. Hari ini dilayani oleh sejumlah operator Afrika dan Eropa.

 

3. Jomo Kenyatta International Airport

Bandara Internasional Jomo Kenyatta di Nairobi adalah bandara tersibuk di Afrika Timur dan merupakan pusat utama kegiatan wisata untuk wilayah tersebut. Dimiliki dan dioperasikan oleh Otoritas Bandara Kenya, bandara ini terletak 18 kilometer sebelah timur Nairobi.

Jomo Kenyatta International dilayani oleh sekitar 50 maskapai terjadwal, dengan koneksi langsung ke Eropa, Timur Tengah, Asia dan Afrika. Ini adalah hub untuk maskapai nasional Kenya Airways dan maskapai berbiaya rendah Fly540.

 

Banyak negara di dunia yang melakukan perdagangan Internasional atau ekspor dan impor. Mengirimkan sejumlah komoditasnya yang berkualitas ke negara di seluruh dunia. Bagi Anda pelaku bisnis ekspor dan impor, tentunya sangat penting mengetahui hal ini.

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Kenya. Semoga info yang kami bagikan kepada Anda dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kita semua untuk senantiasa bekerja keras untuk ke depannya lagi.  Salam Exportir!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com