Komoditas Ekspor Impor Greenland yang Terkenal di Dunia

Komoditas Ekspor Impor Greenland yang Terkenal di Dunia

Komoditas Ekspor Impor Greenland – Tahukah Anda bahwa Greenland adalah sebuah negara konstituen independen di dalam Kerajaan Denmark. Terletak di sebelah timur Kepulauan Arktik Kanada.  Ekonomi di negara ini terbilang kecil dan rentan.

Komoditas Ekspor Impor Greenland
Komoditas Ekspor Impor Greenland – Mister Exportir

Dilansir Wikipedia.com, pendapatan per kapita Greenland kurang lebih sama dengan rata-rata negara Eropa lainnya. Namun negara ini sangat bergantung pada aliran modal dari Denmark dan penggunaan tenaga kerja terdidik dari luar (terutama luar Denmark).

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus terhadap sejumlah komoditas ekspor impor Greenland. Bagaimana angka-angka yang ada dibalik pengiriman komoditas-komoditasnya serta akses pengiriman yang dilakukan Greenland untuk mengirimkan produk-produknya ke seluruh dunia.

 

Baca Juga: 10+ Komoditas Ekspor Impor Chile yang Mampu Bersaing di Dunia

 

Sekilas Tentang Negara Greenland

Greenland merupakan sebuah negara yang terletak di Samudera Atlantik bagian uatara arah timur laut Kanada. Luas wilayah negara ini adalah 2.166.086 kilometer persegi. Termasuk ke dalam pulau terbesar di dunia.

Negara ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Greenland diberi kemandirian sejak tahun 1979. Namun sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Tetapi Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Greenland adalah Nuuk. Mata uang negara ini adalah Krona Denmark  (DKK).

Dilihat dari segi perekonomiannya, Greenland bergantung dari produksi bahari, peternakan domba, dan pertambangan. Produk yang dihasilkan dari sektor pertambangan antara lain kreolit, kwarts, tembaga, seng dan besi.

 

Total Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Greenland yang Tak Banyak Orang Tahu

Pada tahun 2018, Greenland mengirimkan barang sekitar US $1,1 miliar barang ke seluruh dunia. Berdasarkan perkiraan dari World Factbook Central Intelligence Agency, barang yang diekspor ditambah layanan Greenland mewakili 18,2% dari total output ekonomi negara atau Produk Domestik Bruto. (analisis berikut hanya berfokus pada produk yang diekspor.)

Komoditas Ekspor Impor Greenland
Komoditas Ekspor Impor Greenland – Mister Exportir

Sementara itu nilai Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) Greenland pada tahun 2011 yakni sebesar $1.8 miliar dengan hitungan per kapita sebesar $37,000.

Data spesifik negara terbaru yang tersedia pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 94% produk yang diekspor dari Greenland dibeli oleh importir di: Denmark (81,3% dari total global), Portugal (8,3%), Islandia (3,2%), Norwegia (0,5%) ), Rusia (0,3%), Kepulauan Faroe (0,2%), Estonia (0,1%), Jerman (0,05%), Amerika Serikat (0,001%), Korea Selatan (0,001%), dan Kanada (0,0004%).

 

10+ Komoditas Ekspor Greenland, Lengkap!

Berikut ini daftar komoditas Greenland yang di ekspor ke seluruh dunia. Juga ditunjukkan exported value dari tahun ke tahun. Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

Komoditas Ekspor Impor Greenland
Komoditas Ekspor Impor Greenland – Mister Exportir

 

10+ Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Greeland, Kamu Sudah Tahu?

Indonesia bekerjasama dengan Greenland dalam perdagangan Internasional (ekspor dan impor). Sejumlah komoditas dalam negerti di ekspor ke negara Greenland. Apa sajakah komoditas-komoditas tersebut? Berikut ini data selengkapnya untuk Anda.

Komoditas Ekspor Impor Greenland
Komoditas Ekspor Impor Greenland – Mister Exportir

 

10+ Komoditas Greenland yang Melebihi Batas Permintaan

Berikut ini daftar komoditas Greendland yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand:

Komoditas Ekspor Impor Greenland
Komoditas Ekspor Impor Greenland – Mister Exportir

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Greenland ke Seluruh Dunia Melalui Jalur Laut

Komoditas Ekspor Impor Greenland
Komoditas Ekspor Impor Greenland – Mister Exportir

Untuk mengirimkan berbagai komoditas berkualitas ke seluruh negara,  Greenland memiliki beberapa pelabuhan dan bandar udara yang menjadi akses untuk mengirimkan produk-produknya. Berikut ini beberapa pelabuhan dan bandar udara yang dimiliki oleh Greenland.

1. Pelabuhan Nuuk

Pelabuhan Nuuk adalah pelabuhan terbesar di Greenland. Terletak di wilayah tenggara kota Nuuk yang dikenal sebagai Nuuk Tua. Pintu masuk pelabuhan dibatasi karena pasang selama sebagian besar tahun dan es selama musim dingin.

Area pelabuhan bagian dalam adalah rumah bagi marina untuk kapal-kapal kecil dan feri dan kapal-kapal besar ke sisi timur area pelabuhan. Area kontainer terletak di selatan terminal feri dengan area untuk penyimpanan dan pemrosesan kontainer. Ada rencana untuk memindahkan area kontainer ke sisi timur pelabuhan pada November 2016.

 

2. Pelabuhan Sisimiut

Sisimiut, sebelumnya dikenal sebagai Holsteinborg, adalah kota yang sangat indah, terletak 40 km (25 mil) di utara Lingkaran Arktik di pantai Greenland Barat. Dengan akar yang berasal lebih dari 4.500 tahun, Sisimiut telah tumbuh menjadi kota terbesar kedua di Greenland dengan 5.500 penduduk. Kota terbesar adalah Nuuk, ibu kota negara.

Saat ini, Sisimiut adalah kota penting bagi industri perikanan. Kota ini diakui sebagai kota paling utara di Greenland yang merupakan rumah bagi pelabuhan bebas es di musim dingin, menjadikannya lokasi yang ideal untuk pabrik pengolahan ikan Royal Greenland.

Terletak di pelabuhan Sisimiut, pabrik ini adalah yang terbesar dari jenisnya di Greenland dan salah satu yang paling modern di dunia. Sisimiut juga merupakan pusat pendidikan yang penting, dan merupakan situs Pusat Teknologi Kutub Utara Universitas Teknik Denmark.

Selain Pelabuhan Nuuk dan Pelabuhan Sisimiut, Greenland juga memiliki pelabuhan lain yakni Pelabuhan Zhongshan.

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Greenland ke Seluruh Dunia Melalui Jalur Udara

Negara ini juga memiliki sejumlah bandar udara internasional. Berikut ini beberapa bandar udara internasional yang ada di Greenland.

1. Bandar Udara Internasional Nuuk

Bandar Udara Internasional Nuuk adalah bandara yang melayani Nuuk, ibukota Greenland. Bandara ini adalah basis teknis dan kota fokus untuk Air Greenland, maskapai penerbangan pembawa bendera Greenland, yang menghubungkan ibukota dengan beberapa kota di bagian barat dan selatan-barat negara itu, termasuk hub maskapai di Bandara Kangerlussuaq.

Bandara Internasional Nuuk memiliki terminal penumpang, dan terminal kargo Air Greenland.  Ini berfungsi sebagai basis teknis untuk Air Greenland. [30] Bandara ini dilengkapi dengan peralatan pengukur jarak.

Ada tiga gerbang di terminal, yang terletak di area yang sama dengan meja check-in dan ruang tunggu, dengan akses tidak terbatas. Sabuk konveyor bagasi dipasang di bagian terminal yang terpisah. Bandara tutup pada hari Minggu.

Jalur 3 Nuup Bussii menghubungkan bandara dengan Nuuk Centrum, melewati distrik Nuussuaq dan Quassussuup Tungaa dalam perjalanan. Bus berangkat dari bandara setiap jam pada jam-jam sibuk Senin hingga Jumat. Taksi yang dioperasikan oleh Nuna Taxa juga tersedia. [33] Parkir waktu terbatas untuk mobil pribadi tersedia di luar terminal.

 

2. Bandar Udara Internasional Narsarsuaq

Bandar Udara Internasional Narsarsuaq adalah bandara yang berlokasi di Narsarsuaq, sebuah pemukiman di kota Kujalleq di selatan Greenland.  Seiring dengan Bandara Kangerlussuaq, ini adalah salah satu dari dua bandara di Greenland yang mampu melayani pesawat besar. Ini juga satu-satunya bandara internasional di Greenland selatan.

 

3. Bandar Udara Internasional Kangerlussuac

Bandar Udara Internasional Kangerlussuac adalah bandara di Kangerlussuaq, sebuah pemukiman di kota Qeqqata di Greenland tengah-barat. Bandara Kangerlussuaq adalah pusat internasional untuk Air Greenland.

Fasilitas di bandar udara ini terdapat sebuah Terminal buka selama 24 jam sehari selama musim panas. Hotel Kangerlussuaq, dengan 70 kamar dan sebuah restoran, terletak di dalam bangunan terminal bandara, menyediakan akomodasi untuk mentransfer penumpang.

 

4. Bandar Udara Internasional Kulusuk

Bandar Udara Internasional Kulusuk adalah sebuah bandara di Kulusuk, sebuah pemukiman di sebuah pulau dengan nama yang sama di lepas pantai Atlantik Utara di kotamadya Sermersooq di tenggara kota Greenland.

 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komditas ekspor impor Greenland. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda, khususnya bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor dan impor. Salam Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com