Komoditas Ekspor Impor Costa Rica, Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor Costa Rica, Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor Costa Rica – Costa Rica adalah salah satu negara pengekspor barang. Penting untuk mengetahui komoditas yang ada di negara ini. Hal ini digunakan untuk mengatur strategi bisnis selanjutnya. Tidak terkecuali dengan negara Costa Rica yang memiliki sejumlah komoditas-komoditas yang luar biasa.

Komoditas Ekspor Impor Costa Rica
Komoditas Ekspor Impor Costa Rica – Mister Exportir

Negara ini adalah negara terkecil ketiga setelah Belize dan El Savador di Amerika Tengah. Namun meskipun demikian, Costa Rica mampu bersaing dengan negara-negara lainnya. Termasuk dalam perdagangan Internasional seperti ekspor dan impor.

Costa Rica dalah negara pengonsumsi gula terbanyak di dunia. Negara ini memiliki sejumlah komoditas luar biasa yang diekspor ke berbagai negara. Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Costa Rica.

 

Baca Juga: 10+ Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Luar Negeri, Lengkap!

 

Tentang Negara Costa Rica

Costa Rica merupakan negara terkecil ketiga setelah Belize dan El Savador di Amerika Tengah. Negara ini berbatasan dengan Nikaragua di sebelah utara, Panama di selatan-tenggara, Samudera Pasifik di barat dan selatan serta Laut Karibia di timur.

Di kawasannya, negara ini memiliki tingkat politik paling aman.  Selain itu, Costa Rica juga unggul dalam pendapatan per kapita dibandingkan dengan negara-negara Amerika Latin lainnya. Hasil utama dari negara ini ialah kopi.

Negara ini memiliki populasi sekitar 5 juta di tanah seluas 51.060 kilometer persegi (19.714 mil persegi). Diperkirakan 333.980 orang tinggal di ibu kota dan kota terbesar, San José dengan sekitar 2 juta orang di wilayah metropolitan sekitarnya. Mata uangnya adalah Colon (CRC).

 

Luar Biasa! Inilah Total Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Costa Rica!

Komoditas Ekspor Impor Costa Rica
Komoditas Ekspor Impor Costa Rica – Mister Exportir

Republik Costa Rica mengirimkan barang senilai US $ 11,3 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018. Sebuah angkat yang sangat luar biasa. Jumlah dolar itu mencerminkan kenaikan 0,04% sejak 2013 dan kenaikan 6,1% dari 2017 hingga 2018.

Data terbaru menunjukkan bahwa 78,4% produk yang diekspor dari Costa Rica dibeli oleh importir di: Amerika Serikat (41,1% dari total global), Belanda (6,03%), Belgia (6%), Panama (5,2%), Guatemala ( 5,1%), Nikaragua (4,3%), Honduras (3,5%), El Salvador (2,6%), Meksiko (2,5%) dan Republik Dominika (2,2%).

Dilihat dari perspektif kontinental, 44,3% ekspor Costa Rica berdasarkan nilai dikirim ke negara-negara Amerika Utara sementara 28,4% dijual kepada importir di Amerika Latin (tidak termasuk Meksiko tetapi termasuk Karibia). Costa Rica mengirim barang senilai 21,9% ke Eropa dengan 6,5% dikirim ke pelanggan di Asia.

Total Produk Domestik Bruto atau PDB (KKB) pada tahun 2014 sebesar $70.972 miliar dengan hitungan per kapita $14.864. Sementara total Produk Domestik Bruto atau PDB (nominal) pada tahun 2014 sebesar $48.144 miliar dengan hitungan per kapita sebesar $10.083.

Indikator kunci lain dari kinerja ekonomi suatu negara adalah tingkat penganggurannya. Tingkat pengangguran Costa Rica adalah 10,3% pada Maret 2019 naik dari 10,3% setahun sebelumnya, menurut Trading Economics.

 

10+ Komoditas Ekspor Costa Rica yang Tak Banyak Orang Tahu!

Berikut ini kelompok produk ekspor yang mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Costa Rica selama 2018. Juga ditunjukkan persentase pangsa setiap kategori ekspor yang mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Costa Rica.

  1. Optical, technical, medical apparatus: US$2.7 billion (Up by 17.1% since 2017)
  2. Fruits, nuts: $2.1 billion (Up by 1.9%)
  3. Miscellaneous food preparations: $308.9 million (Up by 14.6%)
  4. Coffee, tea, spices: $303 million (Up by 3.1%)
  5. Vegetable/fruit/nut preparations: $219.8 million (Down by -12.9%)
  6. Live trees, plants, cut flowers: $117.5 million (Down by -1.5%)
  7. Vegetables: $97.6 million (Up by 34.4%)
  8. Animal/vegetable fats, oils, waxes: $82.6 million (Up by 6.9%)
  9. Dairy, eggs, honey: $81.8 million (Down by -6.6%)
  10. Miscellaneous manufactured articles: $75.2 million (Up by 48.5%)

Komoditas ekspor di atas menyumpang tiga perempat (75,1%) dari nilai keseluruhan pengiriman globalnya.  Di antara 10 kategori ekspor teratas, peralatan optik, teknis dan medis adalah komoditas yang tumbuh paling cepat  naik 14,6% dari 2017 hingga 2018.

Di tempat kedua untuk meningkatkan penjualan internasional adalah obat-obatan yang diekspor Costa Rica, naik 12,3%. Karet dan barang-barang yang terbuat dari karet dari eksportir Costa Rica mengalami  kenaikan tercepat ketiga berkat kenaikan 9% dari tahun ke tahun.

 

Komoditas Costa Rica yang Over Demand, Anda Harus Tahu!

Selain komoditas-komoditas teratas, Cosa Rica juga memiliki sejumlah komoditas yang melebihi batas permintaan atau commodity over demand. Apa sajakah komoditas-komoditas itu? Berikut ini data selengkapnya.

Komoditas Ekspor Impor Costa Rica
Komoditas Ekspor Impor Costa Rica – Mister Exportir

 

Kerja Sama Perdagangan Internasional Antara Indonesia dengan Costa Rica

Indonesia mengirimkan sejumlah komoditas-komoditasnya ke Costa Rica. Dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Meskipun beberapa di antaranya ada yang mengalami penurunan. Berikut ini data selengkapnya mengenai komoditas-komoditas Indonesia yang di ekspor ke Costa Rica.

Komoditas Ekspor Impor Costa Rica
Komoditas Ekspor Impor Costa Rica – Mister Exportir

 

Baca Juga: 5 Barang Ini Dikenakan Bea Keluar! Sudah Tahu?

 

Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Costa Rica

Komoditas Ekspor Impor Costa Rica
Komoditas Ekspor Impor Costa Rica – Mister Exportir

Costa Rica memiliki beberapa pelabuha dan bandara yang menjadi akses pengiriman komoditas ekspor dan impornya. Berikut ini penjelasannya.

  1. Puerto Limon

Puerto Limón berisi dua terminal pelabuhan, Limón dan Moín, yang mengizinkan pengiriman ekspor Costa Rica serta penahan kapal pesiar. Pada 2016, pemerintah menjanjikan ₡ 93 juta ($ 166.000) untuk terminal kapal pesiar baru untuk Puerto Limón.

Puerto Limón terletak 160 km dari San José, ibukota Costa Rica, dan berbagi fasilitas penyimpanan kontainer dengan dekat Pelabuhan Moin. Lokasinya yang strategis di benua dan kedekatannya dengan Terusan Panama menjadikannya pelabuhan paling penting di negara itu, tempat negara itu mengekspor barang bernilai lebih dari 7000 juta dolar per tahun, menurut Procomer (Foreign Trade Office of Costa Rica).

Berbagai jenis bahan makanan pertanian, daging sapi dan kerang, bersama dengan peralatan medis dan komponen elektronik merupakan inti dari ekspor Costa Rica. Demikian juga, pelabuhan ini menerima sejumlah besar impor produk mentah, barang-barang konsumsi, minyak bumi dan bahan bangunan.

Lebih dari 2300 kapal berlabuh dengan kontainer, curah cair atau padat, serta Ro-Ro. Pelabuhan ini juga merupakan pelabuhan tujuan / pemberhentian biasa bagi banyak kapal pesiar di Laut Karibia.

 

2. Pelabuhan San Jose

San José adalah ibukota, di samping pusat politik dan bisnis di Costa Rica. Karena kedekatannya dengan pelabuhan utama, ia memiliki infrastruktur komunikasi yang berkualitas, termasuk kereta api dan bandara, yang menjadikannya platform distribusi dan penyaluran yang sempurna untuk banyak barang yang tiba atau diproduksi di negara ini.

 

Selain, memiliki pelabuhan laut, Costa Rica juga memiliki sejumlah bandar udara yang menjadi akses pengiriman pula bagi komoditas ekspor impor Costa Rica ke luar negeri. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Juan Santamaria International Airport, Alajuela
  2. Daniel Odubel Quiros International Airport, Liberia
  3. Limon International Airport

 

Nah, demikianlah pembahasan pada artikel ini mengenai komoditas ekspor impor Costa Rica yang sangat luar biasa. Semoga info ini dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang berkecimpung di dunia ekspor dan impor, umumnya bagi Anda sekalian para pembaca setia web Mister Exportir.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com