Inilah Komoditas Ekspor Impor Bangladesh, Lengkap!

Inilah Komoditas Ekspor Impor Bangladesh, Lengkap!

Komoditas Ekspor Impor BangladeshTahukah anda, Bangladesh masih merupakan negara berkembang, meski telah dilakukan usaha berlanjut untuk meningkatkan prospek ekonomi dan demografi. Pendapatan per kapita pada 2008 tercatat sebesar $520, namun, seperti yang dicatat Bank Dunia pada Laporan Negera Juli 2005-nya, negara ini telah membuat kemajuan pesat dalam pengembangan manusia dengan berfokus pada pemberantasan tingkat buta huruf yang berhasil, penyetaraan gender dalam sekolah, dan pengurangan pertumbuhan penduduk. Produk Domestik Bruto 249,7 miliar USD (2017).

Komoditas Ekspor Impor Bangladesh
Komoditas Ekspor Impor Bangladesh-Mister Exportir

Berdasarkan data dari Dana Moneter Internasional, Bangladesh merupakan negara yang memiliki ekonomi terbesar ke-48 di dunia, dengan produk domestik bruto sebesar $224,889 miliar. Pada tahun-tahun terakhir,pertumbuhan ekonomi Bangladesh tercatat sebesar 6-7%. Hampir setengah penduduk Bngladesh bekerja di sektor pertanian.

Nah, dalam pembahasan artikel kali ini akan lebih fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Bangladesh. Khususnya komoditas-komoditas di negara Bangladesh. Selain itu, Bangladesh juga melakukan impor dari berbagai negara lain di dunia. Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Bangladesh dan Ekonominya

Republik Rakyat Banglaadesh adalah sebuh negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat di utara, dan timur, Myanmar di tenggara, serta Teluk Benggala di selatan. Bangladesh membentuk kawasan etno-linguistik Benggala bersama dengan Benggala Barat di India. Bngladesh secara harfiah bermakna “Negara Bangla”. Ibu kota dan kota terbesar Bangladesh ialah Dhaka.

Komoditas Ekspor Impor Bangladesh
Komoditas Ekspor Impor Bangladesh – Mister Exportir

Bangladesh memiliki jumlah penduduk terbesar kedelapan di dunia dan merupakan salah satu negara terdapat di dunia dengan tingkat kemiskninan yang tinggi. Namun, pendapatan per kapita Bangladesh telah meningkat sebanyak dua kali lipat semenjak tahun 1975 lalu. Sedangkan tingkat kemiskinan menurun sampai 20% sejak awal tahun 1990-an. Negara ini juga dinobatkan sebagai salah satu bagian dari “Next Eleven”.  Secara geografis, negara ini berada di Delta Gangga-Brahmaputra yang subur. Bangladesh mengalami banir muson dan siklon tahunan.

10 + Komoditas Ekspor Bangladesh Terbesar, Kamu Sudah Tahu?       

Bangladesh memiliki sejumlah komoditas ekspor terbesar. Apa sajakan komoditas ekspor impor terbesar Bangladesh? Berikut ini data selengkapnya untuk anda.

Most Exported Goods value In 2018 (US Thousand Dolar)

Komoditas Ekspor Impor Bangladesh
Komoditas Ekspor Impor Bangladesh – Mister Exportir
  • Articles of apparel and clothing accessories, knitted or crocheted (USD 19,048,203).
  • Articles of apparel and clothing accessories, not knitted or crocheted (USD 17,841,228).
  • Other made-up textile articles; sets; worn clothing and worn textile articles; rags (USD 1,053,368).
  • Footwear, gaiters and the like; parts of such articles (USD 947,738).
  • Other vegetable textile fibres; paper yarn and woven fabrics of paper yarn (USD 659,114).
  • Fish and crustaceans, molluscs and other aquatic invertebrates (USD 526,433).
  • Headgear and parts thereof (USD 302,682).
  • Articles of leather; saddlery and harness; travel goods, handbags and similar containers; articles of animal gut (other than silkworm gut (USD 294,255)).
  • Raw hides and skins (other than furskins) and leather (USD 166,551).
  • Tobacco and manufactured tobacco substitutes (USD 106,552). 

Daftar Komoditas Impor Dari Indonesia Ke Bangladesh

Ditunjang jumlah penduduk yang signifikan dan perekonomian yang tersu tumbuh, Bangladesh dinilai berpeluang besar menjadi salah sau negara tujuan eskpor utama Indonesia. Sejumlah komodtas Indonesia diimpor ke Bangladesh. Berikut ini komodtas impor Indonesia yang dikirim Bangladesh:

Imported value in 2018

Komoditas Ekspor Impor Bangladesh
Komoditas Ekspor Impor Bangladesh – Mister Exportir
  • Surplus nonmigas ( minyak kelapa sawit, bubur ayu kimia, benang, dan serat staple buatan (USD 1,52 miliar)).
  • Surplus migas (USD 16,12 juta).                      

Inilah Komoditas Impor Bangladesh Yang Dikirim Dari Negara Lain (Selain Indonesia)

Selain dari Indonesia, Bangladesh  juga mengimpor dari banyak negara di dunia, berikut ini komoditas impor yang dikirim dari berbagai negara:

Bangladesh Imported value in 2018

Komoditas Ekspor Impor Bangladesh
Komoditas Ekspor Impor Bangladesh – Mister Exportir
  • Medium oils and preparations, of petroleum or bituminous minerals, not containing biodiesel (USD 3,979,572).
  • Cotton, neither carded nor combed (USD 1,704,934).
  • Palm oil and its fractions, whether or not refined (USD 1,028,799).
  • Wheat and meslin (USD 918,400).
  • Crude soya-bean oil (USD 643,133).
  • Waste and scrap of iron or steel (USD 618,954).
  • Denim, containing >= 85% cotton by weight and weighing > 200 g/m², made of yarn of different colours (USD 614,377).
  • Telephones for cellular networks “mobile telephones” or for other wireless networks (USD 579,851).
  • Raw cane sugar, in solid form (USD 528,142).
  • Denim, containing predominantly, but < 85% cotton by weight, mixed principally or solely with man-made fibres and weighing > 200 g/m², made of yarn of different colours (USD 528,142).

Akses Pengirmian Komoditas Ekspor Impor Bangladesh Ke Seluruh Dunia

Komoditas Ekspor Impor Bangladesh
Komoditas Ekspor Impor Bangladesh-Mister Exportir

Untuk mengirimkan komoditas ekspor dan impornya, Bangladesh menjadikan pelabuhan laut dan bandar udara sebagai alternatif dalam pengrimannya ke seluruh dunia.

  • Shahjalal International Airport In Dhaka, Bangladesh. Bandar Udara Internasional Hazrat Shahjalal, sebelumnya dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Zia, adalah bandara internasional di Dhaka, Bangladesh dengan kode IATA DAC dan kode ICAO VGHS.
  • Shah Amanat International Airport In Chittagong, Bangladesh. Bandar Udara Internasional Shah Amanat, adalah bandara internasional terbesar kedua di Bangladesh yang berlokasi pada Patenga, Chittagong dengan kode IATA CGP dan kode ICAO VGEG. Sebelumnya dikenal sebagai Bandara Internasional MA Hannan namun kemudian diganti pada 2 April 2005 oleh pemerintah Bangladesh.
  • Osmani International Airport In Sylhet, Bangladesh. Bandar Udara Internasional Osmani adalah bandara yang terletak lima mil di sebelah timur laut Sylhet, Bangladesh. Bandara ini merupakan bandara internasional ketiga Bangladesh. Bandar Udara Osmani dioperasikan oleh Civil Aviation Authority of Bangladesh

Demikianlah pembahsan pada artikel kali ini mengenai Komoditas Ekspor Impor  Bangladesh yang sering dilakukan. Sangat menarik ya Sobat Mister Exportir. Semoga pembahasan pada artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com