Jasa Ekspor Kemenyan

Jasa Ekspor Kemenyan

Jasa ekspor kemenyan adalah salah satu jasa yang cukup banyak dicari di masyarakat. Belum banyak yang mengetahui bahwa ternyata kemenyan adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia yang sangat potensial.

Sering dianggap berhubungan dengan hal mistis, rupanya kemenyan menyimpan banyak manfaat bagi manusia. Di Indonesia sendiri khususnya, kemenyan dijadikan sebagai aroma wewangian dalam dupa dan parfum.

Salah satu daerah Indonesia yang terkenal akan tingginya produksi kemenyan adalah Sumatra Utara. Jenis kemenyan yang paling umum dibudidayakan secara luas di daerah ini adalah jenis kemenyan toba dan kemenyan durame.

Sejak bertahun-tahun lalu rupanya produk kemenyan asal Sumatra Utara ini telah melanglangbuana ke berbagai daerah, bahkan sukses juga diekspor ke berbagai negara.

Bagi pelaku usaha yang memiliki rencana ekspor kemenyan, Anda bisa menyimak informasi dari Mister Exportir terkait jasa ekspor kemenyan berikut ini.

jasa ekspor kemenyan

Kemenyan dan Manfaatnya

Kemenyan adalah jenis tumbuhan yang memiliki sifat aromaterapi. Berasal dari getah pohon jenis Boswellia, kemenyan dikenal juga dengan nama benzoin atau styrax.

Dipercaya bahwa tumbuhan ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Tak heran Indonesia menyimpan banyak sekali potensi produksi kemenyan dari hasil alamnya.

Kemenyan memiliki aroma kayu, pedas dan dapat dihirup, diserap melalui kulit, atau dikonsumsi sebagai suplemen.

Digunakan dalam pengobatan tradisional, kemenyan dipercaya menawarkan manfaat kesehatan tertentu, mulai dari mengobati radang sendi dan pencernaan hingga mengurangi asma dan menyehatkan mulut. Bahkan kemenyan dipercaya juga dapat membantu melawan jenis kanker tertentu.

Berikut ini 5 manfaat kemenyan untuk kesehatan.

  1. Mengurangi Radang Sendi

Kemenyan memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan sendi yang disebabkan oleh arthritis. Para peneliti percaya bahwa kemenyan dapat mencegah pelepasan leukotrien, yang merupakan senyawa yang dapat menyebabkan peradangan.

Efek anti-inflamasi kemenyan dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis dan kemungkinan rheumatoid arthritis. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian lanjutan untuk mengkonfirmasi efek ini.

  1. Meningkatkan fungsi usus

Sifat anti-inflamasi pada kemenyan juga dapat membantu usus berfungsi dengan baik. Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa kemenyan, dalam kombinasi dengan obat-obatan herbal lainnya, terbukti dapat mengurangi sakit perut, kembung, dan bahkan terkait depresi dan kecemasan pada orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS).

  1. Mengurangi Asma

Pengobatan tradisional telah menggunakan kemenyan untuk mengobati bronkitis dan asma selama berabad-abad. Penelitian menunjukkan bahwa senyawanya dapat mencegah produksi leukotrien, yang menyebabkan otot bronkial menyempit pada asma.

Kemenyan juga dapat memengaruhi sitokin Th2, yang dapat menyebabkan peradangan dan produksi lendir yang berlebihan pada penderita asma.

  1. Menyehatkan Mulut

Kemenyan dapat membantu meningkatkan kebersihan mulut dan mencegah penyakit gusi. Asam boswellic yang dikandung dalam kemenyan memiliki sifat antibakteri yang kuat, yang dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi mulut

Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak kemenyan efektif melawan Aggregatibacter actinomycetemcomitans, bakteri yang menyebabkan penyakit gusi agresif.

  1. Memiliki sifat antikanker

Penelitian menunjukkan bahwa kemenyan mungkin memiliki efek antikanker. Studi tabung menunjukkan bahwa asam boswellic yang dikandung oleh kemenyan dapat mencegah penyebaran sel kanker.

Sebuah tinjauan penelitian mencatat bahwa asam boswellic juga dapat mencegah pembentukan DNA dalam sel kanker, yang dapat membantu membatasi pertumbuhan kanker.

Secara umum, senyawa dalam kemenyan terbukti dapat membantu membunuh sel kanker dan mencegah penyebaran tumor. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian terutama pada manusia.

Kemenyan sebagai Komoditas Ekspor Indonesia

kemenyan

Kemenyan termasuk ke dalam komoditas jenis kayu aromatik bersama dengan tumbuhan lainnya seperti gaharu dan cendana. Sebagai salah satu hasil perkebunan yang punya segudang manfaat, kemenyan memang cukup laris manis di pasaran.

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kemenyan dengan tingkat produksi yang tinggi rupanya tak ketinggalan mengambil potensi ini untuk bersinar di pasar ekspor.

Tidak tanggung-tanggung, diperkirakan ada sekitar 5 ribu ton kemenyan asal Indonesia yang diekspor ke berbagai negara setiap tahunnya. Kemenyan yang siap ekspor ini biasanya disajikan dalam bentuk lempengan kering.

Di Indonesia sendiri, sentra produksi Kemenyan tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Akan tetapi, daerah yang paling dikenal akan produksinya terhadap kemenyan adalah Sumatra Utara.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa pada 2018 luas tanaman kemenyan di Provinsi Sumatera Utara mencapai 23.068 hektar dengan produksi getah sebanyak 8.332 ton. Berdasarkan jumlah ini, potensi pasar yang dapat diraih dari produksi tersebut mencapai Rp2,08 triliun per tahun.

Beberapa negara tujuan ekspor kemenyan asal Indonesia di antaranya Malaysia, India, Tiongkok, Arab Saudi, dan Vietnam.

Potensi Ekspor Kemenyan

ekspor impor

Meskipun memiliki tingkat permintaan yang cenderung fluktuatif dan naik turun setiap tahunnya, namun Indonesia sebagai negara yang terbilang cukup matang sebagai eksportir kemenyan masih memiliki peluang yang besar.

Saat ini masyarakat dunia masih dihadapkan dengan masalah pandemi dari Covid-19 yang telah melanda sejak awal tahun 2020. Seperti yang diketahui, pandemi ini telah memicu banyak dampak termasuk masalah kesehatan serta perubahan kebiasaan yang menyebabkan tingkat depresi menjadi tinggi.

Mengetahui hal ini, produk-produk kesehatan mulai dari obat-obatan modern sampai tradisional mengalami peningkatan permintaan yang cenderung tinggi di dunia. Kemenyan sebagai salah satu produk obat herbal serta aromaterapi alami berpeluang sangat besar untuk dikembangkan di pasar ekspor mengingat manfaatnya yang banyak bagi kesehatan.

Dengan demikian, diharapkan petani lokal dapat meningkatkan kembali produktivitas kemenyan sebagai salah satu tanaman herbal yang mencetak nilai tinggi di pasar ekspor.

Jasa Ekspor Kemenyan di Medan

ekspor kopi medan

Jasa ekspor kemenyan di Medan saat ini menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan di masyarakat. Apalagi daerah Sumatra Utara merupakan salah satu penghasil kemenyan terbesar di Indonesia.

Medan merupakan salah satu kota di Indonesia yang termasuk ke dalam kota besar serta memiliki peran penting di Provinsi Sumatra Utara.

Kota ini memiliki penduduk yang tergolong banyak sehingga aktivitas pengiriman barang dari Medan ke berbagai daerah Indonesia maupun ke luar negeri menjadi kegiatan yang sangat penting.

Bagi kamu yang memiliki rencana mengirimkan berbagai jenis barang, termasuk kemenyan bisa melalui jasa pengiriman barang yang ada di Medan.

Saat ini kamu bisa menggunakan jasa pengiriman Mister Exportir yang telah hadir di Medan untuk membantu memfasilitasi segala kebutuhan ekspor khususnya dalam pengiriman kemenyan ke berbagai negara.

Mister Exportir sebagai jasa kirim nomor satu di Indonesia bisa memberi pelayanan terbaik bagi para eksportir kemenyan yang ada di Medan dan sekitarnya. Pasalnya, saat ini Mister Exportir telah hadir di Kota Medan sehingga pengirim yang ingin mengekspor komoditas kemenyan tak perlu repot lagi untuk mengirimkan barang ke Jakarta terlebih dahulu.

Bersama tim yang handal, profesional, dan ahli di bidang ekspor impor, kini kamu bisa menggunakan Mister Exportir Medan sebagai jasa pengiriman kemenyan ke luar negeri yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Mulai dari pengurusan dokumen perkopian, pengurusan bea cukai dan karantina pertanian, hingga proses pengiriman kopi ke negara tujuan bisa Mister Exportir tangani sampai beres.

Kini kamu bisa menikmati kemudahan mengirim kemenyan dari Medan ke berbagai negara hanya dengan Mister Exportir.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

download

google-play-badge