Silahkan Hubungi Tim Spesialis Ekspor Kami
Negara Tujuan Ekspor Pala Indonesia

Negara Tujuan Ekspor Pala Indonesia

Ekspor Pala – Indonesia merupakan produsen dan eksportir pala. Tumbuhan ini berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Pala termasuk rempah-rempah yang dimiliki oleh Indonesia. Sejak masa Romawi, rempah-rempah, buah, dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting.

Ekspor Pala
Ekspor Pala – Mister Exportir

Tanaman rempah ini tersebar di wilayah atau negara yang memiliki iklim tropis termasuk di antaranya Guangdong dan Yunan di Cina, Taiwan, Malaysia, Grenada di Kepulauan Karibia, Kerala di India, Sri Lanka, dan Afrika Selatan, terutama negara asalnya yaitu Indonesia.

Penghasil utama pala di Indonesia terletak di Kepulauan Maluku, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Nanggroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, dan Papua. Tanaman pala mampu hidup mencapai umur 100 tahun.

 

Baca Juga: Inilah 10+ Negara Tujuan Ekspor Jahe Indonesia, Lengkap!

 

Ke Mana Pala Indonesia Diekspor?

Ekspor Pala
Ekspor Pala – Mister Exportir

Indonesia adalah negara produsen pala terbesar  di dunia.  Selain itu, ada India dan Sri Lanka yang juga merupakan negara produsen dan eksportir terbesar.  Rempah Indonesia sangat terkenal denga nilai jual yang sangat tinggi, bahkan sejak zaman penjajahan sekalipun.

Tanaman pala dalam negeri banyak diproduksi di sebagian besar wilayah Indonesia Timur, seperti Maluku.  Permintaan pala cukup tinggi bahkan sampai ke negara-negara Eropa dan Timur Tengah. Berikut ini negara tujuan ekspor pala Indonesia:

  1. Vietnam
  2. Amerika Serikat
  3. Belanda
  4. Jerman
  5. Jepang
  6. Prancis
  7. Itali
  8. Belgia
  9. Uni Emirat Arab
  10. India
  11. Kerajaan Inggris
  12. Singapura
  13. Australia
  14. Spanyol
  15. Kanada
  16. Korea
  17. Argentina
  18. Mesir
  19. Swiss
  20. Malaysia

Akhir tahun 2018, Indonesia mengekspor 28 ton pala ke Mesir. Jumlah ekspor tersebut senilai dengan Rp. 2,4 miliar. Selain itu, Indonesia juga banyak mengekspor tanaman ini ke Eropa. Jika di dalam negeri, pala hanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, di luar negeri tanaman yang satu ini dikenal dengan berbagai manfaatnya terutama dalam dunia kesehatan atau pengobatan.

 

Sentra Produksi Pala Indonesia

Ekspor Pala
Ekspor Pala – Mister Exportir

Hingga saat ini Indonesia masih menjadi produsen dan eksportir pala terbesar di dunia, yakni dengan pangsa dunia sebesar 75%. Negara tujuan utama ekspor pala Indonesia dilihat dari sisi volume adalah negara Vietnam, Amerika Serikat, Belanda, Jerman, dan Italia.

Sentra produksi tanaman pala Indonesia berada di 10 provinsi berdasarkan luas panen dan produksinya. Provinsi itu adalah Maluku Utara, Maluku, Aceh, Sulawesi Utara, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Jawa Barat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2016, luas areal tanam tertinggi berada di provinsi Maluku Utara.

 

 

Daerah Produsen Rempah-rempah Indonesia

Ekspor Pala
Ekspor Pala – Mister Exportir

Salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah adalah Indonesia. Selain tanaman pala asal Banda, berikut ini daerah penghasil rempah-rempah Indonesia:

  1. Cengkeh

Tanaman rempah yang satu ini berasal dari Maluku. Cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling terkenal dan mahal di Eropa bahkan harganya pernah melebihi harga emas.  Selain Maluku, cengkeh bisa ditemukan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Selawesi Utara, Sumatera Selatan, dan DI Yogyakarta.

 

  1. Lada

Rempah yang banyak digunakan untuk bumbu masak ini berasal dari Pulau Bangka Belitung. Memiliki dua jenis lada, yakni lada putih dan lada hitam. Tanaman rempah ini bisa juga ditemukan di Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan DI Yogyakarta.

 

  1. Kayu Manis

Jenis rempah yang satu ini banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat kue atau roti. Berasal dari Jambi, tepatnya di Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin Kota Sungai Penuh.

 

  1. Pala

Tanaman rempah yang satu ini berasal dari Banda dan Maluku. Selain di dua daerah tersebut, pala tersebar ke daerah lain seperti Jawad an Sumatera. Indonesia menjadi produsen dan eksportir  tanaman rempah yang satu ini.

 

Nah, itulah informasi yang kami sajikan mengenai ekspor pala Indonesia. Komoditi ini dikirim ke berbagai negara di dunia. Vietnam menjadi  negara tujuan pertama untuk ekspor tanaman rempah yang satu ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Follow Me:

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com