10+ Contoh Invoice | Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri Paling Lengkap!

Ted JohnsonBlog0 Comments

Contoh Invoice

Contoh Invoice – Hallo sahabat Mister Exportir yang dibanggakan Indonesia, terimakasih telah berkunjung di laman artikel berikut ini. Pada artikel kali ini, kita akan sedikit membahas tentang beberapa dokumen yang terkait seputar dunia ekspor impor atau Kepabeanan serta Perdagangan Internasional (PI).

Khususnya pada kesempatan ini, kita akan mengulas habis mengenai contoh invoice dimulai dari pengertian secara bahasa maupun istilah, fungsi dan tujuan dibuatnya dokumen tersebut, ciri- cirinya, poin- poin yang terdapat didalamnya, dan tentu saja beberapa contoh invoice terbaik yang kami kumpulkan beserta tips ataupun cara membuat dokumen invoice yang baik dan benar.

Nah sahabat Mister Exportir, untuk informasi lebih lanjut, yuk kita baca berbagai ulasan lengkap dibawah ini. Check it out, Expoter Lovers!

Contoh Invoice

Contoh Invoice – Mister Exportir

 

Baca Selengkapnya : Jasa Undername Import Terpecaya.

 

Pengertian Invoice Menurut Bahasa

Menurut bahasa, Invoice merupakan sebuah kosa kata yang berasal dari kata serapan bahasa Inggris dan memiliki makna berupa hitungan pembayaran, tagih- menagih, atau secara sederhana kita sering menyebutnya dengan kata “tagihan”.

Selain itu, Invoice  bisa juga berarti sebagai nota pembelian atau masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan kata “Bon” atau “Faktur”.

Pengertian Invoice

Pengertian Invoice Menurut Bahasa – Mister Exportir

 

Arti Invoice Menurut Istilah Lengkap

Sedangkan jika kita tinjau menurut istilah, Invoice merupakan dokumen atau surat hak menagih pembayaran dari satu pihak ke pihak yang lain (Source : Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dengan demikian, dokumen Invoice adalah sebuah dokumen yang dibuat dengan tujuan menagih sesuatu ke pihak lain baik itu berupa penjualan barang maupun jasa.

Sahabat Mister Exportir, untuk memahami lebih lanjut mengenai dokumen Invoice ini, yuk kita baca terlebih dahulu seputar fungsi dan tujuannya dibawah ini.

Arti Invoice

Arti Invoice Menurut Istilah – Mister Exportir

 

Fungsi dan Tujuan Dibuatnya Dokumen Invoice

Pada dasarnya, dokumen Invoice itu memiliki fungsi sebagai alat penagihan  atau surat permintaan pembayaran kepada suatu pihak yang dibuat secara tertulis dan biasanya penagihan tersebut berdasarkan hal pembelian barang atau penyewaan jasa dan lain- lain sebagainya.

Sedang tujuan dibuatnya dokumen Invoice ini adalah sebagai bukti penagihan tertulis yang dapat memberikan keterangan lengkap mengenai suatu tagihan barang atau jasa kepada pihak konsumen (customer) sehingga dapat diadministrasikan dan diselesaikan segera.

Oleh karena itu, bagi anda yang hendak menagih pembayaran baik itu terkait hal hutang- piutang, sewa- menyewa, dan lainnya, anda dapat membuat dokumen ini sebagai penagihan pembayaran yang lebih formal dan santun.

Contoh Invoice

Fungsi dan Tujuan Dibuatnya Invoice – Mister Exportir

 

Ciri- ciri Surat Invoice / Faktur yang Baik dan Benar

Pada umumnya, ciri- ciri surat  penagihan atau faktur (Invoice)  memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan, meliputi :

1. Surat Invoice / faktur harus mengandung isi surat yang menerangkan adanya suatu penagihan atas suatu pembelian barang atau penyewaan suatu jasa.

2. Dalam pembuatan dokumen Invoice juga sama seperti pada surat- surat lainnya, kita harus memakai bahasa dan format surat penagihan yang singkat, padat, jelas, dan juga simpel agar mudah untuk dimengerti.

3. Surat penagihan atau faktur yang baik itu harus memiliki poin yang lengkap seperti kop surat (optional) atau identitas penjual (seller), judul surat penagihan, nomor Invoice, detail identitas pembeli atau pelanggan (customer), isi surat penagihan, list dan harga barang / jasa, nilai total tagihan, kolom tanda tangan dan lain- lainnya.

Contoh Invoice Tagihan

Ciri- ciri Surat Invoice yang Baik dan Benar – Mister Exportir

 

Jenis- Jenis Invoice yang Umum Digunakan

Sahabat Mister Exportir, tahukah anda bahwa ada beberapa jenis Invoice atau faktur yang pada umumnya digunakan sebagai alat atau surat hak penagihan? Jika belum tahu, maka kami akan memberi tahu anda mengenai beberapa macam surat penagihan berdasarkan status, keperluan, dan tujuannya. Let’s check list out sahabat Mister Exportir!

1. Proforma Invoice

Jenis Invoice pertama ini jika dilihat dari kata “proforma” sudah pasti itu bersifat sementara saja. Maksudnya adalah proforma Invoice merupakan Invoice yang dibuat yang bersifat sementara dan masih bisa direvisi atau diubah agar dapat tercapai suatu maksud atau tujuan penagihan tersebut. Biasanya dipakai untuk keperluan ekspor impor dan sejenisnya.

 

2. Commercial Invoice

Berbeda dengan yang satu ini, jenis Commercial Invoice ini adalah kebalikan dari proforma Invoice. Maksudnya adalah jenis surat tagihan ini dibuat berdasarkan hasil revisi atau perubahan dari jenis Invoice pertama, sehingga jenis surat ini merupakan sebuah faktur penagihan yang bersifat final dan sudah pas. Biasanya dipakai untuk keperluan ekspor impor dan sejenisnya.

 

3. Invoice Biasa

Nah, Jenis Invoice ini merupakan jenis surat penagihan yang sangat umum dan banyak sekali digunakan untuk berbagai aspek atau kepentingan baik itu digunakan untuk menagih tagihan listrik, pembelian barang diminimarket atau diswalayan, dan lain- lainnya.

Jenis- jenis Invoice - Mister Exportir

Jenis- jenis Invoice – Mister Exportir

 

Cara Membuat Invoice yang Lengkap dan Simpel

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika hendak membuat dokumen tagihan yang baik dan benar, poin- poinnya cara membuat Invoice sebagai berikut :

  1. Langkah pertama, ketika ingin membuat faktur tagihan yang menarik, maka ada baiknya anda melampirkan kop surat (formal) dan identitas penjual (seller) atau penagih.
  2. Kedua, anda dapat menuliskan judul surat penagihan (Invoice) bersama dengan tanggal pemesanan atau tanggal Invoice itu dibuat / diterbitkan beserta nomor Invoice-nya.
  3. Ketiga, tuliskanlah tujuan penagihannya bisa berupa perorangan atau perusahaan (konsumen/pelanggan).
  4. Keempat, masukkan list data barang atau jasa yang dibeli/ disewakan.
  5. Kelima, tentukan nilai atau harganya mulai dari harga satuan hingga total biaya tagihan. silahkan anda tambahkan keterangan apabila ada PPN atau sejenisnya.
  6. Keenam, silahkan anda tentukan media pembayaran bisa berupa bank transfer, telegraphic transfer (TT), SKBDN, Letter of Credit (LC), dan lain- lain. Eittss jangan lupa juga dilampirkan nomor rekening anda beserta tempo pembayarannya juga ya.
  7. Finally, sisipkan beberapa space untuk kolom tanda tangan anda sebagai penagih (penting).

 

10+ Kumpulan Contoh Invoice Terbaik dan Paling Hits!

 

Contoh Invoice Tagihan Jasa Import

Ketika kita ingin menagih suatu jasa impor kepada sebuah perusahaan, maka ada baiknya kita terlebih dahulu mempersiapkan surat hak penagihan (Invoice) sebagai keterangan tertulis sehingga bisa diadministrasikan serta diselesaikan segera mungkin. Berikut ini contohnya!

 

I N V O I C E
JOB SHEET NO.: IMPSEA/01223/XII/2016
INVOICE NO.: RKM-0076
DATE: 23/12/2016
DUE DATE:  –
Kepada :CONSIGNEE
PT. ABADI LOGISTIK INDONESIA
PT. KARYA TEXTILE INTERNASIONALKomplek Golden Plaza Blok E.14 Lt.1
Komplek Areman No.4 Jl.Hidup Jaya.Jl.RS.Fatmawati No.15 , Cilandak, Gandaria
Kec.Kebun Pala KramajatiSelatan , Jakarta 12430
Jakarta Timur.Attn : Mr.ERWIN
Flight: LEO PERDANA 045E
Commodity: Spare Part For Film Blowing Machine, Aluminium RollerPORT OF LOUDING: Kaohsiung
Gross Weight: 127 KGSPORT OF DEST: Tanjung Priok
Negara Asal: Queen’s Machinery Co.,LTD , TaiwanBL No.: KEJKT-1610031
    NO   DESCRIPTION OF CHARGES         UNIT PRICEAMOUNT
1Pajak Import Rp                          819,000
2Jasa Customs Rp                       1,500,000
3E-Billing Rp                          200,000
4Undername Rp                       2,000,000
5Rushandling Rp                       1,000,000
6Asuransi Rp                          300,000
7Storage Rp                            35,000
8Transfer EDI/Administrasi Rp                          300,000
9Biaya D/O Rp                       3,857,160
10Trucking Rp                          900,000
Total Rp                   10,911,160
Total Keseluruhan Rp                   10,911,160

 

Contoh Invoice Ekspor Paling Simpel

Berikut ini merupakan sebauh contoh Invoice ekspor paling simpel bagi kamu untuk dijadikan referensi. Check it out!

 

INVOICE

 

Date       : Desember 10th, 2017

Invoice   : 10/ VII / INV/ LLM/2017

Consignee: SHENZEN HISOGE INDUSTRIAL CO.,LTD. BEIKECHUANGYE BUILDING 806, NO.1077 NANHAI ROAD, NANSHAN DISTRICT, SHENZEN CITY, GUANGDONG PROVINCE, CHINA. ATTN TO : MS. GUO +86 13632700546.
Name of Vessel: RYUJIN NAKIRA / VOY. 1712N
Port of Shipment: JAKARTA - INDONESIA
Destination: SHEKOU, CHINA
Origin of Goods: INDONESIA
QTYDescription Of GoodsUnit Price (USD)Total Value (USD)
11.000 KGS( CAPIZ SHELL PLACUNA PLACENTA )USD 0.70/ KgsUSD 7,700.00
Price C & F SHEKOU, SHENZEN, CHINA

 

PT. TANAH MERAH LOGISTIK 

 

 

 

 

( SALMAN ALFARISI )

 


 

Contoh Invoice Ekspor Profesional

Pada dasarnya, yang membedakan surat tagihan satu dengan lainnya adalah keunikan atau kreatifitas kita dalam membuat surat Invoice itu sendiri. Lihat contoh seperti dibawah ini!

I N V O I C E
No. 012/NGMEXPSEA-/V/2014
SHIPPER: PT.INDOEXPRESS UTAMA NEGARA DUTAMAS FATMAWATI BLOK A1 LT.3 NO.14-1 6 JL. RS.FATMAWATI NO. 39, KEL. CIPETE UTARA, KEC. KEBAYORAN BARU,JAKARTA SELATAN 12150 TEL : +62 21 71047727, FAX : +62 21 7265164INVOICE NO:
DATE:
CONSIGNEE: COLGATE -PALMOLIVE MARKETING SDN BHD JALAN SENGAT-JALAN BMAESATU, 46200 PETALING JAYA SELANGOR DARUL EHSAN, MALAYSIA
SHIPPED FROM :TO DESTINATION :VESSEL:CONT/SEAL NO :
JAKARTA,INDONESIA
STOCK NOQUANTITYSTOCK DESCRIPTIONSUB CATEGORYGROSS WEIGHTNET WEIGHTTOTAL PAYMENT
(CARTON )( KG )(KG)( USD )
15393241716COL TP SSTVE PRO REL 110gX48TOOTHPASTE 12,1849060 52,389.48
1539332122COL TP SSTVE PRO REL WHIT 110gTOOTHPASTE866647 3,697.82
TOTAL1838 CARTON 13,0509,707 56,087.30
FREIGHT :300.00
INSURANCE :110.01
TOTAL CIF : 56,497.31
SIGNATURE :
PT.INDOEXPRESS UTAMA NEGARA
ERWIN TANOESO

 

Contoh Draft Invoice Tagihan Kosong

Berikut ini merupakan sebuah sampel gambar bentuk Invoice tagihan kosong, monggo silahkan ditiru!

CONTOH INVOICE

CONTOH INVOICE TAGIHAN KOSONG – MISTER EXPORTIR

 

Contoh Invoice Perdagangan Internasional

Nah, Sahabat Mister Exportir, Berikut ini salah satu contoh Invoice perdagangan internasional paling sederhana, semoga bermanfaat. Silahkan dicek dibawah ini Gan.

Contoh Invoice

Contoh Invoice Perdagangan Internasional – Mister Exportir

 


Contoh Invoice Ekspor Vlegal Kayu Paling Simpel

Sahabat eksportir, sebenarnya tidak ada bedanya contoh Invoice ini dibandingkan beberapa contoh sebelumnya. Hanya saja, berikut ini kami sediakan contoh surat Invoice ekspor Vlegal kayu atau SVLK yang amat simpel serta dapat anda jadikan sebagai referensi.

Contoh Invoice Ekspor

Contoh Invoice Ekspor Vlegal Kayu – Mister Exportir


 

Contoh Invoice Pembelian Barang

Jika dilihat dari bentuk dan fungsi sebuah surat tagihan atau yang sering kita sebut dengan Invoice, tentu saja selain  sebagai bukti pembelian, juga dapat berfungsi sebagai bahan atau data barang yang sudah dibeli serta akan ditagih dikemudian hari.

Contoh Invoice Pembelian Barang paling sederhana

Contoh Invoice Pembelian Barang – Mister Exportir

Lihat contoh gambar surat tagihan diatas, ini merupakan salah satu data yang akan dijadikan referensi sebagai bukti dan hak penagihan (Billing). Semoga menjadi inspirasi.

 

Contoh Invoice Barang Elektronik Paling Bagus

Berikut ini merupakan salah satu contoh surat tagihan untuk pembelian barang berupa produk elektronika. Selain itu, mungkin saja beberapa teman atau sahabat Mister Exportir pernah melakukan importasi barang berupa elektronika atau sejenisnya, maka berikut ini merupakan contoh surat tagihan yang pernah kami terima beberapa tahun silam.

Cntoh Invoice

Contoh Invoice Barang Elektronik – Mister Exportir

Nah contoh satu ini adalah contoh surat tagihan barang elekstronik terbaik versi Mister Exportir. Dengan demikian kami juga dapat menyewakan undername import kepada teman- teman yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

 

 

Nah sahabat Mister Exportir, sudah tahukan apa pengertian, jenis- jenis, ciri- ciri, fungsi, dan tujuan dibuatnya surat tagihan (Invoice) itu sendiri beserta beberapa contohnya? Jika  sahbaat Mister Exportir ada kritik  atau saran, silahkan berikan feedback nya melalui comment dibawah ini ya. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Seperti biasa, terimakasih dan salam sukses untuk Eksportir Indonesia… Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *