Pengertian Kepabeanan

Pengertian Kepabeanan

Usaha dagang di dalam negeri memang sudah bisa kita tebak dengan mudah. Akan tetapi jika kita mulai berurusan dengan usaha dagang yang berurusan dengan sector luar negeri maka kita akan berurusan dengan yang namanya pabean atau bea cukai.

Hal ini memang akan sedikit membingungkan terutama bagi mereka yang awam. Akan tetapi untuk mereka yang sudah terbiasa dalam dunia impor dan ekspor pasti tahu kalau setiap negara akan memiliki kantor dan divisi bea cukai mereka masing masing.

Itulah mengapa sangat penting bagi setiap orang untuk mengerti mengenai kepabeanan atau pengertian kepabeanan sehingga mereka tidak bingung jika suatu saat harus berurusan dengan kepabeanan karena membeli sesuai barang dari luar negeri.

Pengertian Kepabeanan

Pengertian dan juga definisi dari kepabeanan
gambar: freepik

Nah, tentunya kita jadi ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian kepabeanan. Kepabeanan adalah segala sesuatu yang nantinya akan berhubungan dengan pengawasan dari alur barang yang masuk atau keluar dari dari daerah pabean.

Tentunya ini juga berkaitan dengan pemungutan bea masuk dari barang tersebut. Itulah mengapa kepabeanan bisa disamakan dengan alur atau lalu lintas barang impor yang masuk ke dalam negeri dan harus menjalani proses yang berkaitan dengan bea cukai atau pabean.

Yang penting untuk diketahui adalah, setiap barang atau produk yang masuk ke dalam pabean akan diberlakukan selayaknya barang impor dan akan memiliki bea masuk yang harus dibayar jika ingin masuk ke dalam negeri.

Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang melakukan impor barang untuk nantinya dijual di dalam negeri atau bagi mereka perseorangan yang ingin membeli barang di luar negeri. Mau tidak mau mereka akan berurusan dengan pabean.

Pengerti kepabeanan sendiri tidak hanya tertutup pada barang barang impor, karena barang yang dimuat di dalam pabean dan akan ditransfer ke negara tujuan juga akan dimasukan ke dalam kategori barang ekspor.

Hal ini penting untuk diketahui karena ini berarti kepabeanan tidak hanya mengurusi barang impor yang masuk ke dalam negeri tapi juga barang ekspor yang akan dikirim ke luar negeri. Tentunya dua buah pekerjaan ini semakin memperluas pengertian kepabeanan secara spesifik dan umum.

Daerah Pabean dari Kepabeanan

Daerah Pabean dari Kepabeanan
gambar: freepik

Sebagai salah satu divisi di dalam pemerintahan yang berhubungan dengan ekonomi dan juga batas negara, pengertian kepabeanan tidak berhenti hanya seputar sebagai medium untuk barang yang akan masuk ke dalam negeri dan nantinya juga akan dikirim ke luar negeri.

Selain itu kita wajib tahu kalau kepabeanan sendiri memiliki daerah kerjanya sendiri. Daerah kerja untuk wilayah pebaean menjangkau seluruh wilayah republik indonesia. Dan ini meliputi wilayah udara, darat dan juga perairan.

Tidak lupa juga ada beberapa tempat tertentu yang masih masuk ke dalam zona yang dalam otoritas pabean seperti contoh yang paling pasti adalah landas kontinen dan juga ZEE atau zona ekonomi ekslusif.

Tentunya dengan banyaknya zona dan daerah yang termasuk ke dalam tugas dari kepabeanan, ini akan membuat tugas dan juga pekerjaan mereka semakin berat. Hal ini benar, dan ini membuat pabean membuat diri mereka lebih ketat dalam pembatasan.

Akan ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh sebuah pengirim barang dan juga penerima barang sebelum mereka mengirim barang mereka untuk ekspor dan juga menerima barang yang mereka impor. Regulasi dan juga formalitas ini akan dijelaskan lebih lanjut di poin selanjutnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan di kantor pabean

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, tidak mudah untuk melakukan impor dan ekspor barang, karena akan ada beberapa hal penting yang harus dipenuhi. Beberapa hal tersebut seperti dokumen barang, lalu juga informasi dan data barang dan juga beberapa hal penting seperti identitas dari pengirim barang atau penerima barang.

Meski terlihat ribet dan juga kompleks, hal ini penting karena negara tentunya tidak mau kecolongan barang yang bisa saja berbahaya dan juga merugikan nantinya. Itulah mengapa regulasi seperti ini mau tidak mau wajib untuk dilakukan oleh siapapun pelaku ekspor maupun impor.

Solusi untuk melakukan ekspor dan impor melewati kepabeanan

Setelah mengetahui mengenai pengertian kepabeanan, kita tentunya ingin tahu mengenai solusi untuk melakukan ekspor impor apabila kita adalah orang awam. Ada satu solusi yang biasa dilakukan oleh mereka yang tidak percaya diri untuk melakukan impor barang yang sudah jelas.

Solusi tersebut adalah dengan menggunakan jasa PPJK atau perusahaan pengurusan jasa kepabeanan. Seperti namanya, perusahaan ini terfokus pada pengurusan untuk hal hal yang berhubungan dengan kepabeanan.

Tentunya ini sangat cocok untuk mereka yang tidak begitu mengerti cara mengurus barang impor atau ekspor mereka melalui pabean. Banyak kantor dan usaha yang menggunakan jasa PPJK untuk kepentingan ekspor dan impor mereka.

Meski demikian, kita juga wajib berhati hati memilih PPJK. Perhatikan apakah mereka memang benar benar terdaftar dan memiliki nomor PPJK yang resmi. Lalu pastikan kalau mereka memang benar benar bisa bekerja sesuai deadline yang telah kita tentunya dan juga negosiasikan bersama.

Jika semua ini sudah bisa dipenuhi maka teman teman sudah siap untuk melakukan ekspor impor tanpa harus berhubungan langsung dengan kantor kepabeanan dan mengurusnya sendiri. Karena sudah menggunakan jasa PPJK tersebut.

Kesimpulan mengenai kepabeanan

Kesimpulan mengenai kepabeanan
gambar: freepik

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian kepabeanan memang sangat penting untuk negara. Tanpa adanya kepabeanan maka barang dari luar negeri bisa masuk ke dalam negeri tanpa terkendali. Dan ini bisa sangat berbahaya untuk usaha dan perdagangan dalam negeri.

Apabila harga barang luar negeri bisa lebih murah dari barang dalam negeri, akan membuat persaingan ekonomi di dalam negeri menjadi kacau, barang produksi dalam negeri akan semakin menurun keuntungannya yang akan berujung pada kerugian ekonomi dalam negeri.

Perlu diingat bahwa negara juga membutuhkan kondisi ekonomi dalam negeri yang stabil dan tanpa adanya kepabeanan yang meregulasi masuknya barang dari luar negeri akan berakibat keadaan ekonomi dalam negeri menjadi tidak stabil.

Setelah mengetahui, hal ini tentunya, kita jadi lebih mengerti bahwa kepabeanan memang bukan semata ada untuk mempersulit kita mendapatkan barang dari luar negeri, akan tetapi untuk melakukan regulasi yang mengamankan persaingan usaha yang ada di dalam negeri melawan produk luar.

Tidak hanya itu saja, kepabeanan, juga membantu mengecek apakah barang yang akan masuk ke dalam negeri memang benar benar layak untuk masuk atau tidak.

Karena tidak menutup kemungkinan ada barang yang tidak seharusnya masuk ke dalam negeri seperti obat obatan terlarang, senjata dan juga barang yang rusak dan juga bisa membahayakan penduduk.

Itulah mengapa kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian kepabeanan dan pentingnya jasa mereka memang tidak akan bisa dianggap remeh.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh