7+ Tips dan Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri Versi Mister Exportir

7+ Tips dan Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri Versi Mister Exportir

Cara Mencari Buyer dari Luar Negeri – Hallo Sahabat Mister Exportir yang kami hormati dan dibanggakan oleh Indonesia, terimakasih telah berkunjung pada laman artikel ini. Semoga sahabat eksportir sekalian dapat mengambil manfaat dari tulisan ini.

Pada artikel sebelumnya, 10 Tips menjadi eksportir yang baik dan benar, kita juga telah membahas berbagai tips dan hal-hal yang harus punya dalam seorang jatidiri eksportir Indonesia yang baik. Silahkan dibaca-baca lagi ya Good People!

Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri
Panduan Cara Mencari Buyer Luar Negeri Dengan Mudah, Cepat, dan Tepat – Mister Exportir

 

Nah pada artikel kali ini, admin akan memberikan beberapa tips dan cara mendapatkan buyer dari luar negeri dengan sangat mudah, cepat, dan tepat. Khusus bagi teman- teman yang mau terjun ke dunia ekspor barang ya guys. Tentu saja, admin akan mengulas berbagai teori dan rumus yang harus kita implementasikan bersama apabila kita ingin mendapatkan pembeli (buyer) dari luar negeri.

 

Baca Juga : 10+ Jenis- Jenis Kargo yang harus Kamu Ketahui, Mau Jadi Eksportir Harus Baca!

 

Seberapa Pentingkah Mencari Buyer / Pembeli di Luar Negeri?

Jika anda adalah seorang pembelajar untuk menjadi eksportir atau sebagai pengusaha eksportir, maka seharusnya memiliki relasi pembeli / buyer diluar negeri. Dengan demikian, mencari buyer diluar negeri menjadi sangat penting bagi kita yang hendak terjun ke dunia ekspor barang.

Cara Mencari Buyer dari Luar Negeri
Pentingnya Mencari Buyer Dari Luar Negeri – Mister Exportir

 

Selain itu, poin ini sangat penting bagi para pelaku eksportir ialah dalam rangka perluasan pasar bagi produk- produk Indonesia dan juga sebagai sarana “National Branding” dipasar global yang sering disebut sebagai unlimited market.

 

 

Manfaat Ekspor Barang yang Harus Anda Ketahui!

Sahabat Mister Exportir, mungkin beberapa minggu lalu admin juga telah merangkum manfaat- manfaat ekspor barang yang perlu diketahui oleh kita sebagai pelaku atau calon pelaku eksportir. Semua manfaat tersebut telah dirangkum dibawah ini sebagai berikut :

 

1. Mencegah Krisis Ekonomi Suatu Negara : Sudah sangat jelas bahwa kegiatan ekspor sangat berpengaruh pada pergerakan ekonomi suatu negara dan juga berperan sebagai penyeimbang (Balance) progress / kemajuan ekonomi negara itu sendiri serta mencegah akan krisis ekonomi yang akan melanda.

 

2. Meningkatkan Devisa Negara : Kegiatan ekspor juga berperan sebagai penyumbang devisa atau cadangan investasi bagi suatu negara sehingga negara tersebut memiliki kekuatan ekonomi yang memadai untuk membangun program infrastruktur dan investasi negara.

 

3. Memperluas Lapangan Kerja : Dengan bertumbuhnya ekspor kita dan wilayah jangkauan pasar kita semakin luas, maka akan berdampak pada kebutuhan tenaga kerja manusia terlatih yang akan dibutuhkan oleh industri atau perusahaan eksportir.

 

4. Memaksimalkan Produksi Industri Dalam Negeri : Ekspor barang tentu saja sangat bermanfaat untuk memaksimalkan potensi produksi dalam negeri. Apabila terjadi kebanjiran produksi pada suatu manufaktur, maka solusi terbaik adalah dengan memanfaatkan pasar ekspor sebagai tujuan penjualannya.

 

5. Menambah Investasi Negara : Setiap negara pasti haus akan investasi demi mengejar kemajuan infrastruktur yang ditimbulkan oleh setiap belahan negara didunia ini. Maka dari itu, salah satu cara dalam menambah pundi-pundi investasi adalah dengan cara berpartispasi dalam dunia dagang internasional khususnya ekspor barang.

 

 

 

Mengapa Kita Harus Ekspor?

Sahabat Mister Exportir yang kami banggakan, sesuai target pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka menggenjot ekspor produk Indonesia 500% (Lima ratus Persen) ke manca negara, maka dari itu harus adanya gerakan positif dari berbagai kalangan seperti pelaku ekspor, pelabuhan owner, Bea Cukai, Perusahaan ekspedisi, Perusahaan Pelayaran, dan hingga Pemerintah demi mewujudkan itu.

Panduan Lengkap Mencari Buyer Luar Negeri
Mengapa Kita Harus Ekspor? – Mister Exportir

 

Oleh karena itu, kegiatan ekspor sangatlah penting demi melaksanakan dan menjalankan roda perekonomian negara kita. Akan tetapi, bagaimana cara mendapatkan customer dari luar negeri? Sobat Mister Exportir penasaran? Yuk langsung kita lihat beberapa ulasan dari admin tentang paduan cara mencari buyer diluar negeri. Check List Out!

 

 

 

7 Tips dan Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri Dengan Cepat dan Tepat!

 

1. Manfaatkan Liburan ke Luar Negeri Anda Sebagai Market Research.

Sahabat Mister Exportir, apakah anda termasuk orang yang suka liburan ke luar negeri? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk sekaligus menjadi ajang dagang dan mencari klien potensial dinegeri yang kamu kunjungi. Apabila selama ini anda liburan ke luar negeri hanya sebatas liburan saja, maka ada lebih baiknya dijadikan sebagai bisnis trip yang lebih bermanfaat.

Cara Mencari Buyer Diluar Negeri
Manfaatkan Liburan ke Luar Negeri Anda Sebagai Market Research – Mister Exportir

 

 

2. Berteman Dengan Para Pelaku Eksportir.

Memiliki teman yang sudah berpengalaman mengekspor barangnya ke luar negara sangatlah membantu dalam proses penjajakan anda sebagai calon eksportir atau pengusaha internasional.

Tips Lengkap Cara Mencari Buyer Dari Luar Negeri
Berteman Dengan Para Pelaku Eksportir – Mister Exportir

 

Dengan memiliki teman dari kalangan pelaku eksportir, maka anda bisa belajar dari mereka tentang apapun yang berkaitan ekspor barang dan bahkan sebagai brainstorming bagaimana mengenali potensi ekspor dan termasuk cara mencari buyer potensial.

 

 

3. Ikuti Pameran / Expo Dagang Dalam Negeri Maupun Luar Negeri.

Mengikuti atau berpartisipasi dalam pameran dagang baik itu didalam negeri atau luar negeri merupakan hal yang sangat ampuh untuk mencari potensial buyer. Luangkanlah waktu anda untuk mencari info yang berkaitan tentang promosi dagang produk Indonesia melalui pameran / expo tersebut.

Cara Mencari Buyer Domestik Dan Luar Negeri
Mengikuti Pameran Expo Dagang Dalam Negeri Maupun Luar Negeri – Mister Exportir

 

 

 

4. Manfaatkan Kualitas Bahasa Asing Anda Untuk Komunikasi Dengan Buyer Internasional.

Menjadi eksportir yang baik adalah juga dengan memiliki kualitas berkomunikasi yang baik terhadap calon klien kita. Memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan modal penting yang harus dimiliki oleh seorang eksportir. Minimal bisa berbahasa inggris, maksimalnya bisa berbagai bahasa asing supaya lebih bagus dalam tahap pendekatannya terhadap buyer dari negara manapun.

Manfaatkan Kualitas Bahasa Asing Anda Untuk Komunikasi Dengan Buyer Internasional
Manfaatkan Kualitas Bahasa Asing Anda Untuk Komunikasi Dengan Buyer Internasional – Mister Exportir

 

Admin telah membuat kajian, ternyata hampir 85% metode pendekatan dalam mencari buyer itu adalah dengan menguasai komunikasi dalam bahasa mereka. Misalnya, anda punya buyer dari Jerman, maka sebaiknya anda dapat menguasai bahasa jerman sebagai tekhnik marketing anda.

 

 

5. Lihatlah dan Pelajarilah Komoditas Ekspor apa yang sedang nge-Trend dan Hits.

Seorang eksportir harus memiliki kedisiplinan yang sangat baik dalam hal mengikuti perkembangan dunia baik itu dari segi regulasi suatu negara, pembaharuam terma dagang internasional, perkembangan update harga pasar terhadap suatu komoditas dagang, dan lain- lain sebagainya.

Tips Mencari Buyer Diluar Negeri
Lihatlah dan Pelajarilah Komoditas Ekspor apa yang sedang nge-Trend dan Hits – Mister Exportir

 

Sebagai eksportir yang baik, pastikan anda selalu update seputar komoditas ekspor asal Indonesia apa yang sedang marak diperbincangkan atau produk apa yang sekarang ini “over-demand” dan barang apa yang dapat menguntungkan secara ekonomis berlipat ganda apabila diekspor. Temukan hal itu ya guys!

 

 

6. Kenali Lebih Dalam Calon Customer Anda Dengan Baik.

Kunci keberhasilan seorang eksportir adalah memiliki perfect customer lebih banyak dari pada ordinary customer. Lalu, apa itu perfect customer? Perfect customer adalah klien yang berlangganan dan selalu belanja ke anda serta memiliki trusted yang tinggi terhadap anda dan produk anda, sedangkan ordinary customer adalah klien yang hanya sekali saja bertransaksi dengan anda, setelah itu dia menghilang entah kemana.

Tips dan Cara Mencari Buyer
Kenali Lebih Dalam Calon Customer Anda Dengan Baik – Mister Exportir

 

Metode ataupun cara terbaik untuk mencapai pada titik atau level eksportir sukses adalah selalu membuat pendekatan yang baik untuk mengumpulkan perfect customer tersebut. Bagaimana caranya? Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan cara mengenali siapa calon klien anda lebih dalam. Bukan hanya sekedar menambah ordinary customer.

 

 

7. Manfaatkan Rekan atau Saudara anda yang Sedang Tinggal di Luar Negeri

Nah sahabat Mister Exportir yang admin rindukan, salah satu cara paling mudah mencari buyer dari luar negeri adalah dengan cara memanfaatkan kerabat, saudara, atau teman yang sedang berada diluar negeri. Sehingga anda akan lebih leluasa dalam melihat kebutuhan pasar dinegara target tujuan ekspor anda.

Cara Mencari Buyer Luar Negeri
Manfaatkan Rekan atau Saudara anda yang Sedang Tinggal di Luar Negeri – Mister Exportir

 

Nah Sahabat Mister Exportir, sudah tahukan beberapa cara yang perlu kamu coba untuk mencari buyer dari luar negeri? Mungkin itu saja yang dapat admin berikan ya kawan- kawan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi semua teman- teman eksportir Indonesia ya. Seperti biasa, terimakasih dan salam sukses Mister Exportir’s Lovers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com

error: Dont Copy The Content is protected by Copy Right!!