Inilah Potensi Komoditas Ekspor Provinsi Sumatera Barat, Lengkap!

Inilah Potensi Komoditas Ekspor Provinsi Sumatera Barat, Lengkap!

Potensi Ekspor Provinsi Sumater Barat – Ekspor merupakan kegiatan pengiriman barang-barang ke luar negeri. Setiap negara di dunia pasti memiliki barang atau produk yang ditawarkan ke berbagai negara di dunia. Salah satu dari negara tersebut adalah Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam yang memilki nilai jual tinggi di pasar ekspor internasional.

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat – Mister Exportir

Sumber daya alam ini tersebar luas di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas berbeda. Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Salah satu provinsi tersebut adalah Provinsi Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera. Sumatera Barat ini memiliki wilayah seluas 42.297,30 meter persegi dan dihuni oleh masyarakat bersama 4.846.909 jiwa. Dengan memiliki 12 kabupaten dan 7 kota, Provinsi Sumatera Barat ini menjadi salah satu eksportir yang berasal dari Indonesia. Lalu, apa sajakah yang menjadi  potensi ekspor Provinsi Sumatera Barat yang sangat potensial? Di bawah ini akan dipaparkan tentang perdagangan profesional yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Komoditas Ekspor Provinsi Sumatera Barat yang Potensial di Pasar Ekspor Internasional

Berikut ini yang ditawarkan di Indonesia yang disediakan di Provinsi Sumatera Barat:

Produk Perkebunan

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat – Mister Exportir

Sama seperti provinsi lain yang ada di Pulau Sumatera, Provinsi Sumatera Barat ini juga memiliki sektor yang menjanjikan. Berbagai tanaman yang dibudidayakan atau ditanam dapat bersaing di pasar ekspor internasional. Di antara tanaman-tanaman tersebut yang menjadi produk dari perkebunan Sumatera Barat adalah karet, kelapa sawit, dan kakao. Komoditas ketiga merupakan produk perkebunan yang sangat potensial di pasar ekspor sehingga terletak di posisi tiga besar.

Biji Kelapa Sawit

Pada tahun 2017, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat, biji kelapa sawit disampaikan kepada sepuluh negara di dunia.Di bawah ini merupakan sepuluh negara yang mengeluarkan biji sawit dari Indonesia.

  1. Brazil menerima biji kelapa sawit sebanyak 11.204,35 ton
  2. Yunani menerima biji kelapa sawit sebanyak 759,86 ton
  3. India menerima biji kelapa sawit sebanyak 11.099,08 ton
  4. Malaysia menerima biji kelapa sawit sebanyak 3,999,88 ton
  5. Belanda menerima biji kelapa sawit sebanyak 499,89 ton
  6. Singapura menerima biji kelapa sawit sebanyak 10.598,81 ton
  7. Latvia menerima biji kelapa sawit sebanyak 1.040,92 ton
  8. Maroko menerima biji kelapa sawit sebanyak 999,94 ton
  9. Inggris menerima biji kelapa sawit sebanyak1.999,68 ton
  10. Amerika Serikat Menerima biji kelapa sawit sebanyak 6.499,76 ton

Hal ini sangat menguntungkan sekali karena ini mendukung provinsi Sumatera Barat memiliki nilai FOB pada ekspor sebesar 65.973,25 USD. Hal ini telah membuktikan bahwa Provinsi Sumatera Barat ini memiliki kekayaan alam yang melimpah juga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Biji Cokelat

Selain biji kelapa sawit yang mendapatkan tempat di pasar ekspor internasional, biji cokelat asal Sumatera Barat pun ikut berkontribusi. Biji cokelat ini dijual di pasar ekspor karena khasiat yang dikandungnya sekali, salah satunya adalah mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Berdasarkan penelitian provinsi yang dilakukan pada tahun 2014, perdagangan diluncurkan ke berbagai negara, diupayakan Malaysia dan Thailand. Malaysia menerima biji cokelat dari Provinsi Sumatera Barat sebanyak 1.500,00 ton dan Thailand menerima sejumlah 1.918,00 ton. Hal ini membuat Provinsi Sumatera Barat mendapat nilai FOB sebesar 10.398,35 USD.

Minyak Atsiri

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat tahun 2012, MInyak Atsiri ini telah ditawarkan pada tujuh negara besar di dunia. Di anatara tujuh negara tersebut adalah:

  1. Australia mengonsumsi minyak atsiri sebanyak 9,00 ton
  2. Estonia memakan minyak atsiri sebanyak 35,60 ton
  3. Prancis membutuhkan minyak atsiri sebanyak 10,20 ton
  4. Jerman membutuhkan minyak atsiri sebanyak 10,80 ton
  5. Singapura mengonsumsi minyak atsiri sebanyak 34,71 ton
  6. Spanyol menghargai minyak atsiri sebanyak 91,09 ton
  7. Amerika Serikat Menerima minyak atsiri sebanyak 4,747,14 ton

Dari kegiatan ekspor minyak atsiri tersebut, Provinsi Sumatera Barat mendapatkan nilai FOB sebesar 17.432,76 Dolar AS.

Produk Kehutanan

Di Provinsi Sumatera Barat juga termasuk kawasan hutan yang membuat produknya sebaga kepentingan yang akan diekspor ke luar negeri. Dari sekian banyak komoditas kehutanan yang ada di Provinsi Sumatera Barat, produk kopi tetap jadi komoditas utama. produk ini telah diekspor ke berbagai negara karena kualitasnya yang tidak bisa diragukan lagi.

Produk Pertambangan

Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan komoditas pertambangannya yang melimpah. Berdasarkan data yang bersumber dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Barat, sepanjang tahun 2011 hingga 2014, produk pertambangan seperti batu bara, biji tembaga, dan hasil tambang lainnya telah dieskpor ke luar negeri.

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat – Mister Exportir

Batu bara dari Provinsi Sumatera Barat telah diekspor sebanyak 135 535,95 ton pada tahun 2104. Biji tembaga teah diekspor sebanyak 252,98 ton pada tahun 204. dan hasil tambang lainnya telah diekspor sebnayak 35 537,73 ton pada tahun 2014 pula.

 

Nilai Ekspor Provinsi Sumatera Barat

Potensi Ekspor PRovinsi SUmatera Barat
Potensi Ekspor Provinsi SUmatera Barat – Mister Exportir

Pada tahun 2011-2017, ditemukan data bahwa Provinsi Sumatera Barat telah mengekspor produk-produknya sebanyak sembilan produk. Produk ini telah diekspor ke berbagai negara. Di tahun 2017 sendiri, komoditas minyak nabati atau minyak hewani memiliki nilai ekspor tertinggi dengan volume sebesar 1.416.438,851 ton. Hal ini sangat besar sekali dibadingkan dengan komoditas ekspor yang lainnya.

Akses Distribusi Kegiatan Ekspor Provinsi Sumatera Barat

Demi kelancaran kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Provinsi Sumatera Barat ini, dilakukan dua akses untuk menyetujui produk-produknya. Akses distribusi tersebut terbagi dalam dua akses yaitu perhubungan udara dan perhubungan laut.

Perhubungan udara dilakukan di bandar udara yang dilakukan di Provinsi Sumatera Barat. Terhitung ada tiga bandar udara yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Ketiga bandara  yang ada di Sumatera Barat adalah Bandara Internasional Minagkabau, Bandar Udara Pusako Anak Nagri, dan  dan Bandar Udara Rokot.

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Barat – Mister Exportir

Sementara untuk akses distribusi melalui jalur laut, Provinsi Sumatera Barat ini menggunakan pelabuhan. Ada beberapa pelabuhan terbesar yang ada di Provinsi Sumatera Barat, salah satunya adalah Pelabuhan Muara yang terletak di Padang.

Nah, penjelasan di atas telah menjelaskan tentang komoditas ekspor Indonesia Wilayah Sumatera Barat yang paling unggul dan tidak dihargai banyak orang. Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa Sumatera Barat memiliki banyak potensi dalam memproduksi barang. Dan Sumatera Barat juga merupakan pengekspor produk yang diperhitungkan. Semoga artikel ini bisa memberikan Manfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com