Inilah Potensi Komoditas Ekspor Provinsi Sumatera Utara!

Inilah Potensi Komoditas Ekspor Provinsi Sumatera Utara!

Potensi Ekspor Provinsi Suamtera Utara- Ekspor merupakan kegiatan pengiriman barang-barang ke luar negeri. Setiap negara di dunia pasti memiliki barang atau produk yang ditawarkan ke berbagai negara di dunia. Salah satu dari negara tersebut adalah Indonesia. Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam yang memilki nilai jual tinggi di pasar ekspor internasional. 

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara – Tuan Exportir

Sumber daya alam ini tersebar luas di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas berbeda. Hampir semua provinsi di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Salah satu provinsi tersebut adalah Provinsi Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera. Ibu kota Sumatera Utara adalah kota Medan. Sumatera Utara ini merupakan provinsi yang dihuni oleh 13.937.797 jiwa berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2015 lalu. Sementara provinsi ini memiliki wilayah luas yang luasnya 72.981,23 kilometer persegi. Selain unggul dalam wilayah yang luas dan jumlah penduduk, Provinsi Sulaesi Utara ini juga memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Lalu, apa sajakah yang menjadi Provinsi Sumatera Utara kaya akan sumber daya alamnya? Di bwah ini akan dipaparkan tentang  potensi ekspor Provinsi Sumatera Utara.

Inilah Potensi Komoditas Ekspor Provinsi Sumatera Utara!

Sama seperti daerah sebelumnya di provinsi Sumatera Utara ini mrm Memiliki potensi ekspor mulai dari perkebunan, peternakan, perindustrian, pertanian, dan juga kelautan. Namun, di setiap sektornya selalu ada perbedaan yang menjadi ciri khas untuk orang-orang yang mengenalnya. Berikut adalah daftar ekspor ekspor Provinsi Sumatera Utara yang potensial.

Produk Perkebunan

Pusat perkebunan di Indonesia tersebar di berbagai provinsi, salah satunya di Provinsi Sumatera Utara. Di Provinsi Sumatera Utara ini yang paling banyak dijumpai adalah komoditas kelapa sawit, karet, kopi, tembakau, dan cokelat. Komoditas tembakau ini menjadi yang paling terkenal di kota Bremen, Jerman.

Produk Karet

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara – Tuan Exportir

Komoditas karet di Provinsi Sumatera Utara meningkat rata-rata sebesar 0,45 persen per tahun selama periode 2013-2016. Tanaman karet di Sumatera Utara memiliki luas sekitar 394.519 Ha pada tahun 2016 lalu. Luas ini bertambah pengingakatan yang signifikan dari tahun 2013 yang masih 394,113,57 Ha. Pusat perkebunan rakyat Sumatera Utara terletak di Kabupaten Mandailing Natal, Langkat, dan Padang Lawas Utara.

Produk Kelapa Sawit

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara-Mister Exportir

Kelapa Sawit merupakan salah satu produk perkebunan yang memiliki wilayah luas sekitar 417.809 Ha pada tahun 2016 lalu. Tanaman ini juga menghasilkan 5.775.631,82 ton tandan buah segar (TBS) pada tahun 2016. Perkebunan Kelapa Sawit ini berrpusat di Kabupaten Asahan dan di daerah ini menyediakan 72.935 Ha kebun sawit sakyat. Hal ini juga sama dengan 18 persen dari seluruh perkebunan kelapa sawit yang dimiliki rakyat di Sumatera Utara.

Produk Kopi

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara – Tuan Exportir

Selain produk karet dan kelapa sawit, Provinsi Sumatera Utara ini juga memiliki tanaman kopi yang harus dibuat sebagai komoditas ekspor ke pasar ekspor internasional. Provinsi Sumatera Utara ini memiliki produk Kopi Robusta dan Kopi Arabika. Produk kedua ini terjual dengan jumlah total 63.142 ton dan luas perkebunannya mencapai 84.605 Ha. Di Provinsi Sumatera Utara terdapat tiga kabupaten yang menampung sebgai penghasil kopi, yaitu Kabupaten Dairi, Simalungun, dan Humbanghasundutan. Kopi Sidikalang yang terkenal di Pulau Jawa dan Eropa.

Selain perkebunan rakyat yang dijual sebagai penghasil ekspor, di Sumatera Utara juga ada tiga perkebunan dan perkebunan yang juga memproduksi kelapa sawit, karet, kokela, tembakau, tebu, dan teh.

Produk Kehutanan

Provinsi Sumatera Utara membagi kawasan hutannya menjadi tiga kawasan yaitu Hutan Konservasi, Hutan Lindung, dan Hutan Produksi. Ketiga kawasan hutan ini memiliki fungsi dan produk yang berbeda-beda. Hutan Konsservasi merupakan hutan yang memiliki ciri khas yang berfungsi sebagai pengawet keanekaragaman hayati dan pembohong satwa serta ekosistemnya. Selain itu, hutan lindung merupakan kawasan hutan yang memiliki fungsi utama sebagai pelindung sistem penyangga kehidupan untuk tata udara dan juga perlindungan kesuburan tanah.

Meskipun begitu, yang paling menonjol di kegiatan ekspor ini adalah Hutan Produksi. Hal ini ditimbulkan oleh produk-produknya yang dapat diluncurkan ke luar negeri. Hutan Produksi terbagi dalam tiga bagian yaitu Hutan Produksi Tetap (HT) dan Hutan Produksi Terbatas (HPT), dan Hutan Produksi yang dapat digunakan.

Produksi hasil hutan Sumatera Utara menurut jenis kayu log, kayu gergajian, kayu lapis, PULP dan hasil ikutan lainnya seperti rotan, arang dan getah tusam. Hasil produksi hutan terbesar tahun 2016 adalah log rimba sebesar 71.119,20 meter kubik dan log pinus sebesar 40.825,84 meter kubik.

Produk Pertambangan

Berdasarkan penelitian provinsi, Sumatera Utara juga memiliki kekayaan tambang. Tercatat bahwa ada 27 jenis barang tambang nonlogam (golongan C), 15 jenis barang tambang logam dan enam jenis minyak, gas (migas) dan energi. Barang tambang nonlogam antara lain batu gamping, dolomit, pasir kuarsa, belerang, kaolin, diatomea dan bentonit. Sementara barang tambang logam emas, perak, tembaga dan timah hitam.

Sementara itu, potensi migas dan energi di antara minyak bumi, gas alam dan panas bumi. Saat ini telah dilakukan eksploitasi terhadap minyak bumi di Sumatera Utara, dengan hasil produksi pada 2006 mencapai 21.000 barel minyak bumi. Produk Pertambangan tersebut diekspor ke beberapa negara seperti Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, dan juga India.

Produk Industri dan Manufaktur

Selain tiga di atas, Provinsi Sumatera Utara juga menambahkan beberapa produk hasil industrinya. Di antara produk tersebut adalah:

    1. Makanan
    2. Minuman
    3. Pengolahan tembakau
    4. Tekstil
    5. Pakaian jadi
    6. Kulit, barang dari kulit dan alas kaki
    7. Kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan dan sejenisnya
    8. Kertas dan barang dari kertas
    9. Rekaman dan rekaman media
    10. Produk dari batu bara dan pengilangan minyak bumi
    11. Bahan kimia dan barang dari bahan kimia
    12. Farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional
    13. Karet, barang dari karet dan plastik
    14. Barang galian bukan logam
    15. Logam dasar
    16. Barang logam, bukan mesin dan peralatannya
    17. Komputer, barang elektronik dan dan optik
    18. Peralatan listrik
    19. Mesin dan perlengkapan ytdl
    20. Kendaraan transportasi, trailer dan semi trailer
    21. Alat transportasi lainnya
    22. Furnitur
    23. Pengolahan lainnya
    24. Jasa reparasi dan pemasangan mesin dan peralatan

Akses Distribusi Kegiatan Ekspor Provinsi Sumatera Utara

Demi kelancaran kegiatan ekspor yang dilakukan oleh Provinsi Sumatera Utara ini, dilakukan dua akses untuk menyetujui produk-produknya. Akses distribusi tersebut terbagi dalam dua akses yaitu perhubungan udara dan perhubungan laut.

Perhubungan udara dilakukan di bandar udara yang dilakukan di Provinsi Sumatera Utara. Terhitung ada tujuh bandar udara yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Dua bandara internasional yang ada di Sumatera Utara adalah Bandara Internasional Kualanamu dan Bandara Internasional Silangit.

Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara
Potensi Ekspor Provinsi Sumatera Utara – Tuan Exportir

Sementara untuk akses distribusi melalui jalur laut, Provinsi Sumatera Utara ini menggunakan pelabuhan. Ada enam pelabuhan terbesar yang ada di Provinsi Sumatera Utara, salah satunya adalah Pelabuhan Belawan yang terletak di Medan.

Nah, penjelasan di atas telah menjelaskan tentang komoditas ekspor Indonesia Wilayah Sumatera Utara yang paling unggul dan tidak diketahui banyak orang. Dari pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa Sumatera Utara memiliki banyak potensi dalam memproduksi barang. Dan Sumatera Utara juga merupakan pengekspor produk yang diperhitungkan. Semoga artikel ini bisa memberikan Manfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

 

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com