Pengertian Vessel

Pengertian Vessel

Vessel pada pengiriman kargo merupakan sebuah transportasi yang digunakan dalam moda transportasi laut. Pada proses pengiriman kargo pada umumnya ada tiga cara yang biasa dilakukan yaitu melalui darat, laut dan udara.

Dalam ketiga cara tersebut moda transportasi yang digunakan pun berbeda, untuk pengiriman kargo melalui darat biasanya menggunakan kereta khusus kargo atau truck.

Untuk pengiriman kargo melalui udara menggunakan pesawat khusus kargo sedangkan pengiriman kargo melalui laut menggunakan vessel atau kapal besar.

Pengertian Vessel

Pengertian vessel adalah sebuah kapal yang membawa container berisikan kargo atau muatan barang lainya, transportasi ini termasuk moda transportasi laut

Vessel yang digunakan untuk pengiriman kargo biasanya dibuat lebih besar dari pada kapal pada umumnya, hal ini dikarenakan agar vessel tersebut bisa menampung barang dalam jumlah yang banyak.

Perbedaan Vessel dan Kapal

Pada dasarnya Vessel atau Kapal adalah transportasi yang sama, hanya saja pada umumnya vessel memiliki bentuk yang lebih besar dan memilikii fungsi yang berbeda sesuai jenis muatan yang di angkut

Vessel biasanya digunakan untuk mengangkut container atau barang yang berisikan muatan

Ada beberapa jenis vessel yang memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pengertian vessel dan jenis – jenisnya sesuai jenis kategori muatanya.

Jenis – Jenis Vessel

1. Container Vessel

Container Vessel
gambar: pixabay

Seperti pada namanya, kapal ini di rancang untuk menampung kargo dalam jumlah banyak yang tersusun rapat dalam berbagai jenis kontainer.

Pada tahun 1960an, kapal container muncul dari ide mengabungkan transportasi darat dan laut menggunakan container berukuran standar. Bongkar muat kapal ini di lakukan pada pelabuhan yang di lengkapi peralatan khusus

Metode pengangkutan barang menggunakan kapal kontainer memungkinkan pengiriman kargo dalam jumlah yang banyak telah mengubah perdagangan global secara efektif

Kapal container ini memiliki ukuran yang beragam, Contoh terbesar dari kategori kapal container ini adalah 400m dengan kapasitas 18.270 TEUs, kapal ini biasanya di haruskan melaju dengan kecepatan tinggi dengan kecepatan rata rata 18-25 knot.

Adapun beberapa jenis utama kapal container berdasarkan ukuranya adalah

  • Panamax
  • Suezmax
  • Pasca-Panamax
  • Pasca-Suezmax
  • Pasca Malaccamax

2. Bulk Carriers

Kapal kargo bulk atau curah ini digunakan untuk mengangkut barang kargo curah seperti bijih atau bahan makanan pokok (beras, biji-bijian, batu bara, pupuk dll.)

Kapal bulk untuk mengangkut biji-bijian,bijih atau makanan sudah ada sejak tahun 1850an. Namun seiring berkembangnya jaman ada beberapa kemajuan penting dalam pembangunan dan pemanfaatan jenis kapal ini.

3. Kapal Reefer

Kapal ini di rancang untuk membawa kargo dingin, biasanya kargo ini berisi dari barang yang mudah rusak seperti buah atau daging. Kargo tersebut di simpan dalam palka yang kemudian disegel dan di kontrol suhu.

4. Roll-on Roll-Off Ships

Roll-on Roll-Off Ships
Container Vessel

Kapal Roll on Roll off atau RoRo adalah kapal khusus yang digunakan untuk mengangkut kendaraan, atau di kenal juga sebagai kapal pengangkut mobil.

Kapal ini memiliki tanjakan khusus yang di bangun untuk membuat pemuatan dan pelepasan muatan kendraan pada kargo lebih mudah.

Jenis Kapal Roll on Roll Off

1. Pure Car Carrier (PCC)

Jenis kapal RoRo ini hanya mengangkut mobil

2. Pure Car and Truck Carrier (PCTC)

Jenis kapal RoRo tidak hanya mengangkut mobil tetapi juga truk dan kendaraan roda empat lainya

3. General Cargo Ro Ro (GenRo)

Kapal ini merupakan gabungan dengan kapal Roll on Roll. kenapa di sebut genro ? karna kapal pengangkut kargo ini di lengkapi fasilitas yang sama seperti kapal Roll on Roll.

Kapal ini mampu membawa beban dengan perkiraan DWT antara 2.000 hingga 30.000

4. Ropax

Ropax adalah kapal yang di rancang untuk mengangkut kendaraan transportasi bersamaan dengan para penumpang. Ropax ini biasa di sebut sebagai kapal feri yang mengangkut kendaraan dan penumpang dalam melintasi dermaga

5. Complete RoRo vessel

Kapal ini termasuk jenis kapal RoRo lengkap yang mengangkut mobil dengan adanya tanjakan, baik di dalam ataupun di luar dan kapal ini tidak memiliki lubang palka

5. Kapal Tanker

Kapal Tanker
Container Vessel

Kapal tanker adalah kapal khusus yang mengangkut kargo cair dalam jumlah besar. Kapal tanker ini juga memiliki jenis berdasarkan muatan yang mereka bawa.

Kapal ini menjadi roda penggerak yang vital dalam seluruh operasi kargo laut, kapal ini membantu mengangkut muatan dalam komoditas dan material yang besar ke seluruh dunia

Saat ini berbagai macam produk seperti gas alam cair, minyak nabati, produk minyak jadi, minyak mentah adalah kunci utama industri perkapalan global dan memaikan lebih dari 33% dari tonase armada dunia.

Jenis Kapal Tanker

  • Kapal tanker minyak

Sesuai namanya, kapal tanker ini di khususkan untuk membawa minyak. Namun kapal tanker minyak ini tidak hanya mencakup membawa minyak mentah tetapi juga bensin, minyak tanah dan parafin

Kapal ini di rancang khusus untuk membawa produk minyak bumi dalam jumlah besar, kapal ini bisa membawa berbagai macam produk minyak dan olahan.

Sebagian besar kapal tanker minyak ini di miliki dan di operasikan oleh importir atau eksportir minyak komersial dan bahkan oleh pemerintah.

Kapal tanker minyak sendiri di bagi menjadi dua jenis yaitu kapal tanker minyak mentah dan kapal tanker produk

  • Kapal tanker minyak mentah

Secara khusus kapal ini di gunakan untuk mengangkut minyak mentah dari lokasi penggalian ke pabrik industri penyulingan minyak mentah

Ukuran Kapal ini jauh lebih besar dari kapal tanker minyak lainya

  • Kapal tanker produk

Kapal tanker produk ini di khususkan untuk mengangkut bahan kimia berbasis minyak bumi. Ukuran kapal ini lebih kecil di bandingan kapal minyak mentah

Tangki dalam kapal ini di lapisi dengan epoxy yang di gunakan untuk melindungi kargo dan membantu dalam pembersihan tangki

  • Kapal tanker gas

Kapal tanker gas ini di rancang untuk membawa gas, secara teknis jenis kapal ini lebih canggih di banding jenis kapal lain seperti bulkers, container dan jenis kapal tanker lainya

Selain dua jenis kapal tanker di atas, ada beberapa jenis lainya kapal tanker jus, kapal tanker anggur dll

Berdasarkan ukuranya, kapal tanker di bagi menjadi berbagai jenis seperti

  • VLCC
  • ULCC
  • Panamax
  • Aframax
  • Suezmax
  • Capesize
  • Handymax
  • Lighters
  • Handy

6. Kapal keruk

Kapal keruk merupakan kapal dengan alat penggalian yang di gunakan untuk membuang pasir dan jenis endapan lainya dari dasar laut. Biasanya kapal ini di gunakan untuk beberapa keperluan seperti membuat navigasi wilayah pantai dan penambangan laut dalam

Terdapat pengklasifikasian kapal keruk yang dibagi menjadi dua jenis antara lain:

  • Kapal keruk mekanis
  • Kapal keruk hidrolik

Nah itulah informasi artikel tentang pengertian vessel serta jenis-jenis vessel sesuai dengan kategori muatanya, semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengetahui tentang vessel.

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Misterexportir.com adalah brand ekspor resmi dari PT. Triton Nusantara Tangguh. Selain jasa ekspor kami juga membantu client kami mendapatkan banyak buyer dari luar negeri.

Copyright © PT. Triton Nusantara Tangguh