Inilah Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia Terunggul

Inilah Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia Terunggul

Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia – Setiap negara eksportir memiliki komoditas ekspor unggulan. Baik dalam sektor migas dan nonmigas. Begitu pula dengan Indonesia, memiliki komoditas ekspor migas maupun nonmigas yang unggul.

Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia
Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia – Mister Exportir

Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan lebih fokus membahasa mengenai komoditas Indonesia dalam sektor nonmigas yang memiliki keunggulan di banding komoditas nonmigas yang lainnya. Indonesia mengirimnya ke berbagai negara di dunia.

Lalu mana sajakah negara tujuan utama ekspor nonmigas Indonesia? Dan apa sajakah komoditas unggulan Indonesia dalam sektor nonmigas? Berikut ini pembahasannya.

 

Baca Juga: Potensi Ekspor Sulawesi Tenggara Yang Paling Unggul, Lengkap!

 

Daftar Komoditas Ekspor Nonmigas Unggulan Indonesia

Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia
Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia – Mister Exportir

Indonesia merupakan salah satu negara eksporitir di dunia. Banyak sekali komoditas yang dikirim oleh negara ini ke banyak negara di dunia. Baik sektor migas maupun nonmigas. Terutama di sektor nonmigas, Indonesia memiliki beberapa komoditas yang menjadi unggulan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, batu bara masih menjadi andalan ekspor nonmigas Indonesia. Tercatat nilai ekspor batu bara pada tahun itu mencapai US$ 20,63 miliar atau setara 289 triliun. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 15,42 dari tahun sebelumnya.

Di posisi kedua adalah minyak sawit dengan nilai US$ 17,89 miliar. Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 12,02% dari tahun sebelumnya. Turunnya harga komoditi ini di pasar internasional membuat nilai ekspor minyak sawit menyusut.

Selanjutnya komoditas ekspor nonmigas terbesar ketiga adalah pakaian jadi, yakni senilai US$ 7,33 miliar. Negara tujuan utama ekspor pakaian jadi adalah Amerika Serikat dengan nilai US$ 3,76 miliar atau lebih dari separuh total ekspor pakaian jadi nasional.

 

Negara Tujuan Utama Ekspor Nonmigas Indonesia

Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia
Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia – Mister Exportir

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik menunjukkan akumulasi nilai ekspor nonmigas Indonesia ke negara tujuan utama pada periode Januari-Juli 2019 sebagian besar menurun dibandingkan periode sebelumnya.

Dari banyak negara tersebut, hanya ekspor ke Malaysia dan Taiwan saja yang nilainya naik. Tercatat nilai ekspor nonmigas ke Malaysia pada periode Januari-Juli 2019 adalah US$ 4,46 miliar. Angka ini naik sebesar 0,48% dibandingkan periode sebelumnya yang hanya sebesar US$ 4,44 miliar. Sedangkan nilai ekspor nonmigas ke Taiwan sebesar US$ 2,15 miliar. Angka ini menunjukkan kenaikan sebesar 7,44% dari US$ 1,99 miliar pada periode sebelumnya.

Tiongkok dan Amerika Serikat masih menjadi pangsa ekspor nonmigas tertinggi. Pada periode Januari-Juli 2019, Tiongkok menyumbangkan sebesar 15,38% dari total ekspor Indonesia. Nilai ekspor ke Tiongkok sebesar US$ 13,68 miliar, turun 5,68% dari periode sebelumnya yang sebesar US$ 14,5 miliar. Sedangkan nilai ekspor ke Amerika Serikat menurun sebesar 1,95% dari US$ 10,11 miliar pada periode sebelumnya, menjadi US$ 9,92 miliar.

 

Mengenal  Produksi dan Ekspor Batubara Indonesia

Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia
Komoditas Ekspor Nonmigas Indonesia – Mister Exportir

Batubara merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia dalam sektor nonmigas. Keberadaannya sebagai sumber energi terpenting untuk pembangkitan listrik dan berfungsi sebagai bahan bakar pokok untuk produksi baja dan semen membuat batubara menjadi komoditas andalan ekspor nonmigas Indonesia.

Salah satu produsen dan eksportir batubara terbesar di dunia adalah Indonesia. Ketika melampaui produksi  Australia sejak tahun 2005, Indonesia menjadi eksportir terdepan batubara thermal. Porsi signifikan dari batubara thermal yang diekspor terdiri dari jenis kualitas menengah (antara 5100 dan 6100 cal/gram) dan jenis kualitas rendah (di bawah 5100 cal/gram) yang sebagian besar permintaannya berasal dari Cina dan India.

Kantung cadangan batubara yang kecil banyak terdapat di pulai Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Di antara daerah tersebut, tercatat tiga daerah dengan batubara terbesar di Indonesia, seperti: Sumatra Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

 

Nah, bagaimana Sahabat Mister Exportir? Setelah mengetahui informasi mengenai ekspor Indonesia, ternyata bukan tidak mungkin negara ini akan menjadi eksportir terbesar di dunia bukan? Apalagi jumlah kekayaan alamnya yang sangat melimpah.  Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com