Inilah Komoditas Ekspor Sulawesi yang Berdaya Jual Tinggi di Pasar Ekspor

Inilah Komoditas Ekspor Sulawesi yang Berdaya Jual Tinggi di Pasar Ekspor

Komoditas ekspor Indonesia wilayah Sulawesi- Sulawesi merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terdiri dari beberapa prvinsi. Setiap provinsi yang ada di Pulau Sulawesi ini memiliki banyak sekali komoditas yang bisa diekspor ke luar negeri. Komoditasnya pun memiliki kuantitas dan kualitas yang tak bisa diragukan.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi-Mister Exportir

Berbicara mengenai ekspor, hal ini sudah bisa dipastikan akan berhubungan dengan pendapatan duatu daerah bahkan negaranya. Dengan adanya enam provinsi di Sulawesi, yang keenamnya pun berjibaku dalam kegiatan ekspor, maka Sulawesi ini telah dipercaya di ranah pasar ekspor dunia. Hal tersebut inilah yang menjadikan para konsumen memercayakan untuk membeli produk-produk dari komoditas ekspor Indonesia wilayah Sulawesi.

Lalu, apakah yang menjadi komoditas ekspor Sulawesi sehingga membuat produk itu memiliki nilai jual yang tinggi? Di bawah ini akan dipparkan mengenai komoditas ekspor Sulawesi yang bernilai jual tinggi beserta alasannya. Simak pemaparannya di bawah ini.

Komoditas Ekspor Sulawesi yang Berdaya Jual Tinggi

Masing-masing provinsi di provinsi Sulawesi ini memiliki sumber daya alam yang melimpah yang bisa diekspor ke luar negeri. Meskipun sumber daya alam yang dimiliki keenam provinsinya hampir sama, tetapi masing-masing provinsinya memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah komoditas ekspor Sulawesi yang berdaya jual tinggi.

Perkebunan

Sektor perkebunan memberikan komoditas ekspor yang menjanjikan. Keenam provinsi di Pulau Sulawesi ini memiliki lahan perkebunan yang masing-masingnya ditanami berbagai macam tanaman.

Provinsi Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah unggul di tanaman kelapa dengan memproduksi sebanyak 22.062 ton dan 184.586,51 tonpada tahun 2017. Selanjutnya provinsi Sulawesi Selatan menymbang  tanaman jenis terong dengan jumlah sekitar 129.103 ton. Sulawesi Barat paling banyak menyumbang tanaman cengkeh dengan memproduksinya sebesar 31.923 ton.  Yang terakhir adalah provinsi Sulawesi Tenggara dengan produksi tanaman kakao sebesar 251.730 ton. Adapun harga rata-rata dari keseluruhan komoditas tersebut adalah 98,71 juta USD dengan negara tujuan China.

Hal tersebut di atas adalah bukti bahwa komoditas perkebunan ini memiliki kepercayaan di konsumen yang berada di dunia. Selain itu, hal ini juga membuktikan bahwa produk-produk dari komoditas ini dapat bersaing di pasar ekspor dunia.

Pertambangan

Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa Sulawesi ini termasuk ke dalam daerah dengan sumber daya alam pertambangan yang melimpah. Bahkan menurut riset yang dilakukan oleh JKPP yang bekerjasama dengan Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) dua provinsi  yang paling besar jumlah pertambangannya adalah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Jenis produk yang dihasilkan dari komoditas ini adalah kebanyakan biji nikel. Produk lainnya adalah bijih besi, batu gamping, dan juga marmer. Untuk bijih nikel sendiri dibandrol dengan harga 30-32 USD per ton. Dan yang menjadi negara tujuannya adalah China.

Kehutanan

Komoditas kehutanan juga ikut andil dalam kegiatan ekspor di Sulawesi ini. Selain terkenal karena sumber daya alam pertambangan yang melimpah, Sulawesi juga terkenal karena luasnya hutan-hutan yang berada di dalamnya. Dari banyaknya hutan tersebut, terciptalh produk-produk kayu seperti jenis kayu  bulat, kayu gergajian, dan kayu lapis.

Selain produk kayu, pulau Sulawesi ini juga memproduksi berbagai rotan, damar, dan kayu galapari.  Salah satu negara tujuannya adalah negara Taiwan. Semua kegiatan ekspor ini dikirim dengan menggunakan jasa kapal laut yang tersebar di berbagai pelabuhan di Sulawesi.

Industri/Manufaktur

Meskipun jumlahnya tidak terlalu mendominasi, namun komoditas ini mampu menyediakan lahan pekerjaan bagi masyarakat di Sulawesi. Komoditas ini juga berperan dalam pemerataan pendapatan di setiap provinsi yang ada di Pulau Sulawesi.

Kebanyakan produk dari komoditas ini adalah pakaian, olahan kayu untuk perabotan rumah tangga, anyaman bambu, produk dari bambu dan kayu, dan yang terakhir adalah rotan dan sejenisnya.

Lalu, setelah kita tahu bahwa di Pulau Sulawesi ini terdapat banyak sekali sumber daya alam yang berdaya jual tinggi di pasae ekspor, selanutnya adalah pemaparan mengenai akses distribusi yang dimiliki oleh keenam provinsi di Pulau Sulawesi.

Akses Distribusi Pengirimian Komoditas Ekspor di Sulawesi

Berikut adalah jenis akses yang digunakan oleh keenam komoditas ekspor di Sulawesi:

Sulawesi Utara

Provinsi Sulawsi Utara yang ibukotanya adalah Manado memiliki dua akses distribusi, yaitu akses perhubungan udara dan perhubungan laut.

Perhubungan udara ini dilakukan oleh dua bandara yaitu Bandar Udara Sam Ratulangi yang terletak di Manado dan Bandar Udara Naha dan Melanguane yang terletah di Sangihe Talaud. Bandar Udara Sam Ratulangi merupakan bandar udara utama di Sulawesi Utara yang berfungsi sebagai salah satu pelabuhan tujuan Indonesia dan plabuhan transit untuk Wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi-Mister Exportit

Perhubungan selanjutnya adalah perhubungan laut yang dilakukan melalui Pelabuhan Lokal, Nusantara, dan Pelabuhan Samudera/Internasional. Pelabuhan Bitung merupakan pelabuhan yang melayani perhubungan laut di Sulawesi Utara dan wilayah Indonesia Timur. Selain Pelabuhan Bitung, di Sulawesi Utara ini juga terdapat Pelabuhan Manado, Tahuna, Labuan Uki, Ulu Siau, Lirung, Kotabunan, dan Belang.

Gorontalo

Provinsi yang ibukotanya adalah Gorontalo ini juga memiliki dua akses distribusi yaitu bardar udara dan pelabuhan. Akses distribusi melalui bandar udara dilakukan di Bandar Udara Djalaluddin dengan status Bandara Nasional dan mampu didarati oleh benyak pesawat.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi-Mister Exportir

Kemudian, untuk akses distribusi melalui pelabuhan  dilakukan di Pelabuhan Anggrek yang akan dkembangkan sebagai Pelabuhan Kargo dan untuk Pelabuhan Kwandang akan difungsikan sebagai Tempat Pelelangan Ikan.

Sulawesi Tengah

Di Sulawesi ini terdapat banyak sekali akses distribusi yang digunakan baik dari perhubungan udara maupun perhubungan laut. Perhubungan udara sendiri dilakukan oleh tujuh bandar udara, salah satunya adalah Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufrie yang berada tepat di Kota Palu. Bandar udara ini sedang diuspayakan untuk menjadi Bandar Udara Internasional oleh pemerintah setempat.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi-Mister Exportir

Sementara itu, perhubungan laut dilakukan oleh setidaknya lima belas pelabuhan. Salah satu pelabuhannya adalah Pelabuhan Luwuk yang terletak di Kabupaten Banggai. Selain Pelabuhan Luwuk, di Sulawesi Tengah juga ini terdaoat Pelabuhan Matangisi, Pelabuhan Tinobo, dan Pelabuhan Parigi.

Sulawesi Selatan

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi-Mister Exportir

Makassar merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi ini memmiliki beberapa bandar udara dan pelabuhan untuk melakukan distribusi produk ekspornya. Diantara bandar udara dan pelabuhannya adalah Bandara Internasional Sultan Hasanudin yang terletak di Makassar dan Bandara Pongtiku yang terletak di Tana Toraja. Kemudian, untuk pelabuhannya adala Pelabuhan Soekarno-Hatta yang juga terletak di Makassar dan Pelabuhan Pamatata yang terletak di Kepulauan Selayar.

Sulawesi Barat

Sulawesi Barat dengan ibukotanya Mamuju juga memiliki dua akses distribusi yaitu perhubungan udara dan perhubungan laut. Untuk perhubungan udara, Provinsi Sulawesi Barat mengandalkan Bandar Udara Tampa Padang yang terletak di Mamuju. Selain Bandara Tampa Padang, Sulawesi Barat ini juga memiliki beberapa bandara, diantaranya adalah Bandara Semarorong, Bandara Tanjung Silopo, Bandara Topoyo, dan Bandara Cinoki.

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi-Mister Exportir

Pelabuhan laut di Sulawesi Barat juga terdiri dari Pelabuhan Belang-Belang dan Pelabuhan Ferry Mamuju yang berada di Mamuju. Selain itu, ada juga Pelabuhan Palipi di Majene, Pelabuhan Pasangkayu di Mamuju Utara, dan Pelabuhan Majene di Majene.

Sulawesi Tenggara

Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi
Komoditas Ekspor Indonesia Wilayah Sulawesi-Mister Exportit

Kendari merupakan ibukota dari Provinsi Sulawesi Tenggara. Provinsi ini merupakan provinsi yang memiliki akses distribusi paling banyak di antara lima provinsi sebelumnya baik dari perhubungan udara maupun perhubungan laut. Bandar udara yang sering digunakan untuk akses distribusi udara adalah Bandar Udara Internasional Haluoleo yang terletak di Kendari. Kemudian, untuk pelabuhannya adalah Pelabuhan Perikanan Samudra yang juga terletak di Kendari.

Nah, sahabat Mister Exportir, bagaimana pemaparan mengenai komoditas ekspor wilayah Sulawesi dan akses distribusinya? Ternyata banyak juga, ya. Tak hera provinsi ini selalu melakukan kegiatan ekspor setiap tahunnya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Exportir!

 

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com