Komoditas Ekspor Impor Brazil yang Memiliki Nilai Dolar Tertinggi, Anda Wajib Tahu!

Komoditas Ekspor Impor Brazil yang Memiliki Nilai Dolar Tertinggi, Anda Wajib Tahu!

Komoditas Ekspor Impor Brazil – Sebagai negara dengan jumlah penduduk dan luas daratan terbesar untuk Amerika Selatan dan Amerika Latin, Brazil berhasil mengirimkan barang senilai sekitar US $239,9 miliar di seluruh dunia pada tahun 2018.

Komoditas Ekspor Impor Brazil
Komoditas Ekspor Impor Brazil – Mister Exportir

Negara Brazil merupakan negara paling timur yang terletak di benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudera Atlantik. Ibukota Brazil adalah Brasilia. Penamaan negara ini diambil dari nama kayu brasil, yakni sejenis kayu lokal. Mata uang yang berlaku di negara ini adalah Real (Brl). Pada pembahasan artikel kali ini, kita akan fokus membahas mengenai komoditas ekspor impor Brazil yang memiliki nilai dolar tertinggi.

 

Baca Juga: 25+ Manfaat Ekspor Barang yang Sangat Luar Biasa, Lengkap!

 

Wilayah Penyebaran Komoditas Ekspor Impor Brazil

Komoditas Ekspor Impor Brazil
Komoditas Ekspor Impor Brazil – Mister Exportir

Brazil merupakan negara paling besar dan paling banyak penduduknya (204.5 juta jiwa pada tahun 2017). Pada tahun 2018, Brazil mengirimkan sekitar US $239,9 miliar barang di seluruh dunia. Angka tersebut mencerminkan kenaikan 10,2% dari tahun ke tahun dari 2017 dan naik 6,6% sejak 2014.

Di lihat dari perspektif benua, sebanyak 44% ekspor Brazil berdasarkan nilai dikirim ke negara-negara Asia. Sekitar 19,2% dijual ke importir Eropa. Pengiriman ke Amerika Latin (tidak termasuk Meksiko, di antaranya yakni negara-negara Karibia), Brasil mengirimkan barang senilai 16,9%.

Ekspor Brazil ke klien Amerika Utara mencapai angka 15,4% dengan sekitar 3,4% dikirim ke Afrika. Sementara hanya 0,3% yang tiba di Oceania dipimpin oleh Australia dan Kepulauan Marshall. Berikut ini produk domestik bruto (PDB) Brazil:

  • PDB (KKB) – 2015
  • Total : $3.259 triliun (7)
  • Per kapita : $15.941 (74)

 

  • PDB (nominal) – 2015
  • Total : $2.246 triliun (7)
  • Per kapita : $11.281 (60)

 

10 Komoditas Ekspor Impor Brazil dengan Nilai Dolar Tertinggi

Komoditas Ekspor Impor Brazil
Komoditas Ekspor Impor Brazil – Mister Exportir

Berikut ini kelompok produk ekspor yang mewakili nilai dolar tertinggi dalam pengiriman global Brazil selama tahun 2018. Beserta persentase pangsa setiap kategori ekspor yang mewakili dalam hal keseluruhan ekspor dari Brazil.

  1. Oil seeds: US$33.5 billion (14% of total exports)
  2. Mineral fuels including oil: $29.7 billion (12.4%)
  3. Ores, slag, ash: $23.7 billion (9.9%)
  4. Machinery including computers: $14.8 billion (6.2%)
  5. Meat: $13.3 billion (5.5%)
  6. Vehicles: $12.7 billion (5.3%)
  7. Iron, steel: $11.8 billion (4.9%)
  8. Woodpulp: $8.4 billion (3.5%)
  9. Food industry waste, animal fodder: $7.2 billion (3%)
  10. Sugar, sugar confectionery: $6.7 billion (2.8%)

 

Baca Juga: 15 Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Dicari – Jasa Export Terpecaya

 

Komoditas Impor Terbesar di Brazil

Komoditas Ekspor Impor Brazil
Komoditas Ekspor Impor Brazil – Mister Exportir

Berikut ini 10 komoditas yang melebihi permintaan Brazil (Commodity Overdemand Brazil) pada tahun 2018, mewakili nilai dolar tertinggi dalam pembelian impor Bazil. Juga ditunjukkan persentase pangsa setiap kategori produk dalam hal keseluruhan impor ke Brazil.

  1. Mineral fuels including oil: US$26.2 billion (14.5% of total imports)
  2. Electrical machinery, equipment: $21.8 billion (12%)
  3. Machinery including computers: $19.1 billion (10.5%)
  4. Vehicles: $14 billion (7.7%)
  5. Organic chemicals: $10.6 billion (5.8%)
  6. Ships, boats: $9.9 billion (5.4%) (in value by 5,391% from 2017 to 2018)
  7. Fertilizers: $8.6 billion (4.8%)
  8. Plastics, plastic articles: $7.3 billion (4%)
  9. Pharmaceuticals: $7.2 billion (4%)
  10. Optical, technical, medical apparatus: $5.5 billion (3%)

 

10 Komoditas Indonesia yang di Ekspor ke Brazil

Indonesia termasuk ke dalam kelompok negara-negara yang mengekspor komoditas ke Brazil. Berikut ini 10 komoditas Indonesia yang di ekspor ke Brazil.

Komoditas Ekspor Impor Brazil
Komoditas Ekspor Impor Brazil – Mister Exportir

 

Akses Pengiriman Komoditas Ekspor Impor Brazil Melalui Pelabuhan Laut dan Bandara

Dengan garis pantai sepanjang 8.500 kilometer yang dapat dinavigasi, Brazil memiliki sektor pelabuhan yang sangat besar. Bertanggung jawab atas lebih dari 90% total ekspor dan impor negara tersebut. Memiliki omset tahunan sekitar 700 juta ton berbagai barang. Serta bertanggung jawab atas lebih dari 90% ekspor negara. Berikut ini pelabuhan-pelabuhan Barzil paling penting:

Komoditas Ekspor Impor Brazil
Komoditas Ekspor Impor Brazil – Mister Exportir

1. Port of Santos, São Paulo

Pelabulan ini terletak di kota Santos – SP. Merupakan pelabuhan yang terbesar di Brazil. Salah satu pelabuhan yang tersibuk di Amerika Latin, saat ini melayani 26 negara bagian Brazil. Port of Santos sangat penting bagi perekonomian negara bagian São Paulo. Sekitar 90% dari basis industrinya terletak dalam radius 200 kilometer dari pelabuhan. Pelabuhan ini juga bertanggung jawab atas 28% perdagangan luar negeri Brasil.

 

2. Port of Vitória, Espírto Santo

Pelabuhan ini dikelola oleh Companhia Docas do Espírito Santo (Codesa). Port of Vitória terletak di kota homonim, yakni ibukota negara bagian Espírto Santo.

Port of Vitória adalah salah satu pelabuhan Brasil yang tidak memiliki investasi paling besar dalam infrastruktur. Terutama untuk meningkatkan akses untuk kapal yang lebih besar. Namun meskipun proyek sedang digariskan, konstruksi masih belum selesai.

Di antara produk-produk utama yang beredar pelabuhan ini adalah produk-produk baja, biji kopi yang larut, coklat, sereal, marmer dan granit, besi, besi kasar dan curah.

 

3. Port of Paranaguá

Adalah pelabuhan Brazil terbesar yang mengekspor produk pertanian, dengan penekanan pada produk kedelai dan makanan dari kacang kedelai. Meskipun demikian, saat ini pelabuhan tidak mengikuti pertumbuhan pertanian Brazil. Selain itu, tidak memiliki struktur untuk menangani volume ekspor saat ini.

Sebagai pelabuhan Brazil terbesar kedua, Port of Paranaguá menerima kapal dari Amerika Serikat, Cina, Jepang, Korea Selatan dan Paraguay.

 

4. Port of Rio Grande

Rio Grande adalah salah satu pelabuhan paling berkembang di Brazil dengan logistik dan proyek yang baik untuk ekspansi. Pelabuhan ini juga salah satu dari sedikit di negara yang tidak jenuh, dan yang memiliki dermaga panjang. Oleh sebab itulah mengapa importir dan eksportir lebih memilih untuk mengalirkan produksinya melalui Rio Grande daripada Paranaguá.

Di antara komoditas utama yang diekspor adalah kedelai, bungkil kedelai, gandum, dan beras.Negara tujuan ekspor utama adalah Cina, Spanyol, Belanda, Jepang, dan Prancis. Di antara barang impor utama adalah urea, kalium granular, kalsium fosfat alami dan asam sulfat. Pada impor, negara-negara sumber utama adalah Argentina, Maroko, Lithuania, Cina dan Amerika Serikat.

 

5. Port of Rio de Janeiro

Terletak di pantai Barat Baia de Guanabara yang terkenal. Port of Riio de Janeiro dikelola oleh Companhia Docas do Rio de Janeiro. Pelabuhan ini memiliki beberapa masalah logistik. Di antaranya pemeliharaan jalan yang buruk, kurangnya saluran akses sekunder dan rencana yang melibatkan pencapaian aliran kargo yang lebih bersih, distribusi kereta api yang buruk dan kurangnya investasi dalam infrastruktur.

Terlepas dari semua masalah itu, Rio de Janeiro merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di Brazil dalam hal nilai barang dan tonase. Di antara produk utama yang dibuang ialah bijih besi, mangan, batu bara, gandum, minyak dan gas.

 

Selain pelabuhan, Brazil juga memiliki beberapa bandara yang ikut berperan dalam pengiriman komoditas ekspor impor ke seluruh negeri. Berikut ini bandara tersibuk di Brazil:

1. Guarulhos International Airport, Guarulhos

Bandara Internasional Guarulhos mulai beroperasi pada tahun 1985 di Guarulhos, sekitar 18 mil dari Kota São Paulo. Bandara melayani kota dan menerima sebagian besar kedatangan internasionalnya. Maskapai ini melayani 39.573.000 penumpang setiap tahun, dan menangani 339.828 metrik ton kargo pada tahun 2014.

Maskapai yang berbasis di bandara adalah LATAM Brasil, Avianca Brasil, dan Gol Transportes Aéreos. Bandara ini menempati peringkat sebagai bandara tersibuk di Amerika Selatan dan ke-30 di dunia. Tujuan utamanya meliputi negara-negara Amerika Selatan lainnya, AS, Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Bandara Internasional Guarulhos menawarkan tiga terminal penumpang dan satu terminal kargo.

 

2. Presidente Juscelino Kubitschek International Airport, Brasilia

Terletak di ibu kota Brasil, Brasilia, adalah Bandara Internasional Presidente Juscelino Kubitschek yang diperingkat sebagai bandara tersibuk kedua di negara ini. Bandara ini berfungsi sebagai hub untuk LATAM Brasil, Avianca Brasil, dan Gol Airlines.

 

3. Galeão International Airport, Rio de Janeiro

Adalah bandara tersibuk di Rio de Janeiro dan ke-4 tersibuk di negara ini. Melayani 17.261.873 penumpang setiap tahun, dan menangani 132.792 metrik ton kargo pada tahun 2015. Bandara ini merupakan hub untuk Gol Transportes Aéreos.

 

Demikianlah pembahasan artikel kali ini mengenai komoditas ekspor impor Brazil yang memiliki nilai dolar tertinggi. Serta penjelasan secara ringkas mengenai akses laut dan udara untuk pengiriman komoditas ekspor dan impor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Salam Eksportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com