Hebat, Indonesia Mengekspor produk Pertanian ini ke Vietnam

Ted JohnsonBlog0 Comments

Sahabat Mister Exportir yang dibanggakan oleh Indonesia,

Mengekspor Produk Pertanian ke Vietnam – Pada pertengahan tahun 2017 ini, trend perdagangan Indonesia terhadap negara tetangga yaitu Vietnam kini kembali menunjukkkan performa dan kinerja yang positif dengan peningkatan jumlah dan transaksi ekspor ke negara yang beribukota Hanoi tersebut. Khususnya pada sektor pertanian, produk holtikultura Indonesia kian membaik dan menjadi komoditas primadona dinegara tersebut.

Indonesia Ekspor Produk Pertanian Ke Vietnam- Mister Exportir.com

Indonesia Ekspor Produk Pertanian Ke Vietnam- Mister Exportir.com

Apakah anda tahu produk agrikultura apa saja yang sering diekspor ke Vietnam?

Menurut data yang dirilis oleh KBRI Hanoi, ada 4 produk pertanian utama yang sangat sering diekspor ke Vietnam, diantaranya adalah Olahan jagung untuk pakan ternak, pupuk organik, buah-buahan seperti durian dan manggis, serta kacang mete.

Dengan demikian, beberapa data juga telah tercatat bahwa pada caturwulan pertama tahun 2017 saja, keempat produk tersebut telah mendatangkan jumlah devisa yang signifikan bagi Indonesia yaitu sebesar 25 juta dollar amerika serikat. Nilai ini meningkat hingga hampir 50% atau setara 8,4 juta US dollar bila dibandingkan total nilai ekspor pada caturwulan pertama tahun lalu (2016) yang sebesar 16,7 juta US dollar.

Khususnya untuk Pakan ternak dan kacang mete, kedua produk tersebut masuk dalam kategori komoditi ekspor Indonesia ke Vietnam yang sangat meningkat secara drastis dalam trend perdagangan RI yaitu sebesar 13,27 juta US dollar atau meningkat 245% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, produk pertanian Indonesia lainnya juga meningkat secara positif adalah Pupuk. Ekspor pupuk Indonesia ke Vietnam pada caturwulan pertama ini sebesar US$ 9.492.651 atau meningkat 101,75% dibandingkan tahun sebelumnya yang nilainya sebesar 4,7 juta US dollar dan selebihnya adalah produk buah-buahan segar yang meliputi durian, manggis dan lain-lain juga menyumbang dengan nilai yang cukup seimbang yaitu sebesar 2,23 juta US dollar.

Baca Juga : Kini saatnya, Indonesia Ekspor Batu Bara ke Vietnam.

Nah, sobat Mister Exportir, apakah anda sudah tahu betapa kayanya negara kita? Ya, Negara Indonesia yang kini masyarakatnya belum sadar sepenuhnya akan potensi dan kekayaan negara ini. Ayo tingkatkan produktifitas SDM kita dengan cara berkontribusi bersama dengan Mister Exportir. “We Empower the Small Business to Reach World Market”.

Semoga bermanfaat ya.. salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *