Ekspor Sarang Burung Walet Kian Meningkat Pesat, Benarkah?

Ekspor Sarang Burung Walet Kian Meningkat Pesat, Benarkah?

Ekspor Sarang Burung Walet- Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia merupakan salah satu eksportir terbesar di dunia. Banyak pula produk yang telah diekspor sehingga banyak konsumen yang memercayakan Indonesia sebagai salah satu pemasoknya. Hal ini tak lepas dari kualitasnya yang baik dan kuantitasnya yang terbilang melimpah.

Jika Indonesia terkenal dengan komoditi hortikultura dengan produk-produk remapah-rempah yang menguasai pasar dan produk industrinya yang terpercaya, maka ada satu produk yang berbeda dari biasanya. Produk tersebut adalah sarang burung wallet. Sarang burung wallet merupakan sesuatu yang dibuat dari air liur burung wallet tanpa ada campuran bahan lain dari luar tubuhnya.

Ekspor Sarang Burung Walet
Ekspor Sarang Burung Walet-Mister Exportir

Burung wallet biasanya membuat sarang di langit-langit gua atau plafon gedung dengan tujuan menghindari predator. Sarang burungnya juga dibuat untuk menyimpan telur dari hasil berkembangbiak burung wallet tersebut.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai ekspor sarang burung wallet yang memberikan dampak signifikan pada nilai ekspor di Indonesia.

Manfaat Sarang Burung Walet

Ekspor Sarang Burung Walet
Ekspor Sarang Burung Walet-Mister Exportir

Burung yang banyak ditemukan di lingkup Asia Tenggara ini memiliki sarang burung yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antara manfaat yang dimilikinya adalah:

  1. Sebagai obat batuk kering
  2. Mempertahankan kecantikan kulit
  3. Mengatasi keluhan paru-paru
  4. Mengobati kerusakan pembuluh darah
  5. Meningkatkan nafsu makan
  6. Sumber antioksidan
  7. Merupakan sumber mineral untuk system kekebalan tubuh
  8. Membuat kulit menjadi cantik
  9. Mencerdaskan otak

Dari beberapa manfaat di atas itulah yang membuat sarang burung wallet ini banyak diminati dan diekspor ke berbagai negara. Hal ini juga membuatnya memiliki nilai omset hingga ratusan juta rupiah. Dalam satu kali panen, pengusaha sarang burung wallet dapat meraup untung belasan hingga ratusan juta. Karena, harga paling rendahnya adalah 14-40 juta rupiah/kg.

Daerah Penghasil Sarang Burung Walet Terbanyak di Indonesia

Di Indonesia sendiri, banyak sekali daerah-daerah yang membudidayakan sarang burung wallet sehingga mampu menyediakan stok untuk diekspor nantinya. Ketua Umum Perkumpylan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPBSI) berpendapat bahwa Indonesia memiliki beberapa wilayah yang berpotensi untuk dijadikan sentra penghasil sarang burung wallet.

Ekspor Sarang Burung Walet
Ekspor Sarang Burung Walet-Mister Exportir

Di antara daerah-daerah tersebut adalah Sumatera, Kalimantan, hingga ke Sulawesi. Pada tahun 2015, eksportir sarang burung wallet asal Indonesia ini mengirimkan 14 produknya ke Negeri Panda. Kemudian, jumlahnya meningkat menjadi 26 ton pada 2016 dan menjadi 52 ton pada 2017.  Industri sarang burung ini diperkirakan akan terus tumbuh dan dapat berkontribusi terhadap pendapatan negara, mengingat harga yang dimilikinya cukup mahal.

Perkembangan Ekspor Sarang Burung Walet dari Indonesia

Ekspor Bird’s nest atau edible bird’s nestterus mengalami peningkatan terutama ke Tiongkok dari tahun 2016 hingga sekarang. Bahkan pada tahun 2017, tercatat 70% sarang walet Indonesia menguasai pasar Cina jika dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia. Baik pemerintah atau pengusaha sarang burung walet Indonesia terus berupaya dan menargetkan ekspor komoditi ini terus meningkat. Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI) menargetkan dapat mengekspor 140 ton sarang burung walet pada tahun 2019 ke Cina. Pemerintah Indonesia pun baru saja melakukan kunjungan ke Cina untuk melobi syarat dan proses ekspor agar dipermudah.

Ekspor Sarang Burung Walet
Ekspor Sarang Burung Walet-Mister Exportir

Terkait masalah izin ekspor, sarang burung walet yang akan diekspor ke luar negeri harus melalui uji laboratorium terkait virus Avian influenza (AI), cemaran logam berat, kandungan nitrit, dan pengujian mikrobiologi. Meskipun begitu, pada 2018 kemarin, Indonesia masih bisa mengekspor sebanyak 1596 ton ke pasar global. Beberapa hari lalu pun (19/07) pemerintah mengekspor komoditi ini senilai 500 miliar rupiah ke Cina. Hal ini terbukti bahwa sarang burung walet memanglah komoditi ekspor yang sangat menjanjikan.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai ekspor sarang burung wallet kali ini. Semoga kegiatan ekspor yang dilakukan Indonesia ini kian berkembang pesat. Besar harapan, artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com