Ekspor Cengkeh Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata, Mengapa? Yuk Dicek!

Ekspor Cengkeh Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata, Mengapa? Yuk Dicek!

Ekspor Cengkeh – Kegiatan ekspor impor merupakan hal yang lumrah bagi pelaku ekonomi khususnya di pasar internasional. Pasar internasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan pasar global menampung berbagai produk yang berasal dari berbagai negara. Salah satu dari negara yang bersaing di pasar global ini adalah Indonesia.

Ekspor Cengkeh
Ekspor Cengkeh-Mister Exportir

Indonesia yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya ini telah mengekspor berbagai produk dan komoditas ke berbagai negara. Produk-produk tersebut juga berasal dari seluruh daerah di Indonesia yang memiliki keragaman dan ciri khas masing-masing. Sumber daya alam yang terkenal di Indoneia adalah rempah-rempahnya. Betapa rempah-rempah itulah yang menjadi daya Tarik tersendiri bagi Indonesia.

Dari sekian banyak jenis rempah-rempah yang dimiliki Indonesia, ada satu jenis yang akan dibahas secara spesifik dalam artikel kali ini. Jenis rempah-rempah tersebut adalah cengkeh. Nah, daripada penasaran, yuk langsung dicek pemaparannya.

Cengkeh, Keluarga Rempah-Rempah yang Mendunia

Ekspor Cengkeh
Ekspor Cengkeh

Tanaman asli Indonesia ini telah menarik perhatian dunia. Cengkeh ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas dan sebagai bahan utama rokok kretek di Indoensia. Kebanyakan tanaman cengkeh ini ditanam di Kepulauan Banda. Dari hal tersebut, Indoneisa menjadi pemasok cengkeh terbesar kedua setelah Madagaskar.

Penggunaan cengkeh di negara importir adalah sebagai campuran kosmetik dan obat-obatan. Selain itu, karena banyak sekali manfaat yang dikandungnya, cengkeh ini digunakan sebagai olahan saus pedas dan saus untuk kue. Dari hal tersebut inilah yang membuat produk cengkeh mampu bersaing di pasar global bersama dengan produk-produk lainnya.

Daerah Pengahsil Cengkeh Terbesar di Indonesia, Yuk Dicek!

Ekspor Cengkeh
Ekspor Cengkeh-Mister Exportir

Jawa Timur

Daerah Pacitan yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu pemasok cengkeh terbesar bagi Indonesia. Cengkeh sebanyak 6.807 ton telah diproduksi oleh daerah ini dari lahan seluas 7.780 Ha yang tersebar di 12 kecamatan. Pengelola lahan tersebut adalah masyarakatnya sendiri dan di Pacitan sendiri, cengkeh dibandrol dengan harga Rp. 27.000/kg pada tahun 2018.

Sulawesi Selatan

Tanaman cengkeh sebanyak 9.135 ton telah diproduksi oleh beberapa daerah di provinsi Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Luwu, Bulukumba, Wajo, Bone, dan Tator. Cengkeh ini merupakan tanaman yang memegang peranan penting dalam pembangunan sektor perkebunan dan perekonomian di Sulawesi Selatan. Banyaknya produksi cengkeh yang dihasilkan ini tidak jauh dari peran pemerintah yang selalu memberikan pembinaan swadaya dan pengembangan tanaman kepada masyarakatnya.

Sulawesi Tenggara

Selain kedua negara tersebut di atas, provinsi Sulawei Tenggara juga berperan serta dalam menyumbang produk cengkehnya. Provinsi ini telah berhasil memproduksi 6.680 ton cengkeh berdasarkan data tahun 2018. Kabupaten Tolitoli merupakan daerah yang paling banyak menghasilkan cengkeh di Sulawesi Tenggara. Menurut Kepala Seksi Usaha dan Sarana Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Rudi Zulkarnain, luas area perkebunan cengkeh di seluruh Provinsi Sulteng mencapai kurang lebih 34.000 hektare(Ha).

Negara Peminat Cengkeh Paling Tinggi di Dunia

Ekspor Cengkeh
Ekspor Cengkeh-Mister Exportir

Berikut ini negara-negara importir cengkeh Indonesia:

India

Negara ini tekenal sebagai importir cengkeh dari Indonesia. Hal ini terbukti pada bulan Mei 2019 kemarin, pemerintah Indonesia telah mengekspor cengkeh sebanyak 11 ton atau senilai Rp. 990 juta.

Arab Saudi

Rempah-rempah, khususnya cengkeh menjadi salah satu komoditas yang mencatatkan surplus pada neraca perdagangan luar negeri sebesar US$ 1,379 miliar pada tahun 2017. Surplus tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 33% dibandingkan dengan capaian pada tahun 2016 sebesar US$ 1,041 miliar.

Vietnam

Salah satu daerah yang menjadi importir cengkeh bagi Vietnam adalah Sulawesi Utara. Daerah ini telah mengekspor sebanyak lima ton dengan penghasilan devisa sebesar 4.500 dolar AS. Adanya kegiatan ekspor cengkeh ke Vietnam ini menandakan bahwa pasar ASEAN sangat membutuhkan produk unggulan Sulut.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai ekspor cengkeh yang dimiliki oleh Indonesia. Dari beberapa pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa memang produk rempah-rempah Indonesia, khususnya cengkeh memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam Mister Exportir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com