Jasa Import Kurma

Jasa Import Kurma

Tau kah kamu, ? Buah kurma adalah buah yang sangat diminati oleh banyak khalayak umat beragama muslim, hal ini diarenakan umat muslim percaya bahwa memakan buah kurma adalah suatu hal yang baik bagi kesehatan dan juga ketika memakan buah kurma maka umat muslim akan mendapatkan kebaikan ( Pahala ) dari tuhan.

Berhubungan  dengan itu, maka permintaan akan kurma akan sangat tinggi di negara negara dengan mayoritas memeluk agama muslim, apalagi bagi negara dengan mayoritas muslim terbanyak seperti Indonesia.

jasa import kurma

Di Indonesia sendiri permintaan akan kurma akan melonjak sekitar 500% saat bulan Ramadhan tiba, karena budaya di Indonesia sendiri akan memeriahkan bulan Ramadhan dengan mengonsumsi kurma sebanyak 3 buah per orang saat berbuka puasa setiap harinya. Maka dari iitu Indonesia akan banyak meng-impor kurma besar besaran karena ketidak sediaanya kurma di indonesaia, hal ini di karenakan iklim Indonesia sendiri yang kurang mendukung  untuk  tumbuhnya pohn kurma.

Sekilas tentang kurma

Buah kurma dalama Bahasa Arab ‘Tamr’, nama latin Phoenix dactylifera adalah tanaman palma (Arecaceae), identik dengan bulan Ramadan. Diyakini buah asal Timur Tengah ini mampu memulihkan tenaga yang sudah terkuras seharian penuh. Hal ini didukung oleh protein dan karbohidrat yang terkandung di dalamnya.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr Kartika Prima Mayasari dari Universtas Indonesia mengatakan bahwa kurma memiliki manfaat saat dikonsumsi pada malam bulan Ramadan. Mengonsumsi kurma saat puasa akan mencegah penyakit berbahaya, karena kurma mengandung antioksidan polifenol flavonoid yang berfungsi sebagai anti infeksi, antiinflasi, dan antihemoragik

Import Kurma

1. Kurma Ajwa

Buah kurma asal Madinah ini merupakan kurma yang paling dicari di Indonesia, karena khasiatnya yang diyakini mampu menangkal sihir, Kurma ini dikenali dari warna hitam dan bulat, memiliki ukuran kecil, dan keriputnya muncul sangat jelas.Tidak hanya itu, tekstur yang cukup lembut, dengan rasa yang tidak terlalu manis sehingga cocok dikonsumsi para penderita diabetes.

2. Kurma Tunisia (Tangkai)

Selain kurma Ajwa, kurma yang berbentuk lonjong dan memiliki tangkai ini dinamakan kurma Tunisia juga menjadi salah satu jenis kurma yang paling dicari di Indonesia, Dengan rasanya yang cukup legit ditambah dengan rasa manis yang tidak terlalu manis membuat orang tidak cepat bosan. Selain itu, kurma ini dijual dengan varian kurma basah dan kering.

3. Kurma Mesir

Kurma Mesir merupakan varian kurma yang paling banyak ditemukan di Indonesia, karena harganya murah dan jumlah pasokannya yang meluap. Sekilas, kurma ini terlihat mirip dengan kurma Tunisia. Bedanya, teksturnya sedikit lebih keras, keriputnya tampak di seluruh permukaannya dan cenderung basah.

Selain itu, rasa manis dari kurma tersebut diduga hasil manipulasi dengan tambahan larutan gula di permukaan. Buah ini memiliki varian yang paling terkenal, Golden Valley.

4. Kurma Sukari

Kurma ini salah satu yang paling dikenal masyarakat, karena rasanya yang legit. Bahkan, teksturnya yang bulat dan memiliki daging yang lebih banyak dan tebal membuat dia sangat diminati bayak orang.

5. Kurma Muda

Kurma yang memiliki tekstur yang cukup keras seperti apel dan rasanya yang berbeda dari kurma pada umumnya, rasanya asem atau sedikit sepat. Hal yang paling unik lagi, kurma yang satu ini memiliki beberapa warna seperti kuning, hijau, merah.

Cara Import Kurma

Untuk dapat meng-impor kurma ada beberpa dokumen khusus yang harus dipenuhi secara teknis dan secara

Secara teknis yang harus di pehatikan adalah packaging kurma, karena perpindahan tepat  denganskaa antar negara sehingga membutuhkan waktu yang lama dan saat itu pula kurma harus terjaga kesegaranya. Ada 2 trik peengemasan agar kurma dapat bertahan lama

kurma

Yang pertama, cara pertama adalah pengepakan kering, untuk pengepakan kering ini kurma harus dipastikan seminimalnya kadar airnya, lalu, kurma harus di masukan ke dalam plastic yang kering dan dimasukan ke dalam box atau dus dengan ukuran maksimal 10 kg per box dan dikirimkan menggunakan dry container.

Yang kedua, yaitu tipe packaging basah, yang dimaksud basah disini bukan berarti kurma harus dalam keadaan basah, namun kurma dapat di packaging dengan keadaan normal dan tanppa box dan plastic yaitu dalam bulk, untuk kondisi ini container yang perlu digunakan adalah reefer container agar kurma dapat bertahan lama

Syarat dokumen yang diperlukan

Dokumen yang disyaratkan oleh pemerintah iindonesia untuk pengimoran kurma tidak banyak dan mudah didapatkan, hal ini dikarenan kesadaran pemeritah Indonesia yang sadar akan kebutuhan masyarakatnya akan kurma khususnya dari negara Saudi Arabia. Berikut adalah dokumen yang diperlukan untuk bisa mengimpor kurma khususnya dari Saudi Arabia :

1. Angka Pengenal Impor

Angka pengenal impor atau sering disebut juga API adalah sebuah lisensi import yang di berikan oleh kepabeanan untuk seseorang ya hendak mengimport untuk kebutuhan bisnis, parameter yang diberlakukan oleh pihak kepabeanan untuk dapat menentukan barang yang masuk apakah untuk bisnis atau untuk konsumsi dapat dilihat dari kuantitas barang yang di import, apabila kuantitas kurma melebihi 100 kg maka kepabeanan akan menentukan baha barang yang di impor adalah barang untuk di jual kembali.

2. Invoice & Packing List

Invoice dan packing list adalah dokumen dasar yang diperlukan untuk seluruh kegiatan ekspor maupun impor,  invoice digunakan sebagai faktur taghan kepada pembeli juga sekaligus sebagai dasar penentuan bea keluar atau bea masuk. Invoice di keluarka oleh eksportir dan menjadi dasar data untuk keseluruhan dokumen.

3. Phytosanitary Certificate

Segala produk tumbuhan yang akan masuk ke wilayah Indonesia di wajibkan memiliki sertifikat phytosanitary dari balai karantina di negara asal. Serifikat ini di gunakan sebaagai bukti bahwa produk yag di masukan ke daerah Indonesia bebas dari segala bakteri dan virus. Hal ini disebabkan bahwa produk tumbuhan dan turunanya diangga sebagai media pembaa hama dan virus.

Hanya dua dokumen yang disyaratkn ada dari negara asal untuk bisa melewati clearence Indonesia.

JASA IMPORT KURMA

Bagi kawan mister eksportir yang hendak mengimport kurma baik untuk kebutuhan konsumsi atau kebutuhan bisnis nya yang belum bisa memenuhi syarat syarat yang diberlakukann oleh kepabeanan setempat untuk mengimpor kurma, tidak perlu khawatir, kami mister eksportir dapat melayani kebutuhan kawan ekssporti untuk bisa mengimpor kurma dengan layanan undername license kami.

Atau juga bagi kawan eksportir yang tidak mmemiliki waktu untuk mengurusi segala birokrasi untuk mendapat persyaratan diatas, mister eksportir siap melayani kebutuhan impor kawan eksportir, sehigga kawan ksporti bisa melakukan aktivita lain dibutuhkan.

Untuk info lebih lajut, kawan eksportir dapat menghubungi kami via Whatsapp atau telfon di nomor 089543404471. Segala konsultasi mengenai import kurma akan kami layani.

Follow Me:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com