Cara Investasi Emas

Cara Investasi Emas

Investasi emas merupakan salah satu investasi keuangan favorit masyarakat. Cara investasi emas juga beragam.

Namun sebelum kamu mencoba untuk memulai investasi ini, ada baiknya kamu ketahui lebih lanjut informasi mengenai investasi emas.

Bagi orang orang yang telah mapan dalam hal keuangan, biasanya mereka akan melakukan sebuah investasi. Investasi dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang dan juga bisa menjadi sebuah simpanan cadangan.

Kemudian alasan orang-orang memilih melakukan investasi emas adalah karena investasi ini cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan bagi seorang pemula yang baru ingin memulai investasi pertamanya.

Selain mudah untuk dilakukan, investasi emas juga memiliki kelebihan lain sehingga investasi ini menjadi investasi favorit masyarakat.

Kelebihan Investasi Emas

1. Harga Stabil

Harga Stabil
source: freepik

Banyak orang yang menggunakan emas sebagai alat investasi adalah karena harganya yang stabil, bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun. Maka dari itu emas bisa dijadikan sebagai pelindung kekayaan.

Kestabilan harga emas didapat karena logam mulia ini merupakan logam yang langka yang cukup sulit didapat dibanding dengan jenis logam yang lain.

Selain itu, emas bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama karena logam ini tidak bisa hancur karena karat sehingga nilainya akan tetap utuh.

2. Mudah Dicairkan

Mudah Dicairkan
source: freepik

Jika dibandingkan dengan investasi lain, penukaran emas dengan uang tunai atau sebaliknya terbilang mudah. Kamu pun bisa mengklaim dan mencairkan emas kapan saja tanpa melalui serangkaian proses yang panjang.

3. Bisa Dijadikan Dana Darurat

Bisa Dijadikan Dana Darurat
source: tirto.id

Karena mudah dicairkan, emas bisa dijadikan sebagai dana darurat. Contohnya ketika kamu mendadak membutuhkan uang, kamu bisa langsung menukarkannya dengan cepat.

Atau jika kamu tidak ingin menjual emas milikmu, kamu pun bisa menggadaikannya. Emas pun memiliki nilai tawar yang tinggi untu dijadikan sebagai jaminan di pegadaian dibandingkan barang lain.

4. Bisa Dimulai dengan Modal Minim

Selain mudah dalam transaksinya, kamu juga bisa memulai investasi ini dengan modal minim. Maksudnya adalah kamu bisa membeli emas dengan berat minimal 0,001 gram. Hal ini tentu sangat ringan jika kamu memiliki keterbatasan modal.

Bahkan, jika kamu melakukan investasi ini secara virtual atau online menggunakan aplikasi, kamu bisa membeli emas dengan harga berapapun.

5. Banyak Cara dan Pilihan untuk Investasi Emas

Cara dalam memulai investasi emas juga sangat beragam. Banyaknya pilihan dan cara melakukan investasi emas tentu akan memudahkan siapa saja yang ingin memulai investasi ini dengan berbagai situasi dan kondisi. Berikut adalah daftar mengenai cara dan jenis investasi emas.

Jenis Investasi Emas

1. Emas Murni

Emas Muni
source: pexels

Fisik/Batangan

Jenis investasi emas batangan adalah jenis yang paling diminati oleh banyak orang. Karena dengan emas batangan, kamu jadi bisa melihat dan memegang langsung emas murni yang kamu miliki.

Selain itu, dengan memiliki bentuk fisik yang terlihat, hal ini akan memudahkan proses transaksi jual beli emas kamu.

Antam

Untuk membeli emas batangan ini pun cukup beragam. Yang paling populer adalah membelinya langsung di PT Aneka Tambang atau Antam yang merupakan salah satu produsen emas terbesar di Indonesia.

Kamu bisa membeli emas Antam dengan membelinya di Kantor Pusat Antam atau di butik emas Antam yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamu juga bisa membelinya secara online di logammulia.com

UBS

Selain Antam, produsen emas yang cukup besar di Indonesia adalah UBS. Namun, berbeda dengan Antam, UBS tidak memiliki tempat penjualan khusus seperti Antam. Tapi, kamu tetap bisa membelinya di toko-toko emas, e-commerce, atau di Pegadaian.

2. Perhiasan Emas

Perhiasan Emas
source: pixabay

Selain membeli emas batangan, investasi emas juga bisa dilakukan melalui perhiasan emas yang tentusaja bisa sekaligus menjadi perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, dan sebagainya

3. Koin Emas

Koin Emas
source: bk27.co.id

Selanjutnya adalah koin emas. Meski tidak sepopuler emas murni batangan, namun koin emas masih bisa dijadikan investasi emas. Biasanya berbentuk koin emas kuno, koin emas Ongkos Naik Haji, atau koin emas dinar.

4. Sertifikat Emas

Lalu terdapat pula sertifikat emas, yang merupakan alternatif bagi kamu yang ingin lebih aman dari resiko kehilangan, serta bebas biaya sewa deposit box. Karena dengan menyimpan sertifikat emas ini, kamu sudah bisa membuktikan kepemilikan emas.

Bagaimana Cara Investasi Emas?

Pegadaian

Cara lain untuk membeli emas batangan adalah melalui membelinya di Pegadaian. Mereka pun menawarkan tiga sistem pembelian yaitu dengan tunai, angsuran, dan tabungan. Selain itu, Pegadaian juga menawarkan pembelian secara online melalui aplikasi.

Bank Syariah

Alternatif lain adalah melalui bank syariah. Biasanya bank-bank syariah melayani pembelian emas. Pembeliannya pun bisa dilakukan dengan sistem kredit syariah dengan jangka waktu tertentu.

Digital/Online

Digital-Online
source: cermati

Selain cara-cara konvensional yang sudah disebutkan sebelumnya. Akhir-akhir ini pembelian emas juga bisa dilakukan secara digital atau online.

Kelebihan tersendiri dari cara ini adalah kamu bisa membeli emas tanpa antri. Kamu hanya perlu klik beli, lalu transfer, maka emas digital pun masuk ke dalam portofoliomu. Kelebihan lainnya adalah kamu bisa membeli emas dengan nominal berapapun.

Pastikan kamu membeli emas digital di aplikasi terpercaya yang menawarkan jasa ini. Beberapa e-commerce pun memiliki fitur jual beli emas digital ini.

Meskipun digital, namun kamu tetap bisa menerima bentuk fisiknya dengan mencetaknya jika berat minimal sudah terpenuhi.

Kelemahan Investasi Emas

Kamu sudah megetahui keuntungan dan jenis atau cara apa saya yang bisa dilakukan untuk memulai investasi emas. Selanjutnya kamu juga perlu tau tentang apa saja kelemahan dari investasi emas

1. Kenaikan Lambat

Kenaikan Lambat
source: freepik

Meskipun secara keseluruhan emas mengalami kenaikan harga, namun tidak semerta merta hal tersebut selalu terjadi. Terkadang emas juga memiliki harga yang stagnan dalam waktu yang panjang. Hal ini biasanya terjadi ketika perekonomian stabil.

2. Harga Fluktuatif

Selain kenaikan lambat, ternyata emas juga memiliki kemungkinan untuk turun harga. Naik turunnya harga emas bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kondisi keuangan global yang tidak pasti, permintaan dan penawaran emas, inflasi, dan beberapa faktor lainnya

3. Resiko Kehilangan

Resiko Kehilangan
source: freepik

Kelemahan selanjutnya adalah resiko kehilangan. Memiliki barang dengan bentuk fisik, terlebih jika ukurannya kecil pasti memiliki kemungkinan untuk hilang atau dicuri.

Untuk mengurangi resiko ini maka kamu harus menyediakan tempat penyimpanan emas yang aman seperti brankas. Bisa juga menitipkannya pada jasa penyimpanan (Safe Deposit Box).

Tips Investasi Emas

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi emas. Selanjutnnya kami akan membarikan tips untuk kamu yang ingin memulai investasi ini.

1. Jangan Andalkan Emas Sebagai Sumber Penghasilan

Jangan Andalkan Emas Sebagai Sumber Penghasilan
source: freepik

Emas memang bisa dijadikan alat investasi dan bisa menghasilkan keuntungan juga. Tapi, emas bukanlah alat yang tepat untuk dijadikan sumber penghasilan. Karena emas tergolong investasi jangka panjang yang mana keuntungannya baru bisa diambil dalam waktu yang lama.

2. Perhatikan Kurs Harga Jual Beli

Kemudian sebelum membeli emas, pastikan terlebih dahulu untuk memperhatikan harga jual beli emas saat itu. Pastikan selisih jual emas kamu lebih tinggi daripada ketika kamu membelinya.

3. Pilih Cara yang Tepat untuk Investasi Emas Kamu

Dari sekian banyak cara investasi emas yang sudah disebutkan sebelumnya. Pilihlah cara yang paling cocok dengan kamu. Setiap cara memiliki keunggulannya masing-masing. Seperti cara digital contohnya, yang memungkinkan kamu membeli emas kapan pun kamu mau.

4. Ketahui Perbedaan Emas Asli dan Palsu

Ketahui Perbedaan Emas Asli dan Palsu
source: financialcryptography.com

Pastikan tingkat kemurnian emas ketika kamu membeli emas murni. Lalu, cek juga kondisi fisik emas untuk menghindari emas palsu.

Kamu bisa memeriksanya dengan menggigit emas tersebut, jika emas berubah bentuk bisa dipastikan itu asli, karena emas murni cenderung lunak jika kadar emasnya tinggi.

Atau, kamu juga bisa meneteskan cairan asam nitrat ke emas batanganmu, emas asli tidak akan berubah warna jika diteteskan cairan tersebut.

Itulah beberapa informasi tentang tips dan cara investasi emas. Pastikan kamu memperhatikan tips dan cara yang kami berikan sebelum memulai investasi ini agar kamu bisa memaksimalkan investasi emas. Share artikel ini jika bermanfaat!

Follow Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Selamat datang di misterexportir.com, kami membuka jasa export untuk produk-produk berkualitas dimana kami bekerjasama dengan UMKM dan supplier pabrik di seluruh indonesia. Kami juga memiliki jasa logistik, undername, custom clearence, dll.

Selain itu, Kami juga memfasilitasi para seller di Indonesia dari segi keuangan/ Finance untuk memudahkan pihak seller dalam aktivitas transaksi jual beli.

Copyright © Misterexportir.com